Hati2 jebakan saat foto di Oriental Pearl Tower Shanghai

Lanjut cerita kita di atas Oriental Pearl Tower Shanghai Yah. Kalau belum baca, mending dibaca dulu dimari …

fotografer di Oriental Pearl Tower

Nah, sudah jadi rahasia umum di tempat2 tertentu menyediakan fotografer professional. Nah disini pun ada. sayangnya, di lokasi tempat foto ini tidak ada infomasi tentang biaya yang harus kita siapkan. Ketika saya mencoba bertanya kepada dua orang staff yang stand by di lokasi foto pun mereka tidak paham bahasa kami. Walhasil, dia cuman bilang ” foto2 dan later2 “. Agak serem juga sih, karena seringgnya membaca penipuan yang berkaitan dengan uang dan tarif.

Tapi sayang juga karena kami tidak ada foto berdua dengan view kaca ini. nah, akhirnya setelah hitung2 kancing ( padahal pakai kaos ) alhirnya kami ikut saja. Ambil posisi tiduran … cheesss … jegrek …. eh … cekrett cekrett …. dari pose berdua sampai sendiri2. Kalau ga salah ingat masing2 3 pose berbeda.

TULISAN INI MASIH KELANJUTKAN DARI PERJALANAN KAMI SELAMA BEBERAPA HARI DI KOTA XIANBEIJING DAN SHANGHAI. SEMUA TULISAN BISA DILIHAT DI HALAMAN #CHINAMAY2016 YAH.

Sebenarnya istri rada2 takut naik ke sini, yang berakibat saya dan teman lain terpisah. Teman2 sudah naik duluan. Namun semua demi sebuah foto eksistensi. Ternyata saat kami tiduran di lantai ini, sudah ada kamera dslr yang digantungkan di bagian atas kami. Jadi bukan lagi fotografer yang menggunakan tangga ataupun tongsis. Setelah beberapa pose pemotretan, kami langsung diarahkan ke bagian dalam ruang.

Di bagian dalam ini, ternyata ada booth tempat nyetak2 foto.

Oriental Tower Shanghai
Oriental Tower Shanghai

HATI2 ZONK SAAT CETAK FOTO

Kalau diluar tadi dilayanin sama staff co. Di dalam booth ini yang ngelayanin ce, single fighter. Mastiin lagi berapa harganya …. dia cuman bilang 30yuan. Awalnya agak bingung …. kami kan foto beberapa kali, ini 30 yuan satu foto atau semuanya ? Dengan bahasa yang terbatas, akhirnya kami mengerti …. 1 foto yang dicetak itu 30yuan . jadi pose yang tadi itu ga bayar, kita bayar yang kita cetak. hati2 sama mbaknya yang sedikit memaksa agar kita pilih semua …. foto kita akan dicetak dalam ukuran A5 kemudian kita diberikan amplop. Tapi sayangnya …. dikanan bawah ada footer yang sangat mengganggu, itu ternyata QR

BACA JUGA CERITA KAMI KEDINGINAN DI MUNTIANYU CHINA GREAT WALL 

Naik ke space Capsule

Setelah foto, kamu masih bisa naik lagi ke bagian atas menara, space capsule. Namun ini perlu tiket lagi yah. kalau kamu sudah beli yah tinggal naik. Untuk naik ke atas, kita diwajibkan menggunakan pelapis alas kaki. itu tuh kayak yang dipakai buat melapisi microphone. Setelah menggunakan alas kaki ini , kita masuk lift lgi menuju atas. liftnya beda sama yang naik tadi yah. Dan naiknnya juga lebih sebentar, hanya sekitar 100 mtr aja.

Beda tingginya mungkin sekitar 100mtr lah. Obsevatorium ini lebih kecil. sesuai​ namanya, space capsule. Lantai ini jauh lebih kecil dan sepertinya kedap dari udara luar jadi mirip di pesawat kapsul. Nah interiornya pun dibuat seperti dalam kapsule. Kemudian disediakan jendela2 kecil untuk kita melihat ke bagian luar dari ketinggian ini. Jadi kita memang dibuat serasa di dalam kapsule ruang angkasa.

Di bagian ini, tidak ada lagi penjual suvenir dan juga lainnya. Hanya interior dipasang lampu2 bercorak biru mungkin seperti di angkasa yah. Sebenarnya ada tayangan interkatif yang menggunakan 3d, sayangnya mereka tidak menyediakan versi bahasa lainnya. Sehingga saya cuman ngeliat aja tanpa mengerti apa yang mereka tayangkan. hahahah.

Turun ….

Setelah menikmati space kapsule ini, saya turun lagi menuju lantai 90mtr. Karena tadi naik kan kami langsung ke 250mtr. Namun untuk turun ke 90mtr, saya harus menuju ke lantai2 250mtr terlebih dahulu untk melepas pelindung alas kaki kemudian berganti lift lagi. Dan ternyata benar …. lift menuju 90mtr ini beda lagi, saat turun dari 250mtr ke 90mtr liftnya akan melewati bagian terbuka dari tower ini. Jadi ada beberapa detik kita bisa melihat bagian luar lift loh.

Nah seperti di bagian tulisan sebelumnya, observatorium di 90mtr ini kan seperti di Monumen Nasional Jakarta. Jadi selagi di ketinggian ini,saya menikmati kecangnya angin sepoi2 pagi menuju siang hari ini. Dan untungnya …. pagi ini cuacanya sangat cerah. Beda dengan hari kemarin yang sempat turun hujan.

Oriental Tower Shanghai
Oriental Tower Shanghai

BACA JUGA TENTANG RIBUAN PATUNG TERRACOTA DI XI’AN YAH

IT Man

Di kemudian hari ketika saya sudah di Jakarta. Saya coba scan kode qr yang ada di foto tadi. Ternyata itu merupakan url sebuah halaman. Buka url yang diberikan, kemudian masukkan kode unik yang ada di bawah qr itu. Tarra …. muncul foto asli kita yang masih polos dan bisa kita download loh

tips trik

  • buat yang hobi2 narsis sebaiknya datang pagi hari.
  • kalau kamu takut dengan kaca transparan, naik ke ketinggian 260 mtr tetap aman kok. karena lantai transparan kan cuman sebagian aja …. lebih tepatnya cuman bagian luar aja. bukan seluruh lantai.
  • buat yang takut dengan area tertutup dan kecul, sebaiknya mempertimbangkan untuk naik ke space capsule. karena memang lantai teratas ini cukup kecil.
  • btw …. semua lantai ada free toilet loh.
  • trus di lantai 260m juga ada free wifi.

About

Anak ini katanya nih suka jalan2 sebagai bagian dari kehidupan sehari2 untuk mensyukuri dan dunia dengan mata sendiri . . . Padahal dompet kembang kempis ... hoplah ...

View all posts by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *