Tiananmen dan Forbidden City, saksi bisu peradaban China ( Bagian 2 – end )

Bagian ini kelanjutan dari blog sebelumnya tentang ” Tiananmen dan Forbidden City, saksi bisu peradaban China “. Kalau sebelumnya sudah ada Mousleum Mao Zedong, tempat diawetkannya sang pemimpin. Sekarang kita cerita beberapa bangunan berserah selanjutnya yah.

Tulisan ini masih kelanjutkan dari perjalanan kami selama beberapa hari di kota Xian, Beijing dan Shanghai. Semua tulisan bisa dilihat di halaman #chinamay2016 yah.

Balai Agung Rakyat

Di sisi barat Tiananmen ada bangunan Balai Agung Rakyat atau berarti di sisi kiri gedung Mausoleum tapi lokasinya sekitar 50 mtr dari gedung ini ya. Di sisi Tiananmen tadi ada Museum Nasional China. Kemudian di sisi selatan ada Mausoleum Mao Zedong. Nah di utara ada South Gate Forbidden City.

Balai Agung Rakyat terletak di penghujung barat Lapangan Tiananmen, Beijing, Republik Rakyat Tiongkok, dan digunakan oleh Republik Rakyat Tiongkok dan Partai Komunis Tiongkok untuk kegiatan-kegiatan legislatif dan seremonial.

Meskipun begitu, kebanyakan kegiatan pemerintah sehari-hari dilaksanakan di sebuah kompleks di Zhongnanhai. Balai Agung Rakyat dibangun dalam masa 10 bulan oleh para sukarelawan pada tahun 1958 – 1959. Dengan luas sebesar 170.000 meter persegi, gedung ini mepunyai 300 balai pertemuan, serambi dan kantor. [ wikipedia ]

Chinamay2016 - Forbidden City
Chinamay2016 – Forbidden City

Monumen Peoples Heroes

Sebuah monumen berbentuk obelisk berdiri kokoh sendiri dikelilingi bangunan2 bersejarah lainnya di lapangan Tiananmen. Monumen ini dibangun dari bulan Agustus 1952 – Mei 1958. Masih terbilang baru kan. Dibangun untuk memperingati para pejuang revolusioner selama abad 19 dan 20. Dibangun dengan ketinggian 10 obelisk.

Monumen tersebut juga berfungsi sebagai pusat kegiatan berkabung berskala besar yang kemudian berkembang menjadi protes dan kerusuhan, seperti kematian Perdana Menteri Zhou Enlai (yang berkembang menjadi demonstrasi di Lapangan Tiananmen pada tahun 1976) dan Hu Yaobang (yang berkembang menjadi anggota Tiananmen Protes persegi tahun 1989). Menurut info, setelah kejadian 1989 tersebut, segala kegiatan berbau politik di sekiar sini sangat dibatasi.

Kenapa disebut monumen revolusi ? Karena di monumen ini tertulis 8 sejarah revolusi negara Tiongkok dari awal 1829 sampai pertengahan abad 19. Dan Di bagian depan monumen itu ada prasasti dalam tulisan tangan Mao Zedong, yang berbunyi, “Kemuliaan kekal bagi pahlawan rakyat!

Sepenggal Lapangan Tiananmen

Dengan panjang 800 meter dari utara ke selatan serta lebar 500 meter dari barat ke timur, lapangan ini memiliki luas 440.000 m2. Lapangan ini adalah jalan masuk menuju kompleks Kota Terlarang di kota Beijing, “Lapangan Luas di Pintu Surga yang Damai” terletak di pusat kota Beijing, Tiongkok. Dan merupakan lapangan sejenis yang terluas di dunia saat ini. Lapangan Tiananmen. Mulai dibangun pada tahun1415 pada masa Dinasnti Ming. Pada abad 17-san, perang besar terjadi di daerah ini dan mengakibatkan kerusakan yang cukupbesar di lokasi ini. Kemudian pada tahun 1651, lapangan Tiananmen mulai dibangin. Dan mengalami perluasan sampai dengan 4 kali pada tahun 1950.

Beberapa peristiwa penting bersejarah yang terjadi di lapangan ini di antaranya

  • Gerakan 4 Mei 1919
  • Proklamasi berdirinya Republik Rakyat Tiongkok
  • Gerakan 5 April 1976 yang kemudian dikenal sebagai Insiden Tiananmen 197
  • Demonstrasi6 Tiananmen 1989 yang kemudian berakhir dengan peristiwa berdarah Insiden Tiananmen 1989

Bangunan terakir yang benar2 langsung berhadapan dengan lapangan Tian An Men yah South Gate Forbidden City.

Chinamay2016 - Beijing Explore More Forbidden City
Chinamay2016 – Beijing Explore More Forbidden City

Baca juga cerita kami kedinginan di Muntianyu Tembok China

Forbidden City

Nama resmi yang tercatat di World Heritage Unesqo sejak tahu1987 adalah Istana Kuno Dinasti Ming dan Qing [ sites ]. Karena Forbidden City sebenarnya adalah kompleks istana kekaisaran China dari Dinasti Ming ke akhir Dinasti Qing pada kisaran tahun 1420 menuju tahun 1912.

Selama hampir 500 tahun, kompleks ini menjadi pusat pemerintahn masing-masing raja di jamannya.  Dari Dinasti Ming sampai Qing, Istana megah ini dibangun sejak 1406, terdiri dari 980 bangunan dan luasnya 720 ribu meter persegi. Butuh waktu 14 tahun dan keringat jutaan pekerja untuk mewujudkannya.

Kerajaan berganti Republik

Kaisar Pǔyí berasal dari klan Aisin Gioro suku Manchu, merupakan Kaisar Tiongkok terakhir dan penguasa ke-12 dan penutup dari Dinasti Qing. Sejak umur 2 tahun,, tak lama setelah Kaisar Guangxu meninggal pada 14 November. ia berkuasa sebagai Kaisar Xuantong.

Puyi hanya bertahan selama 3 tahun, 1908 – 1912 dan diturunkan sejarah paksa ,melalui Revolusi Hinxai Sejarah mencatat, setelah sekian tahun akhirnya pada tahun 1949 ketika penguasa Tiongkok saat itu Mao Zedong mendeklarasikan Republik Rakyak Tiongkok, kemudian Puyi ditahan sebagai penjahat perang selama 10 tahun.

Forbidden City saat ini

Dikelilingi oleh parit selebar 52 meter dan terletak di jantung Kota Beijing, Forbidden City menjadi salah satu peninggalan bangunan kuno terbesar Cina yang masih terawat dengan baik hingga sekarang. Tidak hanya itu, Forbidden City juga kompleks istana terbesar di dunia. Saat ini, forbidden city sudah dibuka untuk umum, termasuk wisatawan mancanegara.

Komplek kekaisaran raja2 yang sebelumnya tampak dijaga dengan sangat bagus. Kedatangan kami tahun lalu dapat melihat langsung betapa besarnya kompleks kekaisaran ini. Ada 9 lapisan / zona yang ada di dalam kompleks ini. Dari South Gate yang terhubung dengan lapangan Tiananmen kita akan sudah akan merasakan kemegahan kompleks ini.

Explore More

Kunjungan ke kompleks ini sebenarnya sangat menantang. Jika pada umumnya wisatawan akan berkunjung dari utara di zona 1 lurus terus sampai ke zona 9 di selatan ( belakang ). Sebenarnya di setiap zona ini bagaikan sayap burung, di kiri kanan-nya masih banyak bangunan2 pendukung yang sebagian dibuka untuk umum. Yap, benar sebagian karena di beberapa tempat ada garis batas pengunjung.

About

Anak ini katanya nih suka jalan2 sebagai bagian dari kehidupan sehari2 untuk mensyukuri dan dunia dengan mata sendiri . . . Padahal dompet kembang kempis ... hoplah ...

View all posts by

2 thoughts on “Tiananmen dan Forbidden City, saksi bisu peradaban China ( Bagian 2 – end )

  1. Halo mas, mau tanya, dulu beli tiket Forbidden City langsung di loket atau booking online? Karena dari yg saya baca2, booking tiketnya mesti online, makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *