Pakai Flip , lupakan biaya tranfer antar bank

Beberapa waktu lalu di sebuah perjalanan menuju tempat isi perut a.k.a warung makan yang sudah super duper telat, gua dikasih tau teman ada sebuah aplikasi yang bisa membantu kita melupakan biaya transfer antar bank. Singkat cerita, topik itu hilang dari ingatan ditelan bumi seiring proses kami menikmati makanan resto yang sudah disajikan. Eh tiba2 ga ada ujan, petir apalagi tukang pak pos yang datang malam2 …. Selagi menikmati acara tv malam minggu sekaligus buka laptop keingatan lagi topik ini…. jreng jreng jreng

Beneran gua cuman ingat topik ini, ga ingat namanya. Gengsi donk malam2 nanya2 ke WA, jadi nanyanya ke google aja “aplikasi gratis transfer uang”. Eng ong eng …. Langsung muncul di urutan pertama flip.id. Dan aplikasi di urutan ini pun muncul di urutan pertama bukan sebagai iklan berbayar tapi kalau ga salah istilahnya organic search. Jadi memang topik itu yang paling dicari oleh orang.

Flip ( fb haiflip )
Flip ( fb HaiFlip )

Namanya produk baru, ada baiknya baca2 dululah. Tak kenal maka tak sayang. Singkat cerita lagi, kenapa aplikasi ini bisa mengurangi biaya transaksi transfer antar bank. Karena “aplikasi” ini bagaikan penghubung dua bank. Jadi ketika kita akan mau mentransfer dari akun BCA ke CIMB. Maka dari akun BCA kita, dana kita transfer ke akun BCA milik Flip. Nah setelah proses verifikasi penerimaan dana valid, pihak flip akan mentransfer sejumlah dana yang sama dari akun CIMB milik Flip ke akun CIMB tujuan kita. Sedangkan kode unik yang kita transfer masuk ke akun deposit kita.

Nah trus kenapa di awal gua sebut flip dan kemudian ganti jadi “flip”. Karena memang nama aplikasi mereka Flip, websitenya flip.id. Nah tentang “Flip” ( dengan kutip) karena proses verifikasi penerimaan dana kita di akun BCA milik Flip dan proses transfer dari CIMB milik Flip ke CIMB tujuan kita dilakukan oleh operator, walau dibantu sistem. Jadi bukan benar2 sistem online yang 100% online kayak melalui ATM dan teller.

Karena dilakukan oleh operator, maka ada kemungkinan selisih waktu antara proses verifikasi sampai dikirim ke akun tujuan kita. Apalagi kalau jumlah customer yang transfer cukup banyak. Mereka pun memiliki jam kerja kayak karyawan. Jadi kalau kita mau transfer di luar jam operasional, transaksi kita akan diproses pada jam kerja mereka dihari kerja berikutnya.

Trus kenapa mengurangi ?

Untuk kita yang suka gratisan, kita dapat menggunakan aplikasi ini sampai batas transfer Rp. 5 juta per hari. Nah kalau mau lebih, yah harus registrasi lagi dengan tambahan biaya administrasi. Ga lupa cari2 lagi info lainnya, ternyata aplikasi ini baru berusia 1 tahunan, launch akhir 2015 tapi sempat stop pertangahan 2016 untuk melengkapi persyaratan BI. Yap beneran, aplikasi ini saat ini milik PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi yang kantornya di Komp. Timah BB. No. 71 RT/RW: 004/012, Tugu, Cimanggis, Depok dan dapat izin bi Tanggal 4 Oktober 2016. Tim di balik Flip adalah Rafi Putra Arriyan, Luqman Sungkar, dan Ginanjar Ibnu Solikhin. Ketiganya merupakan jebolan Universitas Indonesia (UI) dan di bawah pengawasan Direktorat Inovasi dan Inkubasi UI

Daftar

Disingkat lagi …. Waktunya coba-coba. Langsung saja ke proses pendaftaran, yang gratis aja donk. Kan coba2.  Tidak neko2, halaman utama cukup sederhana. Ke proses pendaftaran yang cukup singkat, hanya memasukkan data kita … Standart pula tuh, ga neko2 kayak nanya2 kerja, penghasilan, status sekolah, status dengan si dia dll…. HayyaH Mungkin karena masih baru kali yah … Nah setelah itu langsung verifikasi no hp dan email, standar juga.

Verifikasi tatap muka

Nah, pas kelar verifikasi hp dan email, gua baru ingat cerita teman bahwa kita perlu verifikasi tatap muka dengan agen mereka. Nah kelar verif hp dan email tadi, kita akan dialihkan ke halaman yang berisi jadwal verifikasi tatap muka. Karena mereka pun perusahaan yang baru berdiri, jadi tampilannya pun sederhana. Form sederhana yang diembed dari typeform.io dan link ke blog mereka yang menggunakan medium.io.

Kata teman gua yang pertama kali ngasih tau di awal cerita paling atas, saat itu dia hanya ketemuan di stasiun / halte trus foto KTP kelar deh.  Nah yang paling mudah, disitu ada link untuk gambung ke grup wa berdasarkan lokasi verifikasi kita (bukan lokasi KTP) yah. Jadwal verifikasi tidak ada setiap hari, jadi kita cocok2-an. Mungkin saat itu weekend, jadi ada jadwal yang cocok.

Flip - Proses Tatap Muka
Flip – Proses Tatap Muka

Tatap muka akan Meetup

Singkat cerita lagi, saya gabung ke 3 grup wa berbeda terkait jadwal verifikasi. Akhirnya setelah bertanya tentang perlu tidak mengisi form tatap muka jika pidah lokasi verifi, ternyata tidak perlu. Yang penting pastikan ke pihak verifikator saja lokasi meetup kita. Akhirnya minggu sore saya bertemu dengan verifikator dari Flip, mas Fachri. Ketika bertemu , dia langsung straight to the point memperkenalkan diri dan menjelaskan proses ini. Saya hanya diminta menulis email saat registrasi di Flip kemudian memotret KTP / Id kita. Tidak ada foto muka yah …. Jadi ga perlu make up manis-manis dan ganteng yah. Nah setelah proses foto, yah proses tatap muka ini selesai. Yap beneran selesai. Jadi selanjutnya menunggu proses penginputan data.

Senin

Senin siang selesai makan siang iseng2 cek email, ada notif email masuk dari flip kalau verifikasi sudah selesai dan fasilitas transfer sudah bisa digunakan. Jadi dari proses malam minggu , Senin siang ini sudah bisa digunakan. Tarra ….

Transfer pertama

Kesampean juga untuk menggunakan fasilitas ini. Targetnya dari BCA ke CIMB. Saya menggunakan Apps saja. Membuka apps kemudian login, wellcome screen setelah berhasil login akan muncul link menu “kirim uang

Tekan menu itu lalu ikuti perintah di aplikasi, tanpa membaca petunjuk penggunaan, menurut saya aplikasi ini cukup mudah digunakan. Mulai dari rekening asal kita, rekening tujuan semua dalam satu halaman aplikasi. Setelah itu halaman review transaksi yang akan dilakukan, juga halaman Syarat dan Ketentuan. Lanjut ke halaman selanjutnya adalah proses keuangan dari kita transfer ke akun flip kemudian flip transfer ke akun tukuan kita. Proses keuangan ini yang memakan waktu berbeda2, mulai kita transfer, verifikasi dan transfer.  Setelah kita mengkonformasi sudah transfer dana, aplikasi akan memunculkan no antrian kita. Sebelum konfirmasi kita masih bisa membatalkan transaksi.

Yang “out of the box” karena bertransaksi menjelang waktu sholat ashar, pada waktu sholat ashar aplikasi menampilkan pesan mereka sedang sholat.

Setelah semua proses selesai, kita akan menerima pesan sudah selesai. Secara keseluruhan waktu proses sejak saya memulai transaksi sampai selesai memakan waktu 40menit. Ini termasuk waktu sholat yah. Nah kita pun akan menerima bukti transfer ala2 mereka gitu 😑

Nah saya juga memasukkan “pesan” saat bertransaksi, nah di rekening penerima pesan yang masuk jadi “pesan_kita via flip” … Lucu kan ada pesan sponsornya. Eh, selain itu kamu juga menggunakan opsi ” kirim pesan ” ke email penerima uang. Saat transfer ke flip, kita akan dikenakan kode unik. Kode unik ini akan menjadi deposit kita, setelah mencapai IDR 10.000, deposit dapat kita tarik. Sedangkan dana yang ditransfer ke tujuan, adalah sesuai order kita.

Flip - Bukti transfer di email penerima
Flip – Bukti transfer di email penerimaFlip – Bukti transfer

Percobaan Kedua

Percobaan kedua saya membuat dua transaksi yang dieksekusi bareng. Masih dari BCA ke Cimb. Mungkin karena dilakukan pagi sekitar jam 11 kurang, jadi transaksi cepat. Kurang dari 5 menit kelar. Walau dua transaksi, tapi saat kita transfer ke BCA flip, hanya satu kali. Nah eksekusi ke bank tujuan sesuai order yang kita input

Flip - CIMB
Flip – CIMB

Percobaan Ketiga

Flip - Bukti transfer BSM
Flip – Bukti transfer BSM

Percobaan ketiga saya menggunakan dua akun bank tujuan berbeda, BCA ke CIMB dan BCA ke Bank Syariah Mandiri ( BSM ). Hikss …. Masuk antrian 100-an … Wakakakak…. Tapi disini gua baru tau, walau dua transaksi ini no urutnya berurutan, tapi waktu selesainya berbeda. Mungkin tergantung koneksi bank juga kali yah. Dan ternyata jenis laporan tranafer yang saya dapat juga berbeda.

Plusnya

  1. Lumayan bisa transfer berulang, kamu bisa menghemat biaya transfer.
  2. Ada waktu kerjanya loh, eh tapi transfer beda bank lewat atm juga ada limit waktu kan.
  3. Bank yang dilayani masih terbatas yah
  4. Bukti transfer ala2 mereka mungkin jadi masalah untuk pihak2 tertentu. Karena bukan struk ala mesin atm ataupun teller bank.
  5. Saya suka aplikasinya merahhh ….

Minusnya ….

  1. Yang ga gua suka, gua dipanggil kk …. wakakakkakakakakkakakakakakaka ………….
  2. Ada bagusnya saat kita disuruh transfer dana, ditampilkan juga estimasi no antrian …

 

Flip - Halaman utama dan bikin transaksi
Flip – Halaman utama dan bikin transaksi

 

Flip - Halaman TnC dan Progresss
Flip – Halaman TnC dan Progresss

About

Anak ini katanya nih suka jalan2 sebagai bagian dari kehidupan sehari2 untuk mensyukuri dan dunia dengan mata sendiri . . . Padahal dompet kembang kempis ... hoplah ...

View all posts by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *