Cara murah ke Mutianyu Tembok China




Intermezo

Sesuai dengan negaranya, menurut saya salah satu lokasi wajib yang harus dikunjung ketika berada di negara China/Tiongkok ya Tembok China. Alasan kenapa saya menyebutnya HARUS …. karena kamu akan berkunjung ke salah satu objek wisata yang masuk ke dalam keajaiban dunia…… bangunan atau objek wisata ini juga masuk kedalam World Heritage Convention UNESCO no. 438 ( http://whc.unesco.org/en/list/438 ) …. ini lembaga dunia di bawah PBB yang mengurusi masalah bangunan-bangunan bersejarah.

Tulisan ini masih kelanjutkan dari perjalanan kami selama beberapa hari di kota Xian, Beijing dan Shanghai. Semua tulisan bisa dilihat di halaman #chinamay2016 yah.

China Great Wall Mutianyu
China Great Wall Mutianyu

Berkunjung ke objek wisata ini kamu bukan hanya sekedar melihat sebuah tembok …. tapi seperti diatas tadi, keajaiban ….. why sih ….

  1. Sebuah keajaiban yang dibuat +- 700 tahun yang lalu. Dengan total panjang sekitar 21.000km. Sedangkan yang ada di sekitaran kota Beijing aja +- 500mtr
  2. Kamu  akan berkunkung ke sebuah dinding yang tingginya 7-8 mtr tinggi ini sangat berbeda2, dan lebarnya 4-5 meter.
  3. Nah yang bikin wah …. kalau kamu berkunjung melalui kota Beijing kamu tidak akan bisa melihat ujungnya ….. kenapa ga bisa ….. karena ujung tembok ini berada ribuan km dari posisi kamu berada. Dengan total panjang hanya 21.000-an km. Nah …. ini kurang lebihnya kalau dari ujung barat ke ujung Timur pulau Jawa itu kan 1000 km ….. nah jadi ketauan kan kenapa kamu ga bakal bisa melihat ujungnya ….. sebenarnya sih bisa ….. tapi melihatnya dari atas a.k.a udara bukan darat ….

Kenapa memilih Mutianyu :

Ada beberapa alasan kenapa kamu sebaiknya masuk dari pintu ini :




  1. Pintu Mutiayu baru dirapihin tahun 2014 jadi masih rapih dan awpih.
  2. Belum banyak pengunjung ke daerah ini . Angkutan umum pun masih terbatas. Ada sih, tapi kalau ga salah cuman satu kali datang dan satu kali pulang. Atau pakai bus umum, dari halte bus terdekat kamu masih harus berjalan lagi sekitar 30 km.
  3. Pintu ini lokasinya sekitar 2 jam perjalanan dari kota Beijing, tidak terlalu jauh kan tapi masih mudah diakses dari pusat kota.
  4. Karena baru dirapihin dan memang sengaja untuk mendatangkan wisatawan lebih banyak, lapak-lapak penjual makan, restoran dan juga toko suvenir sudah tersedia.

Ada juga sih alasan situasional .. Pintu ini kami gunakan, karena kami datang bertepatan dengan libur panjang. Kalau ga salah hari buruh. Jadi untuk menghindari keramaian orang kami memilih lokasi masuk yang berbeda. Untuk info lengkapnya bisa baca di Travelchinaguide yah.

How to get there ….

Sesuai dengan judul-nya, kita akan menuju Mutianyu dengan cara murah. Kalau kamu mau kesana dengan cara paling mudah, kamu bisa menggunakan / membeli paket tour wisata menuju saja melalui jasa tur. Kembali ke paragraf diatas …. 21.000km yah ….. sangking panjangnya dinding ini, jadi untuk masuk ke objek wisata ini kamu bisa masuk dari beberapa pintu. Ada yang resmi maupun yang tidak resmi. Setiap pintu ini atau lokasi ini memiliki ciri khas tertertu. Tempat masuk yang terkenal dari Beijing bisa melalui Badaling, Mutianyu, Jinshanling dan Simatai, terletak sekitar 64km – 145km dari pusat kota Beijing. Kamu bisa mengunakan kendaraan umum, kendaraan pribadi maupun sewa.

Dari Stasiun Bus Dongzhimen , kamu harus jalan lagi menuju terminal( entah apa namanya ) kemudian menggunakan bus 916 / 916 Ekspress sampai Huairou North Avenue (Huairou Beidajie) Station. Dari Sini bisa menggunakan bus h23, h24, h35, atau h36 sampai Mutianyu. Kalau tidak mau menunggu, bisa menggunakan minivan dengan tarif CNY 50-60 per orang.

Baca juga tentang situs Terracota di kota Xi’an yah 

Jenis Tiket

Jenis tiket yang dijual pun berbeda2. Ada yang cuman tiket masuk kedalam Great Wall ada juga yang termasuk tiket cable car / kerera gantung dan juga prosotan. Semua ada biaya yang harus dikeluar kan sesuai selera. Kami sih memilih tiket masuk plus kereta gantung PP. Ini demi menghemat waktu dan juga tenaga selama berada di objek wisata ini. Sebenarnya di sini ada prosotan, tapi dengan cuaca hujan sepertinya imposible deh.

Tips berkunjung :

  1. Jangan salah kostum. Sebaiknya sebelum berkunjung itu liat ramalan cuaca terlebih dahulu.
  2. Mutianyu jauh loh. Jangan berangkat kesiangan.
  3. Selama berada di atas dindingnya. WC terdekat ada di masing2 ujungnya. ( ini ribet nulisnya, liat aja di foto diatas )
  4. Di dinding-nya, tidak ada wc dan juga warung makan. Nah lapak penjual terdekat kereta gantung

Mutianyu FAQ :

Tiket Masuk dan Jam Operasional :

Opening Hours April to October: 8:00 -17:00
November to March: 8:30-16:30
Admission Fee Adults: CNY 45
Seniors elder than 60: CNY 25 (valid ID or passport required)
Children between 3.9 feet (1.2 meters) and 4.6 feet (1.4 meters) in height: CNY 25
Children less than 3.9 feet (1.2 meters) in height are admitted free.

Kereta Gantung :

Visitors Single Trip Round Trip
Adults CNY 80 CNY 100
Children between 3.9 feet (1.2 meters) and 4.6 feet (1.4 meters) in height CNY 40 CNY 50
Children less than 3.9 feet (1.2 meters) in height Free of charge Free of charge

Perosotan : 
— Yang ini ga nemu datanya 🙂

Selanjutnya …. biar lengkap lanjut ke cerita kami secara lengkap ketika di Muntianyu yah …




About

Anak ini katanya nih suka jalan2 sebagai bagian dari kehidupan sehari2 untuk mensyukuri dan dunia dengan mata sendiri . . . Padahal dompet kembang kempis ... hoplah ...

View all posts by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *