Yang menantang di Jakarta

Bertahun2 Jakarta  menjadi magnet bagi para pencari “emas”. Namun kota ini mulai berambisi menjadi magnet para traveler berkunjung ke kota ini. Sebenarnya sudah ada beberapa hal menantang yang dapat dicoba para traveler untuk menikmati waktunya selama di Jakarta, diantaranya :

1. Rp. 3.500 bisa keliling Jakarta

Armada terbaru transjakarta ( http://news.metrotvnews.com/ )
Armada terbaru Transjakarta ( http://news.metrotvnews.com/ )

Keliling Jakarta dengan Rp. 3500,- pakai bus Transjakarta. Sejak 1994,  bus memiliki kelebihan yang belum ada saingan seantero Jabodetabek. Tarif flat, 2000 jam 5 pagi, diatas jam 7 pagi 3500  kemana & berapa lamapun . Tiket menggunakan uang elektronik yang dikeluarkan Bank DKI, BRI, BNI, BCA dan Bank Mandiri. Jadi tidak ada tiket sekali jalan. Tidak punya kartu? bisa membeli di halte / meminjam  penumpang lain. Karena tiket bisa digunakan berapa orang pun asal ada saldonya. Cobalah ke utara selatan barat timur, tapi jangan sampai ujung karena beberapa halte memiliki pintu yang terpisah jika mau balik arah. Kalau seperti ini terpaksa keluar & bayar lagi. Jika berpergian malam hari, ada halte buka 24 jam loh. Waktu ini bisa kamu manfaatin untuk menikmati kehidupan malam dengan modal terbatas 🙂

2. Bus tingkat gratis

Bus tingkat gratis ( http://www.tribunnews.com/)
Bus tingkat gratis ( http://www.tribunnews.com/)

Saat ini jakarta sudah memiliki bus wisata gratis. Walau jalurnya baru sekitar protokol Sudirman. Melayani Monas Merdeka Barat, Balai Kota, Sarinah, Bundaran HI, Museum Nasional Merdeka Barat, Pecenongan, Pasar Baru Gedung Kesenian Jakarta, Mesjid Istiqlal, Monas Merdeka Utara. Di hari kerja, kita bebas naik dan turun di setiap halte bus city tour. Kalau di week end, kita hanya bisa naik dan turun di halte yang sama. Bus beroperasi dari jam 9 pagi – 19.00, khusus hari minggu bus mulai beroperasi jam 12 siang karena ada car free day …. apa itu Car free day … nah baca terus ke bawah :).

3 Car Free Day ( CFD ) , di protokol dengan kakimu

Setelah kamu menggunakan bus tingkat gratis, maka setiap hari minggu pagi, jalan protokol Sudirman sampai MH Thamrin akan ditutup dari kendaraan. Hanya Transjakarta yang memang memiliki lajur khusus dan beberapa kendaraan seperti ambulans yang boleh melintas. Disini kamu bisa berolah raga, atau jika mau foto2 juga boleh sih. Terkadang ada penjual makanan khas Jakarta yang ikut numpang di event ini. Kegiatan akan berlangsung dari jam 6 pagi sampai jam 11 siang loh.

4. Pusat Grosir Blok A dan B, 13000 kios

 Pasar grosir dan eceran Tanah Abang ini sejarahnya sudah cukup panjang. Sudah ada sejak 1700-san. Sudah melalui beberapa kali tahapan renovasi. Gedung terbesar di pasar ini ada di blok A dan B, dengan jumlah kios sebanyak 13.000 dan dikunjungi 7.500 orang perhari, Tanah Abang menjadi pusat tekstil grosir terbesar di Asia Tenggara. Semenjak 2005 sampai sekarang, pasar ini mengalami renovasi besar-besaran, kedua gedung ini berdampingan. Terdiri dari ( kalau ga salah ) 12 lantai dan di roof top ada masjid ( bukan musholla) yang sangat besar. Kalau mau sensasi lain, bisa ke blok lainnya , karena ada sampai blok F. Saat ini, lokasi sekitaran tanah abang sudah lebih rapih.

5.  Atmostfear, seluncur 4 lantai

PROSOTAN INI SEKARANG SUDAH TIDAK BEROPERASI LAGI — 2017

Atmostfear FX Mall Sudirman Jakarta ( Doc Agustina )
Atmostfear FX Mall Sudirman Jakarta ( Doc mbak Agustina)

PROSOTAN INI SEKARANG SUDAH TIDAK BEROPERASI LAGI — 2017

Atmostfear, wahana ini cocok uji nyali dalam arti sebenarnya, terletak di dalam FX Mall Sudirman. Indoor slider ( bahasa gaolnya prosotan ) setinggi 47,3 meter dari lantai 7 berakhir di lantai 3. Dalam hitungan detik, kita berseluncur di dalam tube sepanjang 85 meter. Tidak perlu membawa pakaian khusus, petugas akan meminjamkan kita helm, jaket dan matras untuk berseluncur

PROSOTAN INI SEKARANG SUDAH TIDAK BEROPERASI LAGI — 2017

 6. Ice skating mall taman anggrek

Ilustrasi Ice Skating Di BSD
Ilustrasi saya main Ice Skating Di BSD

Sebagai negara di daerah khatulistiwa cukul sulit untuk bermain ice skating. Tidak perlu ke luar negeri untuk bermain ice skating. Di mal taman anggrek kamu bisa mencobanya. Ice skating sendiri adalah sebuah permain dengan menggunakan sepatu khusus yang dibawahnya dipasang besi kita bisa berseluncur di area bermain yang berupa es keras. Tidak perlu repot kalau tidak punya sepatu, tiket yang kita beli sudah termasuk peminjaman sepatu ice skating.  Jika kamu mau menggunakan kaos kaki atau sarung tangan untuk mengurani dingin,  disana juga dijual dua benda ini loh. Sebenarnya disana juga tidak terlalu dingin kok.

7. Mall vs Terminal Blok M 

Mall di bawah terminal atau terminal diatas mall ?
Mall di bawah terminal atau terminal diatas mall ?

 

Atau kamu malas jauh-jauh keluar menggunakan kedaraan. Pilihlah kawasan Blok M, 24 jam daerah ini menawarkan sensasi yang sangat berbeda. Ketika kamu menikmati nyamannya mimpi indah pagi hari, para penjaja kue-kue kering sudah memulai bisnisnya di pelataran lobi Blok M Square. Mereka menjual aneka kue2 basah dan kering secara satuan maupun banyak. Jam 6, keramaian akan berpindah ke kawasan terminal. Terminal ini akan ramai sampai malam. Namun bukan terminal yang “menantang”. Cobalah ke bagian basement terminal, ada dua lantai basement yang biasa disebut mall blok m. Sedangkan malam hari, pelataran lobi Blok M Square dipenuhi penjaja angkringan. Angkringan sendiri sebenarnya warung makan lesehan.  Tidak jauh dari sana kamu bisa ke gultuk. Gulai tikus….  Bukannn, tp gulai tikungan karena lokasinya di tikungan jalan.

8 Aplikasi online, nikmatin promo hematnya

Promo Gojek dan Grabbike;
Promo Gojek dan Grabbike ….. murah kan ….

Satu hal yang lagi booming di jakarta adalah aplikasi online pemesanan kendaraan. Mereka ini sebenarnya hanya aplikasi perantara. Calon pengguna melakukan pemesanan melalui aplikasi, aplikasi akan menampilkan pesanan yang masuk kepada beberapa pengendara. Pengendara boleh menerima tawaran. 3 aplikasi yang benar2 booming yaitu gojek yang semua armadanya motor plat hitam, dengan fasilitas antar orang, antar barang, ambil makanan, belanja. Grabbike menawarkan ojek, taksi / premium ( pengendara taksi mencari order menggunakan aplikasi grab), grabcar ( kendaraan plat hitam). Satu lagi uber, mirip dengan grabcar tapi pembayaran menggunakan kartu kredit dan voucher. Trus kenapa booming ? Karena aplikasi ini menawarkan promo yang beda2 loh, misal bayar 10.000 aja untuk 25 km pertama di Jakarta …. enak kan 🙂

Dan bisa dipastikan …. 24 jam kamu akan terasa sangat pendek serta menantang …. selamat mencoba …. atau butuh teman ….

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog “Blog Competition #TravelNBlog 4: Jakarta 24 Jam“ yang diselenggarakan oleh @TravelNBlogID.
Setiap peserta wajib mengisi formulir Blog Competition:http://goo.gl/forms/K0kvR7AzLm

8 Replies to “Yang menantang di Jakarta”

  1. Seruuu… Aku belum pernah nyobain naik bis tur Jakarta nih Mas Wawan. *malu* yang ada malah tur de Jakarta pake busway hahaha. Btw, Blok m sama Tanah Abang seru mana, Mas?

    1. Sama, saya juga belum. WL daerah monas nambah mbak , city tour dan kantornya pak ahok …

      Blok M dan Tanah Abang … dua2-nya seru , gua masuk blok M Mall ( kolong terminal ) ga akan nyangka kalau di Indonesia itu sebenarnya sudah ada yang seperti itu. Nah masuk Tanah Abang ga kalah seru … sepanjang mata memandang , sebagian besar tekstil . …. satuan dan grosir nya itu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *