Sightseeing dan Kuliner Halal di Kota Xian

Melanjutkan cerita perjalanan #chinamay2016, kali ini tentang rekomendasi Sightseeing di kota Xi’an. Sedikit mengulang cerita kami di kota Xi’an, kami mendarat di Kota Xi’an menjelang pergantian hari  dan cerita tentang perjalanan kami ke Museum Patung Perang Terracota [baca disini]. Oia, cerita tentang Terracota Army sengaja gua pisah, walau hanya 1 jam perjalanan tapi sudah di luar kota Xi’an. Sekarang waktunya menikmati kecerian kota Xi’an-nya. Selama 4 hari di kota ini, kami menginap di

Xian Sightseeing

Sekilas tentang kota Xi’an

Berjarak 1275Km dari Kota Beijing, kamu bisa menggunakan berbagai jenis moda transportasi menuju kota ini. Kami sendiri menggunakan pesawat udara dari Kuala Lumpur menuju kota ini. Sedangkan dari kota Xi’an menuju kota Beijing , kami menggunakan kereta soft sleeper loh … ituloh kereta yang ada tempat tidurnya. [ http://www.wirawanprasetyo.com/2016/kereta-api-di-china-chinamay2016/ ]. Sebagai salah satu kota bersejarah yang konon dengan peradaban tertua di dunia. Kota Xi’an memiliki banyak objek bersejarah yang menarik. Walau sebenarnya kami cuman bisa menikmati kota ini 3 hari, karena hari pertama kami tiba menjelang pergantian hari. 4 hari 3 malam di kota Xian [http://www.wirawanprasetyo.com/2016/xian/], menurut saya sih masih sangat sangat kurang.

Saya pribadi bisa bilang kota ini sangat menarik, karena tata kotanya cukup bagus. Jadi membuat betah para wisatawan berlama-lama di kota ini. Berbagai bangunan bersejarah dijaga, trotoar-trotoar lebar menyambut para pejalan kaki. Gaya hidup yang tidak terlalu modern masih bisa ditemukan, seperti becak2 dari motor tiga roda. Bus umum non AC , pedagang kaki lima dll. Sayangnya kami memiliki keterbatasan waktu. Kami hanya sempat mengunjungi beberapa tempat, Xi’an Great Mosque, Muslim Street, Drum Tower dan Bell Tower. Ketiga objek wisata ini berada dalam satu area. Kemudian city wall yang menjauh 500mtr lalu pagoda yang paling jauh 3 km. Semoga lain waktu kami memiliki waktu berkunjung ke kota ini lagi. Aamiin

Kuliner Halal Kota Xi’an

Muslim Street …. Kuliner Halal di negara Tiongkok

Sebagai cerita pembuka sightseeing di kota Xi’an saya mulai dengan  Muslim Street dan Xian Great Mosque aja yah. Kenapa gua mulai dengan Muslim Street …. Karena ini berhubungan dengan urusan perut dan merupakan sesuatu yang terkadang susah diajak kerja sama. Yap, kalau urusan air minum masih cukup mudah diselesaikan. Kalau urusan makan apalagi buat mereka yang muslim , mereka yang vegetarian atau memiliki aturan tertentu tentang makanan. Kuliner menjadi tantang tersendiri ketika berada di suatu daerah yang memiliki budaya berbeda dengan daerah asal mereka.

Kuliner Halal Kota Xian

Muslim street ini yah merupakan salah satu jalur menuju Xi’an Great Mosque. Tapi …. Walau namanya muslim street, sepertinya masih banyak makanan yang non halal. Jadi kalau kamu berada di area ini, sebaiknya hati2 yah. Mendingan diperhatikan dulu makanan yang dijual, apakah ada tulisan halalnya. Oia, di jalan / lapak penjual, saya tidak menemukan logo halal seperti “MUI” atau lembaga sejenisnya. Jadi tulisan “halalnya” cuman berupa tulisan arab.

Lokasinya memang tidak jauh dari pusat keramaian kota Xi’an. Cuman memang menjelaskanya agak rumit, berada tepat di samping Xi’an Drum Tower, ada pertokoan dan juga pasar yang menjual berbagai jenis barang. Mulai dari makanan sehari2, juga berbagai barang perlengkapan sehari2. Nah di pasar ini juga menjual berbagai barang yang bisa kita beli sebagai oleh2 untuk kita bawa pulang ke kampung halaman kita.

Di lokasi yang sama pula, kita bisa menemukan entah beberapa atau puluhan yah … penjual yang menjual makanan-makanan halal. Makanan-makanan yang dijual pun beragam. Dari yang cuman berupa kentang goreng dipotong bergelombang , seafood goreng dan juga berbagai jenis mie2. Tidak lupa berbagai variasi makanan berbentuk sate seperti daging domba dan lain2nya. Serta ada makanan2 ringan lainnya seperti kue2 dan variasi permen2.

Kuliner Halal Kota Xian

Mencoba cita rasa makanan khas sana.

Kami mulai mencoba dengan memakan beberapa variasi mie dan sejenis kentang serta kebab ala2 sana. Mie diberikan pelengkap dengan bumbu kuah rasa asin, manis, juga asam dan juga sejenis bumbu kacang yang diaduk dalam satu mangkok…. Maklum karena kami tidak tau makanan khas sana , dan tidak bisa berkomunikasi akhirnya asal pesan saja kan … Ternyata permirsah ….. Gagal permirsa. Kami tidak ada yang cocok dengan cita rasa makanan ini. Menu lain adalah sejenis kebab/burger, kalau ga salah Roujiamo ,,,, roti pipih ini bagian tengahnya diisi dengan potongan daging sapi. Tapi ….. ternyata nasibnya sama dengan si mie tadi, Gagal maning.

Selain mie, makanan lain yang kami coba adalah seafood dan juga kentang goreng. Karena cuman digoreng jadi cukup aman di lidah. Nah yang agak2 itu yag tahu, bukan tahu bulat digoreng dadakan lima ratusan yah …. Mirip tukang gorengan di Indonesia, tapi dia cuman menjual tahu goreng …. Kalau kue dan permen, kami tidak sempat mencobanya,

Kuliner Halal Kota Xian

Selain menu-menu lokal. Makanan ala arab pun tersedia di jalan ini. Seperti kebab, sayangnya kami tidak sempat mencobanya. Jadi ga ada reviewnya. Jadi (lagi) kalau mau yang cukup aman, bisa mencoba berbagai variasi makanan yang digoreng seperti seafood dan tahu. Jangan gunakan bumbu tambahan kalau mau rasa yang netral. Karena memang bumbu-bumbu tambahan ini punya citarasa yang berbeda2 loh, ada yang sekedar manis, pedas, manis pedas asin dan lain. Hayyah … kayak nano2 kan …

Restoran Western Mahua Beef Noodle

Untungnya …. kami sempat mencoba makan di sebuah restoran yang lokasinya tepat di samping/belakang Xi’an DrumTower. Bangungan 2 lantai ini berwarna kuning. Kalau ga salah namanya Western Mahua Beef Noodle. Restoran yang terlihat mewah ini “menawarkan” buku menu dan foto makanan yang bisa kita tunjuk loh. Aman kan … Hahahhahaha ….. Rasa makanan yang disajikan juga cukup aman di mulut kita. Dari ikan ( entah apa jenisnya ) dengan kuah asam manis, kacang panjang pedas, sayur. Walau ada juga menu makanan yang tidak cocok di lidah kami. Sayangnya, walau restoran ini cukup mewah, petugas restoran ini belum mahir berbahasa inggris. Jadi cukup menyulitkan kami …. Walhasil …. , bencana salah pesan minuman pun terjadi pula disini 🙂

Western Mahua Beef Noodle

Oia, jangan lupa dengan jam buka dan tutup toko di daerah ini. Waktu itu saya pernah nanya ke reseosionis penginapan kami,  Bell Tower Youth Hostel, sayangnya saya lupa jawaban yang diberikan. Kalau ga salah bukanya sekitar jam 10 siang dan tutup juga jam sepuluh malam. Oia, makanannya juga bisa di bungkus / take way yah. Asal kamu pintar “berkomunikasi” dengan penjualnya. Dan juga, disini banyak pedagang buah yang menjual buah-buah yang sudah dipotong. Oia,,,, tentang buah…. Harga di pasar ini (bisa) lebih murah setengah harga kalau kamu beli di daerah keramaian loh. Ingat yah … cari yang ada tulisan Halal-nya okeh … eh masa’ buah halal ….

Selain kuliner halal, buat kamu yang tidak memiliki pantangan bisa menikmati berbagai makanan lainnya loh. Yah tinggal siapin uang dan perut kamu aja. Oia, sedikit oot … tau kan dengan berbagai benda kw made in Tiongkok yang biasa kita jumpai di negara kita. Nah disana, ada yang lebih wah …. Convenience Kw … hahahah …. Di kota Xian saya menemukan dua seven eleven kw loh 🙂