Urus paspor yang (semakin) mudah dan nyaman [ part 2 of 2 ]

Hoplah …. masih melanjutkan proses ganti baru habis masa berlaku paspor jadi e-pasport

img053Nah sekaligus menunggu jam 7, gua nyarapan dulu deh di warung sebelah, lumayan makan mie dan minum.teh. Ngisi perut kan. Sekitar 7an ada brief singkat diluar, tentang syarat2 dan berkas2 yang perlu disiapkan. Kemudian dilanjutkan dengan masuk kedalam dan naik ke lantai 2. Dimulai dari antrian manula, antrian yang sudah daftar online dan dilanjutkan antrian walk-in. Masuk / naik ke lantai atas setiap 10 orang.

Naik diatas, di depan meja “pengambilan antrian ” dibagi jadi dua baris. Sayangnya beberapa orang di depan gua sepertinya bermasalah, walhasil nunggu lebih lama. Dan akhirnya, gua dapat no antrian 22… .. Akkh nambah 5 orang. Kita akan díberi map kuning, berkas pendaftaran dan no antrian yang di steples ke map. Oia, kalau mau e-pasport, kasih tau petugasnya biar di stempel E-pasport yah …

Nah, setelah antrian naik semua didalam petugas dengan menggunakan loudspeaker yang sangat memadai menerangkan cara pengisian form yang diberikan. Sebagai intermezo bapak itu juga memberikan selamat kepada kita semua karena sudah melewati satu tahapan pengurusan paspor. Si bapak juga menanyakan waktu ketibaan no 1 dari kelompok antrian manula, daftar online dan walk-in sebagai bukti bahwa tidak ada yang nyelak. Jadi inget pengurusan visa Jepang yang juga tepat jam 8 dimulai ( artikel menyusul ).

Dan menegaskan bahwa dia punya jatah waktu 15 menit sampai jam 8. Kan tepat jam 8 harus mulai memanggil antrian untuk proses penyerahan berkas. Juga ditekankan, waktu proses setiap orang +- 20 menit. Jadi kalau kita dapat no diatas 50, bisa dipastikan akan dipanggil setelah makan siang. * dapat info dari cleaning service, kalau yg no2 gede bisa2 dipanggil sore hari. Yang pasti ditungguin lah sama petugasnya.

DSC_1705Walau telat, jam 8.05 panggilan pertama untuk kelompok manula di meja 1-10. Setelah habis, dilanjutkan dengan antrian walk-in di meja 1-5 dan yang sudah daftar online di meja 6-10. Setiap meja terdiri dari dua orang petugas. Pertama penyerahan berkas, kemudian di sampingnya pemotretan. Sedangkan BAP untuk paspor hilang, rusak di meja 11.

Oia, saat urus tambah suku nama di paspor tahun lalu sekitar agustus 2014 meja2 petugas maaih di sisi utara. Sekarang meja2 itu di sisi barat yang lebih luas dan lega. Dan sisi utara sebagian kecil hanya untuk meja informasi saja.

Setelah menunggu yang cukup lama…. Nama gua eh no gua dink dipanggil. Lama? Yah kalau diitung dari jam 5 pagi. Sedangkan gua diproses jam 9 pagi…. Lebay lah…

Cek berkas2, ktp kk dan akta lahir dan paspor lama. Ditanya juga lokasi kerja dan kenapa bikin e-paspor. Yang gua bilang aja ganti aja udah mau habis . Amann….

Nah yg bingung, saat dia minta surat keterangan kerja… Gua ga nanya what for-nya, gua bilang aja ga ada. Lalu diminta si mbak dibawa saat pengambilan. Iyain aja deh.

Kemudian geser ke kursi sebelah. Re-check semua data kita, proses sidik jari lalu dipoto deh. Bagian ini sangat krusial…. Karena data yang dibaca disinilah yang akan dicetak di halaman kedua paspor kita. Dan gua memutuskan hanya menggunakan 2 suku nama asli gua tanpa nama tambahan.

Jadi saat antri pagi tadi, ternyata ada ibu2 yang ngulang urus paspor. Cerita ibu itu, awal tahun ini dia urus paspor di sini juga. Beberapa minggu lalu saat urus paspor ke Secgen eh ditolak. Usut punya usut, huruf di paspornya berbeda dengan KTP. Ya udah terpaksa ibu bikin paspor baru lagi.

Dari meja ini kita akan mendapatkan sebuah kertas yang berisi data registrasi kita dan cara pembayaran di bni.

Cara Pembayarannya :
img054Cara pembayaran hanya bisa melalui bni setor tunai, bni atm dan juga edc yang ada di meja petugas. Jd ga bisa menggunakan atm bersama karena ada kode…. Yang harus kita input juga

Selesai semuanya, pembayaran dilakukan di bank BNI. Pembayaran paling cepat 3 jam setelah proses sebelumnya / pendaftaran di kanim selesai. Kecuali kalau bayar di tempat. Tidak bisa melalui Atm bersama karena ada kode yang harus kita input

Pengambilan

Waktu pemrosesan paspor biasa adalah 3 hari kerja sedangkan e-pasport 5 hari kerja. Dan pengambilan baru bisa dilakukan setelah xxx hari pembayaran. Ini diluar hari masukin berkas ke kanim yah.

Ke BNI

img055Gua datang ke bank BNI yang ada di pasar rumput. Seranhkan kertas yang kita dapat dari kanim. Ternyata petugas sudah ngerti. Pastikan nama benar, dan ada biaya administrasi tambahan 5.000. Dapatkan bukti transfer yah

Pengambilan paspor

Gua datang ke kanim jaksel sekitar jam 10 pagi. Naik ke lt dua ke loket “pengambilan antrian”, dapat no antrian ternyata disuruh ke loket informasi. Serahkan kertas dari kanim dan bukti transfer BNI. Saat sedang menunggu hasil, hasil nguping di dekat meja informasi. Ternyata ada bapak2 yang permohonan paspornya ditolak. Tapi gua ga tau alasannya. Karena setelah itu mereka masuk untuk konfirmasi ke dalam.

Tunggu sekitar 5 menit…. Cring, paspor lama yang sebagian halaman depan dipotong dan e-paspor baru saya sudah ada. Tidak lupa fotokopi halaman e-paspor halaman depan untuk diserahkan ke petugas informasi. Fotokopi 1 lembar gopek. Lupa nanya kenapa gua ke konter informasi yah, atau karena pembayaran dan pengambilan tepat waktu jadi

Kesimpulan :

  1. Pengurusan lebih mudah
  2. Total biaya hanya angka yang tertulis di kertas + biaya administrasi BNI ( masuk ke BNI yah ) + fotokopi 1 lembar halaman identitas paspor kita
  3. Kalau kamu mau diproses pendaftaran walk-in pagi hari , maka datang pagi buta. Kalau mau siang setelah makan siang , datang jam 6 – 7 pagi. Tapi hoki2-an mendapatkan no antrian walk-in yah.
  4. Untuk e-pasport , pastikan dulu ketersediaan blanko-nya yah

Sekian ahg ….

About

Anak ini katanya nih suka jalan2 sebagai bagian dari kehidupan sehari2 untuk mensyukuri dan dunia dengan mata sendiri . . . Padahal dompet kembang kempis ... hoplah ...

View all posts by

One thought on “Urus paspor yang (semakin) mudah dan nyaman [ part 2 of 2 ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *