Perpanjang SIM Hanya 10-15 menit aja

Perpanjang SIM Hanya 10-15 menit aja




Layanan SIM Mall Pelayanan Publik Jakarta
Layanan SIM Mall Pelayanan Publik Jakarta

Perpanjang SIM Hanya 10-15 menit aja

Akhirnya masanya datang, waktunya bersilaturahim ke kantor Polisi terdekat. Saya selalu memperpanjang dua SIM sekaligus biar tidak ada salah dengan masa berlaku. Dan tidak buang2 waktu juga kalau harus antri dua kali. Namun beda dengan saat ini ….. selain karena memang kesibukan pribadi pula , untuk memperpanjang SIM pun seudah tersedia berbagai fasilitas tambahan untuk mempermudah kegiatan 5 tahun sekali ini.

Sebelum berkunjung ke sini, saya sudah survey ke beberapa tempat. Tapi bukan survey fisik mendatangi lokasi. Sekarang jaman-nya sudah online gan, cukup buka browser di gadget kamu trus masukin kata kunci ” perpanjang SIM “. Maka ada keluar berbagai tulisan bermanfaat dan tips triknya untuk memperpanjang SIM. Mulai yang paling “jadul” , yah datang langsung ke kantor Polres ke SATPAS SIM. Trus sudah ada gerai SIM yang biasanya terletak di dalam pusat perbelanjaan. Kemudian ada juga SIMLING….SIM keliling yang biasanya menggunakan kendaraan truk modifikasi untuk memudahkan proses perpanjangan SIM. Nah yang sebenarnya lagi hot … masih baru …. dan tidak banyak yang tau sekarang itu ada Mall Pelayanan Publik. Yang ini kerjasama PEMDA dan Instansi Pemerintahan lainnya.

Sekilas Mall Pelayanan Publik

Pembentukan Mal Pelayanan Publik dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, sehingga pelayanan publik menjadi semakin cepat, terjangkau dan mudah. Beberapa layanan memang ditangani oleh Pemerintah Provinsi seperti perizinan usaha, bangunan AJB, pertanahan. Sedangkan layanan lainnya ada yang memang sudah nasional seperti paspor, dan Dirjen Pajak, SIM.

Baca aja tulisan lengkapnya di hukumonline.com yah

Selain itu ada beberapa pelayanan yang diselenggarakan oleh instansi BUMN dan BUMD seperti PLN, BPJS, Bank DKI. Walaupun banyak layanan yang diberikan. Namun tetap diselenggarakan oleh masing2 staff instansi yang bersangkutan yah.

Mall pelayanan publik Jakarta terletak di Jalan Rasuna Said, lokasinya tidak jauh dari Pasar Festival. Beberapa layanan kavling C22. Walau namanya ” Jakarta ” namun layanan yang ada di gedung ini tidak sebatas Jakarta.




Lobby Mall Pelayanan Publik Jakarta
Lobby Mall Pelayanan Publik Jakarta

Ini cerita saya saat perpanjang SIM

Saya masuk lewat pintu lobi lt 1 kemudian bertemu dengan teteh deket situ. Trus langsung deh ambil no. antrian. Setelah itu langsung deh naik ke lt. 3 langsung duduj manis duduk caem di depan loket 7. Tapi pas keluar lift saya tetap nanya lagi ….untuk perpanjang saya kemana….test kesehatan dimana…. no telp berapa

Loket 7 ….

Kirain kosong…. Ternyata ada teteH-nya dibalik dibalik monitor segede gaban Langsung deh kenalan…. Eh silaturahim…. Eh….

Mau perpanjangan teh, isi formulir, foto dan cetak SIM ( kata pak kumendan, poto dulu Aa-nya…. Takut opline jaringannya), lanjut isi formulir, test mata….

Lulus…. Dapet dah perpanjangan … SIM A dan C saya…

Btw, beneran cek buta warna loh…. Beneran…..
Saya bayar IDR. 209.000,-

Dari ambil no antrian sampe kelar ga nyampe 30 menit.. . Di depan loket palingan juga 10-15 menit doank

Nah cepet kan ceritanya ….

Sekilas tentang SIM saya

Nah …. pasti ada yang nanya donk tentang SIM saya ….jadi saya tulis saja sekalian yah …

  1. KTP saya Depok yah…. Bukan DKI…
  2. Sedangkan SIM saya dikerluarkan Polresta Depok 2013 loh tapi masih satu Polda dengan Jakarta. Polda Metro Jaya….
  3. Tp yang saya tau sekarang SIM sudah online loh
  4. Bawa fotokopi KTP dan SIM, masing2 1 buah …..
  5. Saya bayar administrasi cash, tapi sepertinya ada mesin EDC
  6. Pemeriksaan kesehatan mata bisa disana
  7. SIM saya masih berlaku 24 hari lagi
  8. Setelah diganti yang baru, masa berlaku tetap 5 tahun setelah masa berlaku SIM lama. Kalau ga salah ini menyesuaikan tanggal ulang tahun kita
  9. Booth ini khusus perpanjang yah
  10. Jam layanan jam 8 pagi sampai jam 15.00
Denah Mall Pelayanan Publik Jakarta
Denah Mall Pelayanan Publik Jakarta

SIM, SKCK dan Pajak

Walaupun kota Depok lokasinya di Provinsi Jawa Barat namun secara kewilayahan di Kepolisian, kota Depok di bawah Polda Metro Jaya. Dimana Polda Metro Jaya ini wilayah kerjanya mencakup Bekasi, Jakarta dan Depok.
Tapinya nih…. saat ini pelayanan SIM sudah online dimanapun kamu berada, jadi tidak terikat asal KTP kamu. Tapi tetap ada Terms and Condition donk…. gerai2 sejenis ini khusus perpanjangan yah. Ga bisa untuk bikin baru SIM.

Oia…. Masa berlaku SIM saat ini sesuai yang dicetak di kartu yah. Sudah tidak ada dispensasi telat perpanjangan. Jadi kalau sudah telat walau satu Hari kamu ga bisa perpanjang, dan kudu bikin SIM baru lagi….. termasuk ujian tertulis dan praktek yah.

Selain layanan SIM, tepat disamping counter perjuangan SIM terdapat counter Samsat. Tapi yang ini beda,  khusus Jakarta. Karena duit retribusi nya kan masuk Pemda setempat, melalui Bank DKI.

Nah pelayanan lainnya yaitu memperpanjang Paspor. Khusus yang satu ini, kamu tetap harus ikut daftar antrian online yah. Nah disana tinggal ikutin alur seperti kamu bikin paspor di Kantor Imigrasi pada umumnya. Selain itu, saya juga melihat adanya counter BPJS dan juga PLN. Namun karena waktu saya terbatas, saya tidak mengerti jasa apa yang diberikan….

Selamat mencoba




Leave a Comment