Xi’an ….




Mengawali perjalanan kami selama 9 hari, kami akan menginap 3 malam di kota Xi’an. Xi’an dibaca Sian, salah satu kota dengan peradaban tertua di negara Tiongkok. Berjarak sekitar 1200 Km dari kota Beijing, Ibukota Republik Rakyat Tiongkok ( RRT). Kota ini merupakan ibukota provinsi Shaanxi. Namun siapa sangka kota ini merupakan salah satu kota dengan peradaban tertua di negara ini. Menurut saya, dengan kekayaan sejarahnya, kota ini sangat cocok dikunjungi oleh para pecinta sejarah. Teringat seorang teman yg memang suka hal ini, dia bisa bertahan di kota ini beberapa hari. Salah satu yang sangat terkenal ada Terracota , yang berjarak satu jam perjalanan bus dari Kota Xi’an.

Xi'an Bell Tower - #chinamay2016
Xi’an Bell Tower – #chinamay2016

Landing

Kami mendarat di kota ini saat menjelang pergantian hari. Yap kami dari Kuala Lumpur mengambil penerbangan sore plus waktu RRT yang lebih cepat. Ketika akan mendarat kami mendapatkan suatu pemandangan unik. Gelap dan remang, ketika akan mendarat sekitar jam 11 malam waktu setempat, hampir sebagian besar gedung gelap. Kemudian landing, kami menuju imigrasi dan bagage claim dengan kondisi penerangan serupa, remang.  Ternyata kondisi ini terus begini seterusnya, sampai di luar bandara mencari taksi.

Di pelataran taksi, kami memesan dua taksi. Pada awalnya taksi bagus2, loh pas kami mesen satu bagus satu setengah bagus. Di perjalanan, taksi setengah bagus yang kami naiki ditinggal taksi keren yang dinaiki teman saya. Di perjalanan saya sms teman karena taksi kami tidak menyalakan argo. Eh di tengah kota, taksi kami kehilangan arah. Dengan bahasa tarzan, sang supir meminta kami menelpon. Saya yang duduk si kanan supir menolak dengan bahasa tarzan ( sebenarnya alasan pulsa cui). Saya kasih aja no telpon penginapan. Dan akhirnya sampai, ternyata taksi bagusnya juga nyasar…. Malah nyampenya lebih lama dari kami.

Bagus Vs Setengah Bagus - Xian Taksi #chinamay2016
Bagus Vs Setengah Bagus – Xian Taksi #chinamay2016

Ternyata oh ternyata ….

Argo taksi bobrok kami disamakan dengan argo taksi bagus. Membaca travelchinaguide sebenarnya sudah diinfokan tentang perbedaan argo taksi bagus, setengah bagus dan juga jam malam. Nah saat mesen taksi saya juga sudah pastikan pakai argo. Tapi tetep aja kecolongan …. Haruanya tarif atas dengan taksi bagus, eh dapat taksi setengah bagus ngikut tarif taksi bagus. …. Kalau dirupiahkan sih, tarifnya ga jauh beda ko … Dengan jarak yang sama yah

Di pergantian hari ini kami langsung check in di Bell Tower Youth Hostel ( akan ditulis setelah ini ) . Naik ke lantai 3 , beberes, istirahat. Alhamdulillah, tidak ada masalah dengan kamar sehingga kami dapat beristirahat.







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *