Uneg-uneg

Pernikahan merupakan kegiatan sekali seumur hidup. Butuh kepercayaan dan persiapan matang….

Minjem ...
Minjem …

Akad nikah sendiri sebagai puncak merubah sebagian yg halal jadi haram. Dan ada juga yg haram jadi halal. Pernikahan sendiri sebagai bentuk kepatuhan manusia kepada Allah dengan menjalankan salah satu perintahnya. Titik start ini sebenarnya jauh dimulai sebelum akad itu sendiri, sebelum akad ada lamaran, sebelum lamaran ada pembicaraan, sebelum pembicaraan ada perkenalan dan sebelum sebelumnya….

Read moreUneg-uneg

Resepsi Jakarta

20 desember 2013

Nikahan - Orang TuaSeperti pada umumnnya, karena keluarga dan teman ga mungkin ke Pekanbaru jadi diadakanlah acara resepsi disini. Kalau dibilang ngunduh mantu , agak rancu juga karena karena sejak pulang ke Jakarta kan langsung masuk ke Depok. Kami memilih tangga tersebut , agar tidak terlalu lama dari acara akad nikahnya. Jadi isitilah, sekalian aja capeknya jangan nangung2. Apalagi menjelang akhir tahun yang pastinya orang sudah sibuk dengan keperluan masing2. Keluarga istri dikumpulkan di deket lokasi resepsi. Karena mereka juga datang h-1 malam biar ga kecapean ke lokasi. Sedangkan keluarga besar gua di sekitar depok karena biar bisa kumpul di rumah juga.

Read moreResepsi Jakarta

Akad Nikah ( 2 of 2 )

Malam hari, sesinya adat Kuansing

 

Pencak Silat
Pencak Silat

Selesai magrib, kami berkumpul di rumah masing2. Kali ini acara mendoa diikuti tetua adat masing2. Gua lupa inti dari kegiatan ini….. Tp sekilas gua denger, td siang sudah akad kemudian kita doakan mereka jadi keluarga. Tidak lupa diikuti dengan makan malam yah….  Oia, makan malam sistemnya dihidang oleh orang2 dari suku yg sama yah tapi tingkatannya berbeda. Acaranya ga terlalu lama ko.

 

Kelar…..  Belum lah…..

 

Selesai acara di rumah ayah angkat. Keluarga istri menjemput saya disini,  istri ga ikut yah. Diiringi rebana , setibanya di depan rumah istri disambut dengan tarian pencak silat. Setelah itu menuju teras rumah untuk pecah telur. Di sini,  keluarga istri membasuh kaki saya kemudian saya memacahkan telur yang sudah disiapkan. Telurnya bukan yg sudah dimasak yah…..

Read moreAkad Nikah ( 2 of 2 )

Akad Nikah ( 1 of 2 )

Rabu KAMIS JUMAT

Goes To Masjid
Goes To Masjid

Kami baru tiba di Pekanbaru pagi hari , langsung jalan ke Kuantan Sengingi. Kamis, kami baru menyelesaikan administrasi ke KUA, cuman menyelesaikan yah. Administrasi semua form pendaftaran pernikahan. Trus wejangan2 tentang memualai pernikahan. Oia, tetap menggunakan Bahasa Indonesia yah. Oia, enaknya di kampung, ikatan saudaranya tetap ada walaupun jauh, jadi pas ke Puskesmas dan KUA yah ngobrol aja. Sebelum akad nikah, hariJumat diadakan pengajian dan memandikan sepeti di jawa gitu

Read moreAkad Nikah ( 1 of 2 )

Ayah angkat

Assalamualaikum …

Nikahan - KarikaturHoplah … saya kembali lagi melanjutakan cerita persiapan pernikahan kami. Kali ini saya akan cerita tentang masuk adat , nah kan sudah dibahas sedikit di cerita lamaran sebelumnya. Untuk dapat melaksanakan pernikahan disana , maka gua harus mengikuti acara masuk adat dahulu untuk medapatkan marga adat disana. Acara juga untuk mereka yang akan menetap lama didaerah sana.

Awalnya acara mendoa ( istilah lokal untuk nama kegiatan ini , atau kita menyebutnya berdoa / pengajian ) direncanakan 1 bulan sebelum pernikahan. Tapi karena ada perubahan, terpaksa ditunda dan baru dilaksanakn 2 minggu sebelum pernikahan. Inti dari masuk adat adalah “silaturahim” dengan warga lokal. Kita memperkenalkan diri sebagai tamu dan berkenalan dengan warga sana. Sebagai contoh kemarin ada pasangan yang sudah menikah , karena si ce dari luar daerah , maka setelah menikah dan menetap di daerah itu mereka ikut masuk acara adat juga.

Read moreAyah angkat

Persiapan pernikahan bag. 2

 

Masih bagian dari cerita ” Wawan Titin , dua menjadi satu ” , dan merupakan lanjutan dari ” Persiapan pernikahan bag. 1 ” . Sekarang lanjut yah …

 

5. Prewed , foto2 kolase dan karikatur

 

Saya sebenarnya ga terlalu pingin dengan prewed-prewed-tan. Tapi bingung juga kalau kami tidak memiliki foto untuk ditampilkan di lokasi resepsi nanti. Apalagi kalau ngeliat harga2 prewed … wedehhhhhhhh, mending buat ngetrip aja . Pernah minta tolong temannya teman yang memang fotografer. Eh bukannya dikasih harga teman malah dikasih harga prewed beneran (yah dikurangi sedikit). Viuhhhhhhh sayang ah duitnya

Pikir2 …. dalam keterpaksaan dan tiba2 muncul ide, minta tolong teman saja deh. Untung ada beberapa teman yang memang hobi foto2. Yah minta tolong mereka saja deh, lumayan kan selain duitnya lebih sedikit keluar, bisa juga sekalian refeshing.

Dan benar saja , kami mengambil weekend untuk sesi foto prewed. Yah tempatnya paling sekitar 1 jam perjalanan menggunakan mobil. Hayooo … dimana coba …. Modal nekat aja kesana, yang penting bawa kostum yang sudah dicocokin dari awal. Dan kalau perlu beli2 sedikit lah. Eng ing eng , dua hari foto hasilnya … lebih bagus ga usah di lihat deh 🙂 .  Tapi ga papa lah , bisa sekalian silaturahim **ngeles**

Read morePersiapan pernikahan bag. 2

Persiapan pernikahan bag. 1

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Masih bagian dari cerita ” Wawan Titin , dua menjadi satu ” , sekarang saya akan menulis beberapa hal yang terkait dengan persiapan pernikahan dan resepsi kami. Sekali lagi bukan A-Z story , cuman menulis sedikit2 saja yah :

1. Gedung

Nikahan - Panti Prajurit

Beberapa hari setelah lamaran, gua dikasih beberapa list gedung yang sudah di survey tanggal. Beberapa gedung sudah di cek, rata2 weekend di bulan desember sudah full booked. Ada satu gedung yang masih bisa waiting list, tapi jadi gambling kan.

Agak galau juga sih, apa ditunda aja. Sengaja memilih di Jakarta karena ga mungkin dong diadain di Depok, jauh gan. Tapi karena sudah niat tahun ini ( 2013 ) harus kelar , jadi harus ada yang di-kesampingkan. Akhirnya diputuskan memilih gedung Panti Prajurit Balai Sudirman, 20 Desember 2013 Jam 19.00 – 21.00.

Kelebihan gedung ini adalah letaknya cukup strategis , tidak di barat timur selatan utara. Kapasitas gedung juga cukup luas buat yang butuh. Untuk yang biasa menggunakan kereta listrik juga bisa turun di Tebet. Nah kurangnya , kalau sudah macet yah ampun deh. Karena akses jalan menuju jalan ini cuman satu aja jadi semuanya ketemu di disini. Trus urusan parkir juga aga’ repot tuh.

Read morePersiapan pernikahan bag. 1

Lamaran

Assalamualaikum Wr. Wb.

Karena waktu persiapan yang cukup singkat dan juga waktu disana ( Kuansing ) yang sangat sedikit. Jadi acara lamaran dibuat pendek. Biasanya disana acara lamaran ada dua bagian , secara agama dan adat yang diadakan dalam sesi yang sama.

Nikahan – Cincin Lamaran

Sesi agama sendiri sama seperti di tempat2 lain , yang pasti memastikan bahwa calon mempelai tidak memiliki ikatan , dengan orang lain, tujuan kedatangan kemudian menentukan hari baik pernikahan.

Nah secara adat , karena gua dari luar kota seharunya acara adat salah satu tujuannya memastikan asal usul calon apalagi gua belum mempunyai ayah angkat kan. Kemudian , untuk memberikan kepastian bahwa gua memang serius dengan calon , maka harus memberikan “jaminan” berupa emas 24 karat dengan berat bebas.

Nah untuk barang seserahan selain emas td itu bebas2 saja.

Read moreLamaran

Pembagian suku di Kuansing

Kuansing merupakan salah satu kota di Nusantara yang masih memegang teguh adat2 dari nenek moyang mereka. Desa Petai , Kuantan Singingi tempat kami tinggal mengakui 4 suku . Suku Paliang dengan pakaian khasnya kuning Suku Melayu dengan pakaian khasnya hitam Suku Domo dengan pakaian khasnya putih dan Suku Patopang dengan pakaian khasnya merah Dahulu kala , untuk … Read morePembagian suku di Kuansing

Singingi Hilir , Kuansing – Kuantan Singingi , Riau

Dari Kota Kuantan
Dari Kota Kuantan

Membuka topik ” Wawan Titin, dua menjadi satu ” kali ini TKP yang akan dibahas di seri cerita ini adalah Singingi Hilir. Letak kecamatan ini sekitar +-115km sebelah tenggara Pekanbaru , Ibu kota Provinsi Riau. Dimanakah Riau ….  ada di foto di kanan bawah ini 🙂 🙂 🙂 🙂 Letaknya di kepulauan Sumatera , masih tetanggaan sama Jambi dan Padang loh .

Read moreSingingi Hilir , Kuansing – Kuantan Singingi , Riau