Bus Wisata , TRANSPORTASI WISATA Nol Rupiah di Jakarta




Macet , panas mungkin itu yang paling sering dilihat di TV. Tapi , sebagai ibu kota Republik Indonesia , Kota Jakarta dengan segala ceritanya menyimpan berbagai objek wisata yang bisa dinikmati dengan berbagai cara.

Kali ini kita akan berpetualang menikmati beberapa objek bersejarah di Jakarta dari Jalan Merdeka Barat sampai ke daerah Kota aja ada.

Monumen Nasional…Monas. Ada pepatah belum ke Jakarta kalau belum masuk ke Monumen Nasional. Walau bukan terletak di titik 0 Jakarta, tetapi destinasi ini letaknya tepat di pusat kota Jakarta loh. Menu pastinya adalah naik ke pelataran puncak seluas 11mtr x 11 mtr monumen ini lalu melihat kota Jakarta di ketinggian 115 mtr. Tapi bukan hanya itu, di bagian bawah juga ada museum bawah tanahnya yang berisi diorama perjuangan kemerdekaan Negara kita juga ada naskah kemerdekaan Negara. Entah ini asli atau sudah replikanya ….

Beberapa Objek Wisata bersejarah di Jakarta
Beberapa Objek Wisata bersejarah di Jakarta

Ok, sekarang kita nyebrang ke sebelah barat Monas, ada Museum Nasional. Bangunan ini kadang juga disebut dengan Museum Gajah …. Why …. Karena ada patung gajahnya. Gajah ini pemberian raja Chulalongkron dari Thailand. Kalau kamu berkeliling museum ini, kamu bisa melihat banyak benda bersejarah dari Nusantara. Seperti arca-arca kuno. Barang-barang kerajinan dan juga prasasti. Karena lokasinya di pusat kota, jadi sangat mudah di lihat. Eh tau ga, Agustus 2016 tahun lalu di Museum ini diadakan Festival Habibie salah satunya mendatangkan secara langsung replika pesawat N250 loh…




Setelah dari Museum Nasional, kita lanjut lagi jalan ke utara sekitar 3 km. Museum Arsip, bangunan yang terletak di Jalan Gajah Mada ini bergaya arsitektur khas Eropa. Sayangnya, karena tidak terlalu besar dan terletak agak menjorok ke dalam, terkadang kita melewatkan bangunan ini. Bangunan yang dahulunya digunakan oleh pemerintahan Hindia Belanda maupun Indonesia dan sempat mau dirubuhkan ini saat ini dimanfaatkan sebagai ruang pamer umum dan kegiatan2 lainnya.

Ke Utara Jakarta

Nah ke Utara lagi, kita berhenti di dekat Taman Fatahillah. Berbeda dengan Museum Nasional dan Gedung Arsip yang letaknya berjauhan. Kalau di daerah ini kamu bisa menemukan beberapa bangunan bersejarah sekaligus loh. Ada Museum Bank Indonesia dan Bank Mandiri, Museum Wayang , Museum Seni Rupa dan Keramik serta Museum Fatahillah. Eh kata siapa masuk museum itu membosankan jika kita masuk dan berkeliling ke masing2 museum, maka kita akan mendapat bahawa setiap museum ini berisi berbagai hal yang sesuai dengan nama bangunannya tersebut. Jadi masing-masing museum punya keunikan masing-masing.

Traktiran gowes nih .....
Traktiran gowes nih …..

Masuk museum Bank Indonesia  kamu bisa melihat sejarah perbankan di Indonesia secara umum kemudian di Museum Bank Mandiri kamu akan melihat sejarah bank ini sejak jaman baheula. Ke dalam Museum Wayang dan Seni , kamu akan melihat sejarah kedua kesenian itu di Indonesia maupun di dunia. Kecuali Museum Fatahillah, yang isinya lebih banyak tentang sejarah Jakarta dan juga perjuangan di Indonesia. Jangan lupa cobain sepeda ontelnya donk. Jadi dijamin kamu ga akan bete dah.

Nah setelah kelar berkeliling keluar masuk museum, waktunya memenuhi kewajiban isi perut yah. Untuk urusan kuliner , di kawasan Fatahillah ini bisa dicoba untuk memenuhi selera kuliner kamu loh. Berbagai makanan khas Jakarta dijual di sekitar daerah ini. Dari murah sampai mahal. Ada gula2, kerak telor dan lain-lain.

Eh …. Perasaan dari tadi kita “jalan” terus, emang ga cape ? Apalagi di awal sudah disebutkan kalau kota ini panas. Tenangggg , jangan esmosi lah …. Teman2 tau ga sih kalau sebenarnya saya bukan benar2 jalan sejauh itu. Tapi hanya jalan ke titik tertentu saja, palingan 50 mtr doank. Karena di kota Jakarta sudah tersedia moda transportasi menuju semua objek wisata yang tadi saya sebutin diatas gratis loh a.k.a. NOL Rupiah.

NOL RUPIAH LOH…

Loh kok bisa sih ? Jadi di Jakarta itu ada yang namanya Bus Wisata Transjakarta. Bus wisata ini masih bagian dari Transjakarta tapi berbeda dengan Transjakarta yang bayar tiket 3500 yah. Pusing kan … gini maksud saya, bus wisata yang ini gratis loh. Ada 3 rute yang disediakan, setiap rute ini melewati berbagai objek wisata di sekitar pusat kota Jakarta. Nah untuk naik, kamu tinggal menunggu di halte2 bertanda bus wisata …. Trus kalau ada bus yang berhenti tinggal menunggu arahan dari staff busnya yah.  Kalau kamu mau mencoba objek wisata yang saya tulis diatas tadi bisa menggunakan BW1 atau bus wisata rute 1. Gratis naik, duduk dan turun bus ini 🙂

Transjakarta - Bus Wisata
Transjakarta – Bus Wisata

Tapi kalau kamu mau lebih nyaman, bisa dah menggunakan kendaraan pribadi. Kalau ada saudara atau teman enak tuh kalau ada kendaraan yang bisa dipinjam. Tapi kalau kamu ga punya saudara atau teman ataupun ga mau merepotkan mereka mendingan kamu coba cari penyewaan mobil di Sewa Mobil di Jakarta. Fasilitas ini sudah ada di laman tiket.com sejak tahun 2014 loh. Kamu bisa memilih berbagai jenis kendaraan loh dari yang paling merakyat ….tau kan ataupun mau ngerasain mobil mewah kayak Alphard sama H1-nya Hyunday … semuanya ada …. Harganya pun juga sudah dicamtukan, paket supir , BBM dan juga lama peminjaman ….jadi ga perlu takut ada tagihan membengkak. Tinggal klik bayar jalan deh …. Enaknya lagi, sudah banyak operator penyewaan mobil yang berkerjasama sama, jadi kamu bisa pilih2 operator kesayanagan kamu. Tapi pemesanan paling lambat H-1 sebelum pemakaian yah man teman. Biar pak supirnya bisa siap2 dulu kan menyambut tamu istimewanya.

tiket.com - car rent
tiket.com – car rent

Kelar menikmati wisata dan menikmati kuliner Jakarta, waktunya mengistirahatkan badan kamu. Masih di situs yang sama untuk pesan mobil kamu, di tiket.com.  Coba deh lihat  “Hotel di Jakarta.  Di sini kamu bisa mencari berbagai penginapan yang ada di Jakarta. Laman web siap memberikan berbagai feature yang akan membantu kamu menentukan penginapan, seperti harga, lokasi , fasilitas penginapan dan lain-lain. Nah yang tidak kalah buat para backpacker nih….pastinya promo2 menariknya loh.

Ga bawa duit cash, pesan mobil dan booking hotel memiliki fasilitas pembayaran kartu kredit juga ada log. Di web, kamu pilih2 trus bayar deh. Checkin tinggal tunjukan bukti pemesanan kamar, ga perlu repot-repot print lagi log.  Oia, jasa layanan hotel dan sewa mobil di laman web tiket.com bukan hanya untuk Jakarta yah, kamu juga bisa melakukan pemesanan untuk banyak kota lainnya log … Nah untuk saat ini, promo hotel dan sewa mobil untuk daerah yang di luar Jakarta gan … Bogor Bandung Bali Malang Jogja Lombok 

Sekian dulu yah ceritanya …selamat mencoba teman2…. Have A Nice Free Trip

Tiket.com : Top Hotel Weekend ( Source : tiket.com )
Tiket.com : Top Hotel Weekend ( Source : tiket.com )




About

Anak ini katanya nih suka jalan2 sebagai bagian dari kehidupan sehari2 untuk mensyukuri dan dunia dengan mata sendiri . . . Padahal dompet kembang kempis ... hoplah ...

View all posts by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *