Wirawan Prasetyo

[[ me :: mi :: emi ]]

Museum Angkut Pesawat Kepresidenan
> T Akomodasi > T Notes > T Spot Transportasi

apa sih bagusnya museum angkut di Jawa Timur




Museum Angkut Pesawat Kepresidenan
Museum Angkut Pesawat Kepresidenan

Museum Angkut di Kota Batu Jawa Timur

Jika teman-teman pernah ke museum transportasi yang ada di dalam Taman Mini Indonesia Indah, TMII Jakarta mungkin akan berkata kalau museum ini sepertinya sama. Namun faktanya memang seperti itu. Kedua museum ini dua2nya sama menyimpan berbagai alat transportasi.

Yang membedakan kedua museum ini adalah variasi jenis yang ada di dalam museum ini. Menurut saya museum ini memiliki variasi yang lebih banyak. Selain itu, di museum ini kita juga bisa melihat perkembangan alat transportasi dari negara lain.

Museum Angkut Display Mobil
Museum Angkut Display Mobil

Zonasisasi Museum Angkut di Kota Batu Jawa Timur

Nah …. yang menarik zonasisasi bukan hanya tentang sejarah transportasi di Indonesia. Tapi juga ada transportasi dari luar negeri. Nah yang menarik juga ….. bahkan kendaraan yang masih dalam prototype dan juga hanya ada dalam film-pun ada prototypenya. Ah masa ….

Zona 1 merupakan Hall, ruang pertama yang kita lihat ketika baru melewati gate tiket dikompleks ini. Beberapa kendaraan dan sepeda dipamerkan di hall ini. Zona kedua lokasinya berada di atas ini dengan isi berbagai kendaraan dan video visual. Zona 3 adalah rooftop dan atap dari kedua zona sebelumnya.

Salah satu koleksi yang masih prototype a.k.a uji coba adalah Mobil listrik Tucuxi milik mantan menteri Dahlan Iskan yang sebelumnya pernah mengalami kecelakaan di sebuah lereng gunung di Magetan saat baru diujicobakan.




Baca juga cerita saya ke House Sampoerna yang terletak di pusat kota Suarabaya. Yang menggambarkan sejarah mereka sejak kecil sampai sekaran. Museum yang sama bagusnya dengan museum ini. 

Zona 3 … Runway 27 Airport

Salah satu zona yang bisa dibilang cukup berbeda adalah disini. Di zona ini ada replika pesawat kepresidenan RI1 lengkap dengan isinya , ruang rapat , makan dan juga pramugarinya yang berpakaian biru muda khas warna anggota TNI AL. Nah di atas ini juga terdapat simulasi pesawat yang bisa kamu coba.

Museum Angkut Display Mobil Listrik Tucuxi Dahlan Iskan
Museum Angkut Display Mobil Listrik Tucuxi Dahlan Iskan

Zona 4 – 10 

Zonaini memamerkan beda moda transportasi berdasarkan beberapa daerah di dunia. Iya dunia loh, jadi bukan hanya Indonesia. Ada Pecinan, Jakarta Kota, Amerika, Eropa , Inggris. Dan berbeba sendiri adalah Hollywood. Iya Hollywood, walau bukan negara atau benua tetapi ada zona sendiri untuk mereka. Disinilah kw-nya mobil Batman yang bisa kita lihat menggunakan Vr.

Zona 11

Lokasinya terpisah sendiri, karena terletak di luar gate. Zona ini terdiri dari restoran terapung. Museum topeng dan beberapa display art. Nah yang seru, kalau kamu kecapaian setelah berputar-putar dizona 1sampai dengan 10, kamu bisa beristirahat di area ini. Ada restoran dan juga tempat pijitnya loh.

How To Get There

Museum Angkut merupakan museum transportasi dan tempat wisata modern yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur sekitar 20 km dari Kota Malang. Museum ini terletak di kawasan seluas 3,8 hektar di lereng Gunung Panderman. Saya tidak tahu apakah di daerah sana ada angkutan umum atau tidak karena lokasinya bukan di jalan utama. Menurut leaflet yang saya dapat, ada shuttle yang menghubungkan beberapa objek wisata dalam satu grup Jatim Park. Namun saya tidak tahun apakah fasilitas ini masih beroperasi.

Museum Angkut Kota Jakarta;
Museum Angkut Kota Jakarta;

Kalau kamu berada di Batu, sempatkanlah berkunjung ke Surabaya dan Madura. Di Madura ada bukit Jaddih. Kawasan industri kapur yang masih aktif namun juga dimanfaatkan sebagai area wisatawan ber-selfie.

Tips berkunjung ke Museum Angkut kota Batu Malang 

  1. Museum Angkut - peta_zona
    Download Museum Angkut – peta_zona

    gunakan sepatu s nyaman mungkin

  2. 80% arena display museum ini terletak di dalam ruangan
  3. gunakan voucher yang tersedia
  4. perhatikan jam operasional. Karena jam operasional ini jam 12-20. Jadi bukan jam 10 pagi yah
  5. kamera dikenakan biaya tambahan
  6. Download peta museum angkut disini

Ternyata … Harry Potter syutingnya disini …

Museum Angkut Platform 9 3/4 Harry Potter Ternyata Harry porter syuting disini
Museum Angkut Platform 9 3/4 Harry Potter Ternyata Harry porter syuting disini

 




LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anak ini katanya nih suka jalan2 sebagai bagian dari kehidupan sehari2 untuk mensyukuri dan dunia dengan mata sendiri . . . Padahal dompet kembang kempis ... hoplah ...