WOW ada kolam renang di Bukit Jaddih Madura




WOW ada kolam renang di Bukit Jaddih Madura

Pagi ini kami mencari sarapan dan makan gratis di pusat kota Surabaya …. ga dink sebenarnya kami mengabulkan sebuah undangan akad nikah resepsi pernikahan teman di Surabaya. Setelah setelah acara mereka, maka kami mencari sebuah lokasi yang bisa kami kunjungi siang ini dan letaknya tidak terlalu jauh dari ibukota Provinsi Surabaya ini.

Hanya berjarak 15 km dari ujung jembatan tol Suramadu sisi Madura, ada sebuah kawasan pertambangan kapur yang sampai saat ini masih aktif dilakukan penggalian di kawasan tersebut. Mungkin dari kota Surabaya menuju sini sekitar 45menit-1 jam kali yah. Memasuki kawasan ini, dari kejauhan kita masih bisa mendengar bor2 yang melubangi dan memotong kapur2 agar mudah dipindah kan ke lokasi selanjutnya. Kita juga bisa menemukan truk2 fuso dan ekskafator berlalu lalang di sekitar Bukit Jaddih Madura.

Bukit Jaddih Madura
Bukit Jaddih Madura

Tumben cerita beginian ? Nawarin / Survey lokasi wan ?

Mau jadi juragan kapur yah ? Ya sekali-sekali kan cerita selain masalah traveling yang selalu aja bikin kanker a.k.a kantor kering kan ga papa. Sekalian nyari emas lain , sapa tau nemu kan emasnya disana … hahahahha … ngayallllll…..

Ga lah, yang gua ceritain itu memang lokasi penambangan kapur. Namun di lokasi yang sama saat ini sudah berdiri beberapa lokasi wisata yang terbuka untuk masyarakat umum. Sebenarnya lokasi wisata ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu sih.

Baca juga cerita saya mengunjugi Upside Down Bandung. Di dalam lokasi ini, semua perlatan yang biasanya ada di bawah ditempel ke atas ruangan ini. Jadi semuanya tampak terbalik …. baca ceritanya disini yah ….

What to see ?

Saat kunjungan kami akhir tahun 2017 kemarin disana sudah ada dua objek wisata yang bisa didatangi oleh masyarakat umum. Yang pertama kolam renang …. lokasi kolam ini terletak di bawah. Terletak di sisi kiri pintu masuk. Jadi dengan kendaraan kamu diarahkan menuju bawah. Parkir kendaraan pun bisa dibawah sana. Namun dari pintu masuk kamu tidak akan bisa melihatnya langsung. Karena ada bukit lainnya yang memisahkan jalan masuk dan lokasi kolam renang.




Kolam renang ini mungkin seukuran dua lapangan bulu tangkis. Kami sendiri tidak mencoba berenang karena memang waktu kami sangat terbatas. Jadi saya juga tidak tahu seberapa dalamkah kolam ini. Kolam sendiri sepertinya bekas penambangan kapur namun sudah diubah menjadi kolam renang. Dan tidak lupa ada perosotannya biar seru kan mainnya trus ada tempat2 yang menjorok kedalam. Semacam waterpark yah jadinya….

Bukit Jaddih Madura - Survey Lokasi
Bukit Jaddih Madura – Survey Lokasi

VIEW POINT

Lokasi wisata yang kedua adalah view point. Ada beberapa view point yang bisa kamu nikmati. Nah ini yang menurut saya seru sekaligus menantang. Karena view point tertinggi lokasinya masih naik naik dan naik lagi melalu jalur terjal yang disediakan seadanya. Karena sekilas sih sepertinya ini inisiatif warga bukan Pemda. Jadi ingat yah jangan memaksa kan diri. Terutama kamu yang tidak biasa mengendarai kendaraan ke lokasi menanjak.

Dari atas ini kalau kamu beruntung bisa melihat proses penambangan batu kapur yang sedang di potong2. Ada masyarakat yang menambang menggunakan peralatan sederhana , ada pula penambang yang menggunakan alat berat.

Nah, walau lokasinya berada di atas. Namun diatas sana ada warung yang menjual beberapa makanan instant. Yang pasti mie2-an, gorengan , kopi , susu sachet dll. Lumayan kan …. lagi diatas , jajan sambil melihat pemandangan batu kapur.

Dari atas ini kita juga dapat melihat sebuah kolam renang yang mungkin ( sudah) akan dibuka awal 2018 yah. Karena saat kemarin kami kesana, lokasi kolam kedua ini sepertinya baru dibuka sebagian. Dan sebagian lainnya masih dalam pengerjaan.

How Much it Cost

Layaknya objek-objek wisata yang terdiri dari beberapa pengelola. Begitu pula dengan disini. Ketika masuk, kita sudah dimintai uang masuk. Kemudian ketika kita berbelok ke kanan ke arah view point kita akan dimintai duit lagi. Tapi untungnya, diatas sana tidak ada yang menjaga parkiran. Sedangkan nilai tiketnya saya sudah lupa. Tapi jangan lupa kalau kamu bayar tiket, minta juga tiketnya yah.

Jadi ingat perjalanan kami ke Umbul Sidomukti untuk mencoba terbang tandom Paralayang. Disana walau sekilas lebih profesional, ketika masuk kami dimintai uang masuk. Naik ke lokasi paralayang bayar tiket lagi. Nah tidak jauh dari loket pertama tadi ada kolam renang. Parkirnya pun bayar lagi loh ….. cerita selengkapnya disini yah ….

Bukit Jaddih Madura
Bukit Jaddih Madura

How to get there

Kunjungan kami ke daerah ini menggunakan kendaraan pribadi. Lokasi wisata ini letaknya jauh dari kota . Kota terdekat adalah Bangkalan, kurang lebih 10 km. Tidak ada kendaraan umum di daerah ini. Solusinya kamu membawa kendaraan sendiri atau kalau benar2 nekat yah numpang. Nah kalau kamu membawa kendaraan, pastikan bahan bakar kamu cukup yah. Jangan sampai kehabisan bahan bakar, karena susah mencari penjual eceran.

Saat datang kami melalui jalur pintas. Dari arah Surabaya melewati Suramadu. Setelah melewati ujung Suramadu, maju sekitar 10km kami belok kiri. Lalu mengikuti jalur utama sampai ketemu ketemu lokasi ini. Ternyata lokasi di GPS dan di TKP sangat berbeda. Untung saja saat diperjalanan kami melihat sebuah spanduk sederhana di kanan jalan. Padahal GPS menunjukkan looasi bukit ini masih di depan.

Sedangkan jalur pulang kami menggunakan arah yang beda. Saat kami keluar lokasi wisata ini tiba2 turun hujan deras. Memang sih jalurnya jadi menjauh, karena kami menuju Utara dulu baru balik ke Selatan. Nah karena pertimbangam itu dan lain2, kami melewati (kota) Bangkalan. Ternyata Jalur menuju Bangkalan pun sama sepihnya dengan jalur pintas yang kami lewat tadi. Padahal berharap karena menuju kota jalurnya lebih ramai. Oia, jalur yang dilewati ini cukup buat satu mobil dan satu truk fuso bersamaan. Saya sempat berpapasan dengan bus besar 50 seat yah kami terpaksa mengalah donk.

Lokasi di atas view point ini menurut saya sangat-sangat panas. Siapkan mental kamu jangan sampai salah kostum yah

Sedangkan jalur dari Bangkalan ke Suramadu cukup bagus dan lebar. Untuk menghindari macet di kota, kamu bisa melewati lingkar luar kota ini.

TIPS BERKENDARA

Kalau kamu berencana datang ke daerah ini, ada baiknya kamu datang saat cuaca cerah. Karena wilayah ini melewati pohon2 yang masih tinggi. Dan juga demi keamanan sih karena memang wilayahnya masih cukup sepih.

Sebenarnya dari kota Surabaya/pelabuhan ada kapal ferry menuju kota Bangkalan. Namun waktu tempuhnya jauh lebih lama yah.

Bukit Jaddih Madura
Bukit Jaddih Madura

Tips :

  1. Tidak ada atm di lokasi ini
  2. lokasi wisata ini terletak di area penambangan batu kapur yah. Dan masih aktif sampai saat ini. Jadi bukan tempat wisata doank
  3. Karena lokasi penambangan, jadi jalurnya pun seadanya. Hanya jalan tanah merah yang dikapurin. Walau cukup kuat sih.
  4. Beberapa view point terletak di atas bukit. Kalau kamu tidak terbiasa mengendarai kendaraan menanjak jangan memaksa kan diri yah.
  5. Kalau kamu bawa kendaraan, jangan sampai salah bawa kendaraan. Jangan kamu kesini pakai sedan ceper pula …. yang ada habis itu body pelek.
  6. Kalau kamu naik ke view point tertinggi, hati2 dengan teriknya panas matahari yah. .

 




About

Anak ini katanya nih suka jalan2 sebagai bagian dari kehidupan sehari2 untuk mensyukuri dan dunia dengan mata sendiri . . . Padahal dompet kembang kempis ... hoplah ...

View all posts by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *