Membeli tiket kereta api di China #Chinamay2016




Membeli tiket kereta di china

Setelah tulisan tentang Urus Visa China sendiri yang ternyata sangat mudah. Sekarang tulisan tentang kereta. Kereta luar kota dulu yah, kalau yang dalam kota nanti ada sesinya sendiri. Tulisan tentang kereta akan saya bagi beberapa artikel yah, tentang travelchinaguide yang sudah ditulis duluan di artikel sebelum ini, cara membeli tiket kereta, berada di dalam stasiun kereta api China , menaiki kereta api China dan kesan pesan tentang kereta China. -membeli tiket kereta di china-

Sebelumnya ,jadi kenapa kereta ? bukan moda lainnya ?

Kami memilih menggunakan kereta, karena awalnya ga kepikiran menggunakan moda lainnya. Kalau gua cuman baca travelchinaguide doank. Oia, yang belum tau travelchinaguide, bisa baca artikelnya di sini yah. Sekaligus pingin merasakan fasilitas sleeper ( tempat tidur) yang tersedia walau agak mahal sih. Tapi sempet juga kepikiran menggunakan pesawat dengan beberapa pertimbangan : biaya transportasi menuju bandara lebih mahal. Kemudian kalau menggunakan sleeper kami bisa bermalam di kereta, tapi kalau naik pesawat harus ada pertimbangan lain, biaya menginap karena cepet sampai kan. Kecuali kalau mengambil penerbangan malam.

Suasana Kompartmen Soft Sleeper - #chinamay2016
Suasana Kompartmen Soft Sleeper – #chinamay2016

Akhirnya moda transportasi terpilih yang kami gunakan sekaligus tempat kami bermalam di perjalanan dari Xi’an menuju Beijing sejauh 1275 km ( kayak Bandung – Surabaya PP)  dan dari Beijing menuju Shanghai 1463km ( Bandung – Surabaya – Jakarta) adalah kereta (entah itu api atau listrik) . Tapi yang gua perhatiin, sepanjang rel ini ada kabel listrik diatasnya. Dan akselerasi kecepatan dari berhenti menjadi jalan juga cepat, mirip kereta listrik. Beda dengan kereta api/diesel di Indonesia yang kalau baru berhenti dan mau jalan pasti akselerasinya lama. Kalau mau tau tentang subway,  nanti saya bikin tulisannya sendiri yah….

Sebenarnya setelah dipikir2, bisa juga naik bus 1275km dengan kecepatan 100km per jam butuh 13 jam perjalanan. But…..  Naik bus 100km per jam…..  Hmmmm…..  Uji nyali….

Akhirnya membeli tiket ….

Kami memutuskan membeli tiket kereta di travelchinaguide… buat teman2 yang belum tau travelchinaguide, baca artikel saya sebelumnya yah … Jadi ceritanya untuk membeli tiket kereta, kita masuk ke website mereka. Disitu ada kolom bagian kereta. Masukan tanggal perjananan dan juga relasi perjalanan kita. Muncul deh halaman yang menampilkan relasi kereka yang masih tersedia pada tanggal dan tujuan yang kita pilih.  Setelah memilih waktu perjalanan, jenis kereta dan juga jumlah penumpang melalui situs mereka.




Kami memilih tiket fisik, saat mengisi data di situs, data alamat hotel cuman saya isi dengan ” will be inform later ” ( perihal alamat ini saya sudah bertanya melalui feature live chat di web ini beberapa hari sebelumnya) . Jadi spare waktu sebelum pengiriman sekitar 5-7 hari. Saat informasi penginapan yang saya sampaikan, saya akan check-in di Youth hostel Xi’an tanggal 27 Mei dan meminta mereka mengirim tiket agar pada hari pertama ( saat check-in)  tiket sudah bisa kami terima ( kami tiba pagi buta, tiket kami ambil di resepsionis pagi harinya) .

langkah mudah membeli tiket kereta api di china - chinatravelmay
langkah mudah membeli tiket kereta api di china – chinatravelmay

Sebelum mencantumkan alamat penginapan,  pastikan dulu kamu jadi menginap disana dan penginapan siap menerima barang itu. Kami memesan penginapan di booking.com. Menggunakan fasilitas ” contact host ” saya mengirim email ke pihak penginapan untuk konfirmasi status booking dan juga apakah bisa menerima kiriman kami. Saya ga tau apakah ada komunikasi antara penginapan dan travelguidechina. [ proses dari submit sampai ” tiket” diterima untuk tiket Beijing lebih cepat karena seat yang tersedia tinggal beberapa seat doank. ]

Tiket Fisik gan … 

Setelah tiket dibayar melalui paypal, mereka akan melakukan pembelian tiket. Karena kami membeli tiket fisik, setelah tiket mereka beli,  mereka mengirimkan link berisi data2 tiket setiap perjalanan. Karena kami meminta tiket fisik,  jadi mereka juga menscan tiket tersebut loh. Setelah menerima scan, kita tinggal menunggu saja mereka mengirim fisik tiketnya. Tiket akan dikirim sesuai dengan permintaan kita. Misal saya bilang akan check in di xi’an tgl 27 dan pingin menerima tiket di tanggal yg sama. Mereka akan mengatur agar pengiriman tiket melalui jasa kurir sesuai dengan kita. Dan saat check-in di hotel, tiket kami tiba dengan sehat.

langkah mudah memasuki stasiun kereta api di china - chinatravelmay
langkah mudah memasuki stasiun kereta api di china – chinatravelmay

Saya mengambil kiriman dari travelchinaguide pada pagi hari pertama di Xi’an. Setelah fisiknya diterima, tiketnya sih sangat tipis, mirip banget dengan kartu nama dengan berat kertas mungkin 100gr. Tapi mereka mengirim menggunakan amplop quarto tebal jadi Insyaallah aman lah.

Jangan dicontoh yah …

Ceritanya nih …. Kami lupa a.k.a cuek dengan tiket ini.  Menjelang deadline,  tiket kereta dengan kelas yang kami cari habis,  saya lupa waktu yang habis perjalanan Xian-Beijing atau Beijing – Shanghai. Kalau turun kelas kereta,  waktu tempuh jadi lebih lama karena ganti kereta yang banyak berhenti dan istirahat terganggu. Kalau naik kelas,  expand jadi double.  Akhirnya sempet liat-liat tiket pesawat. Walaupun tarifnya sama,  namun karena lebih cepat dan flightnya sore hari jadi kami harus mempersiapkan tempat menginap di kota tujuan. Dan lokasi bandara biasanya di luar kota,  biaya lagi kan.  Walhasil bukan double lagi… Malah triple over budget kan.  Akhirnya beli tiket kereta lebih mahal. Tapi yang kita dapat juga wah 😬




About

Anak ini katanya nih suka jalan2 sebagai bagian dari kehidupan sehari2 untuk mensyukuri dan dunia dengan mata sendiri . . . Padahal dompet kembang kempis ... hoplah ...

View all posts by

2 thoughts on “Membeli tiket kereta api di China #Chinamay2016

  1. Assalamu’alaykum mas wirawan
    Saya InsyaAllah mau brkt ke china (Guangzhou, xian, Beijing) bulan februari ini. Saya tanya untuk pembelian tiket kereta scr online. Saya cek ricek knp pilihan nya byk yang ga bisa dibeli.. hanya beberapa saja bisa (untuk kelas paling mahal) itupun hari2 tertentu juga..
    apakah bisa klo beli on the spot?
    Terimakasih

    1. waalaikumsalam

      ini cek ricek di web yg sama kan. Coba di cek di beda tanggal, muncul tidak kelas yg diinginkan. Kalau di tanggal yang berbeda muncul sedangkan di tanggal yang dinginkan tidak muncul. Ada kemungkinan memang sudah habis.

      Yang saya liat kemarin di Xian dan Beijing counter tiketnya di luar. Saya khawatir mereka tidak mengerti bahasa asing. Yah kalau mau nyoba gpp sih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *