Urus visa China sendiri – #Chinamay2016




Melanjutkan cerita sebelumnya tentang backpckeran ke China, sekarang share tentang membuat Visa. Mengurus visa china sendiri ternyata bukanlah perkerjaan yang sulit. Form isian bisa langsung kamu ambil visa center di gedung The East kawasan Mega Kuningan. Atau mengisi secara online di web visaforchina.org, kemudian print out-nya kamu bawa pada saat penyerahan berkas di visa center ( bukan kedutaan yah, tapi jaraknya paling 400mtr lah ). [ #Chinamay2016 – Urus visa China sendiri ]

Urus visa China sendiri :

Visa center terletak di gedung the east kawasan mega Kuningan . Jika kamu masuk dari belakang sekitar Belagio, disitu ada tanah lapang yang dimanfaatkan sebagai lahan parkir. Kalau masuk di depan yah parkir resmi. Jalan di depan bisa langsung ke belakang karena gedung ini terletak di hook.

Jam kerja pelayanan visa sama seperti jam kantor biasanya. Saat kami datang pagi hari, biar bisa segera kembali ke kantor. Saat kami antri pagi sudah ada sekitar 20-an antrian. Termasuk travel agen,  ( tapi di loket yang berbeda ).  Saat keluar jam 1/2 10 sudah tidak ada antrian lagi.

Pengambilan berkas :

Sedangkan pengambilan berkas ( selesai ) diambil sesuai dengan tanggal yang tercantum di lembar pengambilan. Kemudian jika sudah selesai, pembayaran di loket pengambilan bisa diwakilkan, yang penting bawa bukti penyerahan berkas2. Dan pembayaran bisa menggunakan cash maupun kartu kredit tanpa tambahan biaya.

Chinese Visa Application Service Centre in Jakarta :

  • The east Building, kawasan Mega Kuningan Jakarta.
  • Penyerahan berkas jam 8 – 3 sore
  • Pengambilan berkas jam 8 – 4 sore.
  • Sesuai hari kerja di Indonesia
  • Kalau naik Commuter Line, bisa turun di stasiun Karet, trus naik angkot deh sampai mall ambassador. Trus jalan lagi menuju the east.
  • Kalau turun di stasiun Tebet, sekarang ada feeder Transjakarta yang menuju mega kuningan juga melewat halte depkes koridor 6 transjakarta. Atau naik feeder yang via kolong ambasador turun sekitar mall trus jalan deh.
  • Applicants accepted by the Visa Centre:The Visa Centre accepts visa applications from Indonesia citizens or citizens of other countries staying in Indonesia with appropriate legal status. [ sumber ]

Dokumen yang perlu dipersiapkan :

  • Form yang sudah kamu isi
  • Foto 4×6 background putih,  walau ada yg bilang background biru pun bisa ( saya menulis yang saya tau aja)
  • Foto kopi kk dan ktp
  • Itin perjalanan disana
  • Booking penerbangan dan penginapan
  • Semua berkas disiapkan sendiri yah, bukan per-group
  • Thats all

Jadi ga perlu bawa foto kopi buku tabungan dan surat keterangan karyawan yah. Berbeda dengan proses berkas di kedutaan Jepang dimana booking pesawat dan penginapan hanya satu saja ( pengurusan visa jadi berdasarkan kesamaan itin ).  Disini berkas sendiri2, di setiap pemohon visa, foto kopi booking pesawat akan diberikan tanda stabilo nama pemohon visa. Pada saat pengajuan, kami tidak menyertakan tiket kereta api antar kota. Wong memang belum beli. Kalau booking hotel kami pakai booking.com satu nama aja.




Sedangkan biayanya berbeda2 berdasarkan kebutuhan dan kemampuan. Jika mengambil visa paling murah, single visit,  4 hari kerja kelar. Maka hari kerja ke-4 sudah bisa diambil. ( hari pengajuan juga dihitung satu hari).  Waktu kesana, tidak terlalu ramai. No Antrian agen dan pengurusan pribadi dipisah. Di dalam ruangan ini, ada banyak loket. Yang pengurusan pribadi sepertinya ada 5 atau 6 loket. Yang Paling murah IDR 540.000 , – ( biaya visa IDR300.000 dan service fee IDR 240.000, single entry , pembuatan 4 hari kerja ) … nah tarif lainnya ada disini yah … http://www.visaforchina.org/JKT_EN/yyxz/269894.shtml.

#Chinamay2016 - Urus visa China sendiri
#Chinamay2016 – Urus visa China sendiri

Endorse name

Jika kamu memiliki nama “endorse” di paspor, kemungkinan petugas loket akan mengkonfirmasi nama yang akan dicantumkan di visa. Karena ini juga terkait dengan nama penumpang di moda transportasi lainnya, seperti tiket kereta dan pesawat. Kalau gua pribadi menyarankan menggunakan nama yang ada di halaman depan saja, karena halaman endorse ini sangat jarang digunakan dan dilihat apalagi di luar negeri kecuali Arab yah. ( Baca aja blog saya : jadi inget pas di Narita Jepang, sempat ditanya petugas checkin counter Air Asia karena tiket menggunakan endorse name, jadi yang tercetak kata pertama dan ketiga. Sedangkan di paspor halamanan depan yang tercetak suku kata pertama dan kedua saja. )

Paspor

Istri memutuskan membuat paspor baru. Yang bikin galau itu yah masa berlakukan ngepas berakhir 6 bulan saat kembali. Yah, mau bikin ataupun ga….  Akhir taun juga harus ganti kan, yah mending sekalian aja gantinya sekarang. Biar cap imigrasinya di paspor baru kan.

Tips Trik

  • Kemarin sempat nanya petugas disana, kalau datang agak siang memang lebih sepih. Kalau pagi biasanya yang mau langsung kerja ataupun travel2.
  • Saat ngambil, mending diwakilin satu orang aja biar ga ramai2




2 Replies to “Urus visa China sendiri – #Chinamay2016”

  1. Hallo salam kenal, saya arlita mau info nya dong, sy lihat nama di visa china dengan visa jepang nya berbeda.. visa jepang pakai penambahan nama orangtua kah? Karena pada

  2. Pas ke jepang masih pakai paspor lama dengan halaman endorse nama
    Di halaman kedua paspor lama : A B
    Endorse nama paspor lama: A B C D
    Visa jepang paspor lama ; B C D a
    Di tiket narita-kl: saat beli A B C D, Tapi di boarding pass cmn dibcetak D, A. Nah petugasnya ngeh, trus gua tunjukin halaman endorsenya. (
    http://www.wirawanprasetyo.com/2015/survey-koreo-jepang-narita-international-airport/)

    Sedangkan di imigrasi sama sekali ga ada masalah dari berangkat sampai kembali ke jakarta.

    Visa china sudah paspor baru belum ada endorse. Istri saat urua visa china ditanya petugas mau pakai nama yg maa.

    Jadi saran saya mending pakai nama di halaman utama paspor saja, karena halaman endorse sepertinya jarang diperiksa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *