Semarang behind the scene




Museum Kereta Ambarawa
Museum Kereta Ambarawa

Semarang behind the scene

Sesekali curhat lah yah, ga papa kan. Sebenarnya sih selama ini memang tulisannya saya berbau curhat cuman kan yang dicurhatin sekarang yang sedikit behind the scene lah. Beberapa kali gua mendapat pertanyaan yang serupa tapi tak sama namun berulang ? wan dapat tiket berapa ke bla bla bla , itu all in ,,, nyarin dimana itu.

Perjalanan Semarang tahun lalu boleh dikatakan sebuah wishlist yang tertunda selama kurang lebih 8 tahun. Dan kemudian terlaksana dengan sangat-sangat dadakan. Kunjungam pertama saya waktu itu 2009, waktu itu saya selama 10 hari menikmati berbagai kota di Jawa timur mulai dari kota Batu, Pulau Sempu, kota Malang, Surabaya, Bromo dan Semarang. Waktu itu saya menyebutnya Tour De Jatim.

Lalu “kunjungan” kedua cuman transit karena memang tujuan akhirnya adalah Pulau Karimun Jawa via Jepara. Nah perjalanan kali ini walau cuman beberapa hari, namun benar-benar khusus kota Semarang. Nah persamaanya , kunjungan saya yang pertama dan tahun lalu sama2 naik kereta dari Jakarta menuju Semarang.

Umbul Sidomukti Kafe
Umbul Sidomukti Kafe

Kemudian …. heboh

Salah satu berita yang cukup heboh minggu lalu adalah sudah keluarnya jadwal perjalanan kereta 3 bulan mendatang. Yang bikin heboh sih bukan jadwalnya, tapi karena sebenarnya jadwal tersebut bertepatan dengan jadwalnya mudik lebaran . Yah buat mereka yang tinggal di daerah2 pasti bertanya2 apaan sih nih heboh2 kayak orang2 kagak punya kerjaan aja. Padahal mereka ke Jakarta kan konon mencari kerjaan dan segepok emas.

Sudah bukan rahasia lagi, sejak jaman dahulu kereta api jarak jauh sudah menjadi kebutuhan bagi kebanyakan masyarakat yang tinggal di kota2 besar2 di Pulau Jawa. Namun, sejak dahulu pula dengan segala kondisi kekurangannya kereta tetap saja diperebutkan.

 

Umbul Sidomukti Paralayang Diatas
Umbul Sidomukti Paralayang Diatas

Nah sekarang ?

Kereta api sudah banyak melakukan perbaikan. Baik perbaikan yang benar2 kita rasakan misalnya pelayanan di dalam kereta dan juga stasiun. Saya yang memang sangat jarang banget menggunakan kereta yah terpaksa harus mencari2 alasan untuk dapat menikmati kereta.

Namun ada juga perbaikan2 yang hanya bisa dirasakan oleh pihak2.




Misal nih, saya kalau mesan2 mesen biasanya lewat online. Namun dengan berbagai alasan, masih banyak masyarakat yang takut dengan e-commerce. Padahal nih, pesan tiket kereta di e-commerce itu sangat aman dan nyaman. Kita tinggal buka websitenya ….. trus klik klik jadwal perjalanan kita lalu bayar. Nah, jadi kalau dulu heboh karena mengantri di stasiun. Sekarang tinggal klik2 aja. Dan bayarnya pun enak, bisa pakai kartu kredit , transfer uang atau pun lewat minimarket. Jadi mudah.

Sebagai contoh, trip saya akhir tahun lalu ke Semarang. Saat itu saya berkunjung ke beberapa lokasi wisata di kota Semarang dan juga sekitarnya. Maklum, waktu itu dadakan dan saya berkunjung dengan waktu sangat terbatas. Salah satu yang saya kunjungi yah Museum Kereta Ambarawa. Sebuah kunjungan yang tertunda puluhan tahun ….. lebaiii …. dan tidak lupa menikmati paralayang di atas Bukit Sidomukti.

Karena dadakan jangan harap saya datang ke stasiun kereta api untuk beli tiket kereta yah. Tiket kereta dari Jakarta ke Semarang saya beli online, di website Tokopedia. Setelah pilih2 dan transaksi selesai, saya mendapatkan kode booking. Kode booking ini saya gunakan untuk mencetak Boarding Pass di Stasiun keberangkatan. Cukup mudah kan. Btw , teman-teman yang mencari tiket kereta untuk pulang kampung juga bisa mencarinya disini Tiket Kereta Lebaran pesan di Tokopedia

Begitu juga dengan tiket2 lainnya. Pantengin terus dah tuh medsos mereka trus juga jangan lupa rajin2 baca newsletter dari maskapai pesawat dan juga bank2. Kadangkala promonya datang diatas kita butuh.

Btw …. 

Buat teman-teman yang suka dengan barang-barang baru. Dan tidak mau capai keliling mal naik turun lalu. Nah solusinya yang online lagi deh. Coba nih, cari di Tokopedia. Kamu masuk ke laman jam2 co .. Harga jam tangan pria … berbagai pilihan tersedia, mulai yang murah sampai mahal, mulai yang unik sampai kekinian. Dari Barat ke Timur, tinggal kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Jadi ga lerlu calek2 keluar kan. Awas khilaf gan ….

Sedikit tips

Berbeda dengan membeli tiket pesawat dan juga tiket kereta dimana e-commerce itu cuman sebagai kepanjangan tangan kalau bahasa IT-nya sih kepanjangan teknologi saja. Jadi bisa dibilang cukup aman.
Kalau beli barang , untuk keamanan dan kenyamanan kamu perlu sedikit mengeluarkan tenaga. Telitilah dengan barang yang dijual dan juga barang yang dijual. Nah, kalau mau benar2 aman sih cari aja penjual yang menjadi brand resmi barang yang kamu cari. Kalau ga ada brand resmi-nya cari saja penjual dengan komentar yang banyak dan positif jadi semakin yakin berbelanja online kan.

Selamat hunting2 tiket yah … Have a nice trip…..

Keep travelling ….

 




2 Replies to “Semarang behind the scene”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *