Mudahnya mencari masjid dan makanan Halal di Beijing (1)




Niu Jie Mosque Beijing Mudahnya mencari masjid dan makanan Halal di Kota beijing

Masih bagian dari perjalanan kami di Kota Beijing , kali ini saya akan cerita sedikit tentang masjid dan makanan halal di Kota Ini. Sedikit mengulang cerita sebelumnya juga, tapi yang di kota Xi’an yah. Di kota itu, ada Xi’an Great Mosque [ baca] yang merupakan masjid terbesar dan tertua di negara China. Dan di sekitarnya ada komunitas muslim dari beberapa negara yang menjual makanan halal dengan berbagai cita rasa. Kawasan sekitar Great Mosque ini yang menawarkan tantangan wisata kuliner halal di kota Xian.

Namun beda cerita dengan Beijing, kota kedua yang kami kunjungi di negara Tiongkok. Menggunakan bantuan google maps, sebenarnya kami menemukan beberapa masjid di Kota ini. yap beneran loh …. beberapa…. lebih dari satu … Dan sama seperti di Kota Xian, masjid di sini juga “ditemani” kawasan / rumah makan yang menyajikan makanan halal.

Tulisan ini masih kelanjutkan dari perjalanan kami selama beberapa hari di kota Xian, Beijing dan Shanghai. Semua tulisan bisa dilihat di halaman #chinamay2016 yah.

Niu Jie Mosque
Niu Jie Mosque

Niu Jie Mosque Beijing

Mungkin Masjid Niu Jie masjid yang paling dikenal. Salah satunya karena masjid ini ini terletak di jalan yang sangat ramai, Niu Jie. Jie sendiri artinya jalan,  Jadi Niu Jie itu jalan Niu. Niu Jie yang terdiri dari 4 jalur jalan raya ini dilewati oleh berbagai angkutan umum. Kunjungan kami ke sini menggunakan bus umum loh. Jarak dari Tiananmen sekitar 5-6 km




Selain itu, masjid ini merupakan masjid yang terbesar dan tertua di kota Beijing. Pertama kali dibangan pada tahun 996 dimasa Dinasti Liao. Masjid dibangun menggunakan arsitektur China tradisional ditambah ornamen kaligrafi pelengkap interior masjid. Setelah pembanguna pertama, sampai saat ini masjid sudah mengalami renovasi berkelanjutkan.

Sama seperti Xi’an Great Mosque, Pemerintah Republik rakyat Tiongkok sudah menjadikan masjid ini sebagai objek wisata Muslim baik untuk muslim maupun non muslim. Bedanya … bagi mereka yang muslim diperbolehkan masuk sampai area tertentu. Sedangkan hall utama ruang sholat hanya diperuntukan untuk umat muslim. Mereka memasang pagar kayu sebagai batas ruang ibadah. [ wikipedia ]

Niu Jie Muslim Restaurant, Beijing
Niu Jie Muslim Restaurant, Beijing

Niu Jie Muslim Supermarket

Sebenarnya tepat di depan Niu Jie Mosque, ada beberapa restoran yang mencamtumkan logo ” halal “. Sayangnya, melihat restoran bagus kami langsung Jiper. Harap maklum, kami baru menimkati 50% dari itin perjalanan. Jangan sampai gara2 makan di tempat mewah kami malah keteteran. Padahal di Xian, kami makan mewah loh…:)

Selain masalah “mewah” sebenarnya ada alasan lain. Niu Jie Muslim Supermarket Food City ini letaknya paling 100 mtr dari Niu Jie Mosque, nah yang bikin istimewa …. bangunan supermarkete yang terdiri dari basemen, lantai dasar dan latai atas ini banyak menjual makanan halal.

Lantai basement dan dasar layaknya supermarket yang ada di kota2 besar di Indonesia. Menjual berbagai kebutuhan sehari2 dan juga berbagai makanan halal. Dari roti, coklat , susu, biskuit , sosis siap makan dll sebagian besar merupakan makanan halal.

Nah lantai paling atas itu merupakan foodcourt yang menjual makanan halal. Menu makanan pun sangat bervariasi. Dari menu nasi a.l.a touch screen warteg …. tunjul trus diambil, sampai makanan berkual seperti mie2 dan lain. Tapi, disini pembayaran menggunakan kartu eltronik yang berisi deposit uang kita.

Jangan lupa baca juga cerita kami kedinginan di Muntianyu Tembok China

Hati2….

Satu hal yang paling perlu diperhatikan, porsi makanan yang disajikan sangat besar loh. Untuk seukuran saya aja, itu sudah sangat mengenyangkan. Apalagi buat kalian yang makan cukup seditit. Ada baiknya memesan satu persatu untuk melihat makanan yang disajikan.

Tulisan selanjutnya masjid tentang masjid dan makanan halal di kota Beijing, ada Dongsi Mosque dan juga Wangfungjind Street loh …. baca selengkapnya ….

 




About

Anak ini katanya nih suka jalan2 sebagai bagian dari kehidupan sehari2 untuk mensyukuri dan dunia dengan mata sendiri . . . Padahal dompet kembang kempis ... hoplah ...

View all posts by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *