Drum Tower & Bell Tower, Menara Bersejarah di pusat kota Xi`an




Guys, kite lanjutin cerita sign seeing kota xian yah. Sebelumnya udah ada kuliner halal di kota Xian  dan juga Xian Great Mosque. Masih ada beberapa objek wisata, drum tower dan bell tower. Lokasi kedua objek wisata ini masih berdekatan kawasan muslium street dan juga Xi’an Great Mosque. Kemudian Big Wild Pagoda, lokasinya agak menjauh sekitar 3 km. Sebenarnya deket sini masih ada City Wall, tapi akan gua tulis terpisah aja karena ceritanya agak panjang kali lebar kali tinggi.

DrumTower - Depan
DrumTower – Depan

Sekilas pandang

Tidak jauh dari xian great mosque. Hanya beberapa meter dari lokasi kuliner halal  …. Sebenarnya bersebelahan sih. … Lebih tepatnya lagi bersebelahan dengan Restoran Westert Mahua Beef Noodle …. Itu tuh restoran halal yang gua bilang di cerita kuliner …. Restoran ini memiliki cita rasa yang cocok untuk kita-kita.

Cuaca di kota Xian saat itu cukup nyaman untuk dinikmati. Tidak terlalu panas, yah mirip2 kota Jakarta lah. Walau menjelang libur panjang hari buruh, tapi aktifitas masih berjalan dengam normal. Kamipun mengenakan pakai yang biasa dipakai selama di Indonesia.




Drum tower ini terdiri dari beberapa lantai. Sebagai bangunan peninggalan dinasti Ming pada tahun 1380. Jangan berharap ada fasilitas eskalator dan lift yah. Penginapan kami Bell Tower Youth Hostel, pun hanya seperjengkalan dari drum tower sini. Yah paling2 cuman 150mtr. Sekitar 5-10 menit jalan melewati underpass yang terhubung ke bell tower ( akan juga ditulis di bagian cerita ini ) dan juga kereta bawah tanah.

Pagar berwarna hitam setinggi 2 mtr mengelilingi bangunan ini dari kegiatan jual beli pedagang kaki lima sekitar sini. Ada yang berjualan mainan, makanan. Bahkan malam hari saya sempat melihat ada jasa peminjaman teropong bintang loh …. Awalnya cukup kaget ko ada yang bawa benda berdiameter besar setelah saya perhatikan ternyata teropong bintang … Yah emang sih waktu itu , malam cukup cerah.

Drum Tower
Drum Tower

Drum tower

Memasuki gerbang utama bangunan ini, kita akan disambut dengan loket tiket. Ya iyalah, beli tiket dulu. Dan sama seperti objek2 keramaian lain di negara ini, kemudian kita melewati mesin xray juga loh.  Tangga akan menanti kita setelah melewati mesin xray. Ga terlalu tinggi sih, untuk ukuran saya yah.

Bangunan ini masih cukup terawat layaknya candi2 di Indonesia. Dibuat dari tumpukan batu Di lantai 1 ini kamu akan melihat sebuah hall yang tidak terlalu luas. Hall ini indoor a.k.a bangunan utama.  Untungnya …. Saat kami datang ada pertunjukan alat musim drum. Cukup lama sih. Dan ini tidak perlu beli tiket lagi. Tinggal masuk trus cari posisi enak untuk menikmatinya. Tidak ada fasilitas kursi di dalam hall ini.

Oia, dari bagian luar bangunan ini kita dapat melihat bell tower loh. Bangunan yang teletak di tengah2 persimpangan jalan. Jangan lupa, naik juga ke lantai atasnya. Karena viewnya lebih luas, tapi spot fotonya lebih sedikit sih.

Setelah mengunjungi bangunan ini, tidak ada salahnya jika kamu lanjut Bell Tower. Letaknya pun tidak terlalu jauh. Dengan berjalan kaki sekitar 100mtr, kamu akan melewati beberapa kios penjual suvenir2 dan juga taman di sisi lainnya.

Xian Bell Tower - #chinamay2016
Xian Bell Tower – #chinamay2016

Bell tower

Taman dan kios penjual suvenir2 akan menuntun kita dari Drum Tower sampai ke pintu masuk underpass. Underpass ini juga dimanfaatkan sebagai tempat penyebrangan warga. Karena terletak di tengah2 persimpangan jalan, maka pejalan kaki melawati underpass yang ada memutari Bell Tower.. Kita harus melewati underpass untuk masuk ke lokasi ini.

Melalui underpass ini pula kita menuju loket penjualan tiket masuk. Di lorong yang menghubungkan underpass dan juga pintu masuk menuju Bell Tower. Setelah membeli tiket kita melewati lagi mesin xray. Setelah melewati mesin canggih ini barulah kita bisa melihat bagian dalam bell tower.

*Kami membeli tiket terpisah di Drum Tower dan Bell Tower. Kami baru tau di sini ada tiket terusan , jd terpaksa kami beli tiket yabg berbeda. Sedangkan di Drum Tower, tidak menemukan petunjuk adanya tiket terusan.

Setelah melewat proses X-ray, kita akan langsung jalan menuju pelataran Drum Tower ini. Di bagian luar sekeliling aula tersedia beberapa bangku untuk tempat bersantai sambil menikmati pemandangan kota Xi`an. Lumayan untuk melepas lelah. Yap, karena sebenarnya kita kan masih di dalam persimpangan jalan.

Bell Tower
Bell Tower

Amazing View

Dari atas ini kita dapat melihat ke 4 sisi kota xian. Sisi barat ada tembok xian yang dapat kita lihat dengan jelas. Sebenarnya sisi lain juga sih, cuman karena jaraknya jauh jadi ga keliatan. Bangunan bersejarah ini telah mengalami beberapa kali renovasi. Akhirnya ada tahun 1996 pemerintah kota Xi`an memutuskan untuk membuat drum berukuran besar setinggi 1,8 meter dan berat 1,5 ton, dengan diameter permukaan sebesar 2,83 meter. ( www.chinahighlights.com )

Nah yang tidak kalah seru adalah bunga warna warni yang mengelilingi menara ini. Sayangnya dipasang pagar, sepertinya taman2 ini tidak bisa diakses oleh umum. Padahal warnanya sangat menarik sih. Karena letaknya di tengah pusat keramaian, cukup mudah mencapai lokasi ini. Menggunakan MRT line 2 turunlah di stasiun Bell Tower. Nanti kamu langsung keluar di underpass di bawah Bell Tower.

Nah yang saya suka di lokasi ini, karena letaknya di tengah kota. Kita pun bisa melihat sama2 matahari terbenam dan juga kendaraan yang ada di jalanan mengelilingi lokasi ini.

Have a nice trip

City Wall dilihat dari Bell Tower
City Wall dilihat dari Bell Tower




About

Anak ini katanya nih suka jalan2 sebagai bagian dari kehidupan sehari2 untuk mensyukuri dan dunia dengan mata sendiri . . . Padahal dompet kembang kempis ... hoplah ...

View all posts by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *