Coban Rondo batu … bukan sekedar air terjun




Kota Batu terus melakukan perubahan untuk menarik wisatawan lokal maupun international-nya. Selain terkenal dengan berbagai objek wisata yang dikelola oleh Jatim Park Group. Banyak juga wisata alamnya yang juga melakukan perubahan.

Warna Warni Coban Rondo
Warna Warni Coban Rondo

COBAN RONDO

Air terjun coban rondo terletak di Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur. Menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan untuk menikmati udara segar. Butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke lokasi ini dari alun-alun kota Batu. Kunjungan saya kali ini masih kelanjutan dari beberapa tulisan sebelumnya.

Sehari sebelum ke Coban Rondo, kami berkunjung ke museum angkut. Museum ini lokasinya hanya sekitar 10 menit dari alun-alun kota Batu. Berbagai alat transportasi disajikan di lokasi ini. Ada juga simulator pesawat dan replika pesawat kepresidenan RI-1. [ baca selengkpanya ]

Dari alun2 kota, melalui jalur utama menuju arah barat. Lokasi wisata tidak terletak di pinggir jalan , namun lokasinya cukup mudah ditemukan. Perjalanan yang bisa ditempuh dalam 30-40 menit perjalanan lancar ini, kita bisa melihat keindahan alam kota Batu dan sekitarnya. Kita akan melalui jalur naik turun karena memang kita sebenarnya berada di kaki gunung.

Setelah berbelok memasuki kawasan coban rondo, kita akan langsung melewati loket tiket. Kedatangan kami di awal Desember 2017 lalu. Pengelola menerapkan aturan baru mengenai tiket masuk. Pengunjung dikenakan biaya kalau ga salah Rp. 35000, untuk tiket terusan. Nah setelah membeli tiket terusan ini, pengunjung bisa langsung menikmati berbagai arena yang ditawarkan.

Di pulau Madura, sekitar 4-5 jam dari pusat kota Batu. Ada lokasi penambangan kapur yang juga menjadi lokasi wisata. Namanya bukit Jaddih … selain itu , ada juga kolam renangnya loh. [baca selengkapnya]

What to do

Kunjungan saya kali ini merupakan kunjungan yang kedua kalinya. Kunjungan saya yang pertama sekitar tahun 2009. Jadi sudah lama banget kan. Dahulu seingat saya disana itu cuman ada air terjun doank. Tidak ada sarana lainnya. Sedangkan kunjungan saya kali ini, sudah melihat banyak peerubahan. Namun sayangnya, karena keterbatasan waktu saya malah tidak bisa melihat air terjunnya. Kawasan ini dibagi menjadi beberapa arena, yaitu arena bermain ,arena ber-kemping dan arena air terjun.




Nah yang menurut saya menarik itu arena bermain ini. Di arena ini ada beberapa permainnya yang bisa dicoba. Ada flying fox , ada ada paint ball , ada ATV. Semuanya bisa dicoba di arena ini. Nah yang mungkin masih sulit dicari di Indonesia ini ada area Taman Labirin.

Labirin Coban Rondo - dilihat dari menara pandang
Labirin Coban Rondo

Labirin Coban Rondo

Labirin yang biasa disebut juga taman sesat adalah rumput2 tinggi mungkin sekitar 2mtr dibentuk menjadi jalan yang ber-belok2 menuju titik tertentu. Pada umumnya labirin yang ada hanya jalur masuk dan jalur keluar. Kalau disini , labirin ini diarahkan menuju bagian tengah labirin yang juga terdapat air mancur kecil.

Mau belajar sejarah rokok secara umum atau sejarah PT Sampoerna, perusahaan rokok yang terkenal. Di pusat kota Surabaya, ada pabrik sekaligus museum Sampoerna. [baca selengkapnya]. 

Coban Rondo Warna Warni
Coban Rondo Warna Warni

Nyasar ?

Jangan takut nyasar, karena memang labirin ini sebenarnya tidak terlalu besar. Yah paling yang membedakan seberapa cepat kita bisa menuju bagian tengah / air mancur labirin ini. Nah biar enak, di bagian luar labirin ini tersedia menara pandang. Menara pandang ini bisa dimanfaatkan untuk meminta tolong teman kamu mengambil foto kamu atau untuk memantu kamu mengarahkan gerak kamu …. hahahahah

Tips :

  • Waktu saya berkungjung kemarin, alhamdulillah udara cukup segar. Namun ingat yah kita dikelilingi pohon2 besar.
  • Nah yang cukup “shock” kemarin ada istilah jam istirahat. Pada jam tersebut, semua staff istirahat. Nah saat jam tersebut, jadi kita tidak bisa main fly fox dll. Bingung kan … entah deh masih seperti atau tidak saat ini.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *