Memasuki stasiun kereta di China #Chinamay2016

Memasuki stasiun kereta China

Setelah membeli tiket kereta ( http://www.wirawanprasetyo.com/2016/kereta-api-di-china-chinamay2016/ ) melalui situs travelchinaguide ( http://www.wirawanprasetyo.com/2016/sekilas-situs-travelchinaguide-chinamay2016/). Maka sekarang urusannya di stasiun yah. Jika kamu belum memiliki tiket kereta atau mau menukar kode booking menjadi tiket fisik bisa membelinya on the spot di loket2 stasiun. Jika kamu memilih menggunakan kode booking di travelchinaguide,  kode tersebut harus kamu tukar dulu dengan tiket fisik.  Saya kurang tau prosesnya,  tapi kalau baca2 di travelchinaguide,  kamu harus menuju loket yang ada di bagian luar stasiun Kereta kemudian menunjukkan kode booking dan juga identitas. Setelah membeli tiket kereta api melalui website travelchinaguide,  dan tiket (fisik) kita terima ( bukan kode booking yah ).  Kita hanya perlu mempersiapkan paspor/identitas diri untuk memasuki area stasiun dan kereta.  Tidak ada istilah proses cetak boarding pass dan check in segala.

langkah mudah memasuki stasiun kereta api di china - chinamay2016
langkah mudah memasuki stasiun kereta api di china – chinamay2016

Alur di stasiun China setelah kita memiliki tiket fisik :

Memasuki area stasiun biasanya di bagian luar ada loket penjualan tiket dan juga antrian masuk stasiun.  Di Beijing Stasion,  loket penjualan maupun loket masuk stasiun bentuknya sama.  Sehingga kami sempat mengira kalau loket masuk stasiun berada di area yang berbeda.  Sedangkan di Xi’an stasion,  kedua tempat ini memiliki bentuk yang berbeda sehingga mudah ditebak.

Pemeriksaan dokumen kereta China

Setelah tiba dan membawa tiket (fisik) kita masuk ke dalam (gedung) stasiun melewati gate pemeriksaan dokumen. Saya kurang tau apakah ada syarat interval waktu untuk masuk gedung ini.  Kami tiba di Xi’an Stasion dan Beijing Stasion sekitar 4 jam sebelum berangkat karena diwanti2  kadang antrian di pintu masuk ini bisa lama jika peak time. Apalagi perjalanan di Beijing memang masa libur panjang hari buruh.  Di loket / gate ini,  kami hanya menunjukkan paspor dan tiket masing2. Tidak ada proses stempel apapun,  cuman cek manual.  Tapi gua perhatiin,  kalau warga lokal id card dan tiket mereka di scan barcode. Baik di xian maupun beijing,  letak gate cek dokumen masih diluar stasiun dan terbuka loh (outdoor).  Siap2 panas dan hujan yah…

Baca juga cerita lainnya … cara membeli tiket kereta di China travelchinaguide

Xray dan metal detector di stasiun kereta China

Setelah cek dokumen,  barulah melewati xray barang.  Xray dan proses selanjutnya sudah di dalam ruangan. Sedangkan cek badan masih menggunakan metal detector.  Yah kalau bunyi,  gunakan israyat badan aja… Kelar dari sini tinggal mencari waiting room

Ruang tunggu ( waiting room ) di stasiun kereta China

Kelar urusan dokumen check dan barang2, sekarang tinggal leyeh2 di ruang tunggu sampai waktunya kita naik ke atas kereta. Kalau baca di travelchinaguide ada beberapa jenis ruang tunggu.  Untuk umum, lansia, bayi, tentara maupun berdasarkan kelas tiket yang kita beli dan ruang tunggu berbayar,  bayar berapa yuan gitu deh.  Semuanya punya kelebihan masing2.

Melewati xray,  kami menuju loket informasi. Di Xi’an, lokasi meja informasi ada di sebelah kanan.  Menunjukkan tiket,  kami diarahkan ke bagian belakang lobi stasiun kemudian melihat waiting room khusus penumpang sleeper class.  Sedangkan disampingnya ada ruang tunggu berbayar.  Sebenarnya fasilitas ruang tunggu ini sesuai dengan informasi yang gua baca di travelchinaguide. Sedangkan ruang tunggu lainnya ada di sisi lain gedung ini.

Baca juga cara mengurus visa China , mudah tanpa Calo. Baca blognya dimari

Sedangkan di Beijing,  kami diarahkan ke ruang tunggu bergabung dengan masyarakat lokal.  Sebenarnya kalau baca di travelchinaguide ada ruang tunggu khusus juga.  Entah karena kami membeli tiket hard sleeper yang tidak mendapat ruang tunggu khusus atau karena masa perbaikan.  Masalahnya..  Kami diarahkan ke ruang tunggu X.  Di ruang tunggu itu no kereta kami ga muncul,  sedangkan di papan informasi yang ada di lobi utama, no kereta kami diberitahu di ruang tunggu sebelahnya, ruang tunggu Y.

Btw…. ruang tunggu disini konsepnya kayak bandara ko.  Ruangan besar,  dibagi2 beberapa area.  Tapi ga ada sekat pasti antar ruangan.  Yang penting kamu tau jam berapa harus boarding/masuk ke dalam kereta.

Beijing Railway Station #chinamay2016

Boarding time

Di stasiun pemberangkatan awal dan akhir,  jeda boarding time lebih lama daripada kalau kita naik atau turun di stasiun transit yah.  Biasanya kalau sudah waktu boarding,  akan ada antrian panjang di depan gate menuju peron.  Di gate ini tiket dan paspor kembali kami tunjukkan.  Jika ragu2,  coba tanya (lebih tepatnya tunjukkan tiket kita) ke penumpang lain yang juga mengantri. Sedangkan di Xi’an karena menggunakan waiting room khusus,  layar informasi di ruang ini lebih wisatawan friendly.  Sudah cukup membantu. Setelah itu menuju kereta yang kita tuju yah. Tidak semua pintu kereta dibuka,  setiap 2 gerbong hanya 1 pintu yang dibuka.  Tunjukan kembali tiket dan paspor kamu.  Naik ke kereta dah…

Survey lokasi

Untuk stasiun xian kami sempat survey, tapi cuman bagian luar aja sih. Sekalian lewat juga karena bus ke arah … Juga berhenti disini. Sedangkan di Beijing tidak sempat. Keuntungan survey ini, jadi pas hari keberangkatan kita tidak perlu keret2 barang berat mencari lokasi lagi.

Rush hour jumat sore karena libur sabtu minggu. Hal ini kami rasakan sepulang dari Terracota. Memasuki East Square stasiun Xi’an. Jalanan sangat macet. Kemudian kami melihat keramaain penumpang yang akan melewati document check gate. Waktu itu memang jam 7-an malam sih 😀

Sedangkan keesokan harinya, sabtu kami tiba di document check jam 2 siang. Suasana masih lenggang, perjalanan kereta kami jam 7 malam. Sedangkan suasana soft sleeper waiting room lebih kosong. Namun saat menjelang jam 6 malam. Suasana soft seat waiting room sangat ramai. Ternyataaaaaa….  Saaat no kereta kami dipanggil, semua penumpang itu berdiri dan masuk ke antrian menuju peron dan kereta….