Lantai Kaca di Oriental Pearl Tower Shanghai

Oriental Pearl Tower

Jika tadi malam kami menikmati wisata pedestrian sekitar Nanjing Road dan The Bund. Sebuah lokasi di mana kita dapat melihat bangunan2 art deco ala Eropa berjejer di pinggir sungai. Nah kali ini kami akan menikmati bangunan yang ada di seberang nya. Kalau The Bund terkenal dengan bangunan art deco-nya, maka kawasan Pudong mendapat julukan Shanghai modern.

TULISAN INI MASIH KELANJUTKAN DARI PERJALANAN KAMI SELAMA BEBERAPA HARI DI KOTA XIANBEIJING DAN SHANGHAI. SEMUA TULISAN BISA DILIHAT DI HALAMAN #CHINAMAY2016 YAH.

Sebenarnya ada beberapa objek wisata di sekitar daerah ini, seperti wisata kapal di sungai Huangpu …. wisata kulimer di restoran, wisata museum dll …. karena keterbatasan waktu sekaligus badan yang mulai berkurang, maka pagi ini kami manfaatkan untuk berkunjung ke oriental pearl tower shanghai. Setelah itu kami mencari satu masjid lagi yang letaknya tidak jauh dari lokasi ini.

Oriental Tower Shanghai
Oriental Tower Shanghai

Oriental Pearl TV and Radio Tower

Yap, sebenarnya ini menara TV sekaligus Radio. Terletak tepat di pusat kota Shanghai. Bangunan mulai digunakan pada tahun 1994. Jadi masih termasuk baru kan bangunan ini. Total tingginya sekitar 460-mtr. Tapi observatorium untuk pengunjung yang tertinggi terletak di ketinggian 350mtr.

Seperti yang saya tulis di blog sebelumnya, sebenarnya ada tunnel dibawah sungai …. yang menghubungkan kawasan The Bund dan juga sekitar Pearl Tower. Sayangnya, saat itu kami tidak mengetahui. Tapi …. sekalipun kami tau, kayaknya saya harus berpikir ulang jika pagi ini harus menyusuri trotoar Nanjing Road sampai The Bund lagi. Jika kemarin kami kesulitan a.k.a nyasar saat menggunakan subway. Kali ini kami sudah tidak salah. Sebenarnya gua masih penasaran, pagi ini saat turun (keluar) subway kami masih harus jalan melewati perkantoran kemudian menyeberang jalan besar. Memang sih jaraknya tidak seperti saat kemarin kami salah turun subway menuju penginapan kami harus jalan jauh. pagi ini setelah keluah subway, menaranya cukup dekat dan sudah terlihat, paling jalan 5 menit aja.

BACA JUGA TENTANG RIBUAN PATUNG TERRACOTA DI XI’AN YAH

Langsung menuju loket penjualan tiket.

Untungnya antrian pagi ini di depan tidak terlalu ramai. jadi kami hanya mengantri beberapa orang saja. sepertinya sih ada loket lain juga yang khusus membawa kendaraan ataupun rombongan. Kalau melihat menara ini, bagaikan menahan tiga bola besar. Ketika bola ini sebenarnya obsevatorium yang bisa kita kunjungi sesuai dengan kemampuan kita. Mampu dana, mental, tenaga dan waktu. Kita bisa membeli tiga jenis paket tiket.

Ticket Types Time Price
Combo Ticket (upper sphere, Municipal History Museum and Huangpu River Cruise) 08:30 – 21:30 CNY 230
Space Module, upper sphere, lower sphere, and Municipal History Museum 08:30 – 21:30 CNY 220
upper sphere, lower sphere and Municipal History Museum 08:30 – 21:30 CNY 160
Municipal History Museum 08:30 – 21:30 CNY 35

*https://www.travelchinaguide.com/attraction/shanghai/oriental_pearl.htm

Oriental Tower Shanghai Tower
Oriental Tower Shanghai Tower

Municipal History Museum

Paling bawah adalah museum. Museum ini berisi tentan sejarah dan perkembangan kota Shanghai dan negara mereka. Berbagai alat peraga ditampilkan di museum ini. Tapi semuanya tampa ada sentuhan teknologi modern loh. Btw …. museum ini benar2 masih di bawah loh, tidak perlu naik lift. Jadi aman bagi kamu yang takut akanketinggian.

Obsevatorium bawah paling rendah berada di ketinggian 90mtr. Disini seperti berada di puncak Monumen Nasional, Jakarta. bagian luar dipasang pelindung agar kita tidak loncat kebawah …. anginnya saat kami berkunjung sepoi2 euiii. Obsevatorium ini terdiri dari dua lantai, nah lantai atasnya itu cmn diisi sama dingdong aja …. jadi ingat saat kami berkunjung ke Observatorium Deck Tokyo Government Tower. Bagian obsevatorium diisi booth penjual yang berbagai penjual mainan dan semacam dingdong.

Obsevatorium kedua ada di ketinggian 250mtr. Ukurannya jauh lebih kecil, tapi sama seperti yang bawah, juga terdiri dari dua lantai. Nah disini-lah kamu bisa uji nyali kamu melewati lantai yang berupa kaca bening. Nah observatorium teratas ini jauh lebih kecil, kan sudah diatas. Terletak di ketinggian 350mtr. Mereka menyebutnya space capsule.

BACA JUGA CERITA KAMI KEDINGINAN DI MUNTIANYU CHINA GREAT WALL 

Naik ke atas

Setelah membeli tiket kami langsung mencari pintu masuk. Menuju lift utama ke ketinggian 250mtr, observatorium kedua. lift dengan kapasitas sekitar 15-20 orang ini mengantar kami dari lantai bawah menuju hanya dalam hitungan detik loh. Sebenarnya di dalam lift ini ada woman staff yang menjaga lift. Nah saat lift ini naik, si mbak ini sepertinya memberikan penjelasan singkat. Tapi dia menggunakan bahasa mandarin. Jadi saya ga tau juga yang dibicarakan apa yah.

Saya penasaran …apakah kita bisa naik ke lantai 90mtr dahulu baru naik ke 250mtr ini …

Setelah beberapa detik di dalam lift, kami tiba di atas dan pintu langsung dibuka. Di ketinggian ini tidak ada yang istimewa. Observatorium biasa berdinding kaca dengan lantai beton. Di lantai ini ada beberapa tempat duduk yang bisa kamu nikmati untuk melepas lelah. ada juga beberapa booth cenderamata.

Uji Nyali.

Kalau kamu mau uji nyali, turunlah ke lantai bawah dari observator ini, pakai tangga yah jangan naik lift lagi. Masih sama sih observatorium juga. Bedanya …. satu meter terluar dari lantai ini berupa kaca bening. Dan kita dapat langsung melihat ke bagian bawah dari tower ini setinggi mungkin 240-an mtr kali yah. Kamu tinggal cari spot yang nyaman buat kamu … cekrek2 aja deh ,,,

 

Lanjutannya ada dimari yah ….. >>>

About

Anak ini katanya nih suka jalan2 sebagai bagian dari kehidupan sehari2 untuk mensyukuri dan dunia dengan mata sendiri . . . Padahal dompet kembang kempis ... hoplah ...

View all posts by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *