Survey Korea Jepang : Tips berkunjung ke Tateyama Kurobe Alpine Route ( Dinding Salju )




 Tateyama Kurobe Alpine ( “Alpen”) Route juga dikenal sebagai “Roof of Japan”. Rute ini melewati pemandangan gunung Tateyama sebagai Japan Alps. Kita akan menggunakan berbagai jenis kendaran dengan perubahan elevasi sekitar 2400 meters dari Toyama Prefecture ke Nagano Prefecture. – https://www.alpen-route.com/en/introduction –

Tips berkunjung ke Tateyama Kurobe Alpine Route ( Dinding Salju )

Tulisan ini untuk melengkapi tulisan Perjalanan kami sebelumnya ( baca juga sekilas alpine route tateyama  … dan baca juga cerita perjalanan kami disana) … Tips ini hanya berdasarkan hasil kunjungan kami pada bulan Mei 2015. Perjalanan dimulai pagi hari di toyama stasion berakhir di Ogizawa pada sore hari , jadi kurang lebih 12 jam perjalanan …. .– Survey Korea Jepang : Tips berkunjung ke Tateyama Kurobe Alpine Route ( Dinding Salju ) —

 

https://www.alpen-route.com/en/introduction
https://www.alpen-route.com/en/introduction

Tips berkunjung ke Tateyama Kurobe Alpine Route ( Dinding Salju ) :

  1. Suhu dan cuaca disini. Gua kurang tau berapa suhu. Kalau membaca di webnya, suhu terendah di bulan april adalah -4derajat …. 🙂 ( https://www.alpen-route.com/en/introduction/climate-clothing )
  2. Atraksi utama sekaligus yang paling di sukai yaitu dinding salju setinggi 10-14 mtr. Namun atraksi ini hanya buka saat2 tertentu. Sebaiknya membuka webnya saja.
  3. Dari tokyo ke Toyama stasion ada transportasi kereta. Sedangkan kami menggunakan bus willer express. ( WE hanya menjual tiket online). Kereta dan WE sama2 menuju toyama stasion. Dari Ogizawa ada bus lokal menuju Nagano. Di Nagano ada kereta menuju Tokyo
  4. WE berangkat malam hari, sekitar 8 jam perjalanan Tokyo – Toyama maupun Nagano – Tokyo. Kami menggunakan paket 3 hari sepuasnya mau menggunakan WE ( baca tentang 3 hari willer express 10.000 yen ) jadi ga tau harga tiket satuan.
  5. Dari Toyama Stasion kamu harus ke Dentensu Stasion, ini merupakan awal jalur wisata ini. Kedua stasiun ini berdampingan ko. Kamu tanya saja petugas atau cari petunjuk ajah.
  6. Di Toyama Dentensu kamu bisa membeli semua tiket all in ( tiket terusan ) maupun tiket satuan, yang berarti diatas kamu membeli lagi.
  7. Kamu juga bisa membeli berdasarkan kebutuhan saja. Beli tiket disana tidak perlu online ( walau online juga bisa ). Gua ga ngitung perbedaan harga tiket jika membeli satuan
  8. Saat membeli tiket all ini, ada dua pilihan satu arah Toyama kemudian turun di Ogizawa atau Toyama PP dan Ogizawa PP.
  9. Estimasi waktu selama disana bisa berbeda. Berdasarkan lamanya kita bermain, antrian saat menggunakan tranaportasi.
  10. Kereta dari Dentensu stasion dapat kita naiki sesuai jadwal kita. Kereta lokal ini juga digunakan masyarakat yang tinggal disekitar sana. Saat kami datang pagi hari, banyak anak sekolah yang menggunakan transportasi ini. Jadwal kereta kita ada di tiketnya.
  11. Setelah 1 jam perjalanan, kita akan tiba di Tateyama Stasion untuk berganti moda transportasi. Menggunakan Tateyama Cable Car, kereta yang ditarik ke atas dengan kemiringan jalur sekitar 45 derajat.
  12. Untuk menggunakan kereta ini kamu harus antri sesuai no grup antria. No grup ada ditulis di tiket.
  13. Setelah 20 menit, kamu tiba di Bijodaira untuk berganti transportasi lagi. Kali ini menggunakan Tateyama Highland Bus. Tapi sekarang berlaku aturan first come first in. Hanya perlu antri saja aja.
  14. Diluar gedung, kamu juga sudah dapat melihat salju loh.
  15. Naik bus, kamu akan ditunjukkan di kejauhan ada air terjun Shomyo Fall ( saat kami datang masih beku). Kita hanya ditunjukkin dari dalam bus ga pakai turun ko. Kalau mau ke sini, ada paket wisata sendiri
  16. Setelah itu, kamu sudah tiba di Morodo, Tateyama Mount. Atraksi utama ( dinding salju, great wall) ada di luar gedung ini.
  17. Nikmati semua salju di lokasi ini sepuasnya, tidak ada yang membatasi kamu. Kecuali kalau kamu sudah punya tiket kereta atau bus ke kota selanjutnya. Atau kamu kedinginan
  18. Jangan lupa, di belakang bangunan induk, juga ada hamparan salju loh. Hamparan salju di belakang lebih landai dan rata.
  19. lapar atau kedinginan …. silahkan berteduh di dalam gedung … ada beberapa penjual makanan dan juga minuman. Juga ada penjual souvenir di lantai atas
  20. Puas….
  21. Selanjutnya antri first come first in lagi menggunakan Tateyama bus trolley tunnel ( bus listrik yang melaju di dalam tunnel ) menuju sisi lain gunung ini. ( beda pintu dengan bus dari bawah yah)
  22. Dari puncak ini ke bawah kamu bisa melihat danau… Di kejauhan juga ada gugusan gunung…. Semuanya putih (masih) tertutup salju.
  23. Sama seperti no 19, lapar ….. cari aja di dalam gedung …
  24. Turun lagi menggunakan kereta gantung. Setibanya di bawah, kamu sekarang bisa melihat puncak gunung tateyama dari bawah.
  25. Nikmati salju terakhir di perjalanan kali ini 🙁
  26. Setelah itu turun lagi menggunakan Kurobe Cable Car (mirip Tateyama Cable Car ) Kurobe Dam.
  27. Di Kurobe Dam, kamu bisa melihat DAM ( tempat penampungan air ) dengan sepuasnya. Kami datang saat masih beku.
  28. Jangan lupa ke observation area. Memang tangga menuju tempat ini cukup tinggi. Tapi bisa dipastikan view yang kamu dapat juga wowwww
  29. Jika berdiri di dam-nya kamu bisa melihat tangga menuju observation. Tapi…. . Tangganya cukup menantang dan curam
  30. Tangga lainnya ada di dalam, kearah antrian Kanden tunnel troley bus , menuju Ogizawa. Tangga lebih landai ( kami baru tau jalur ini saat turun)
  31. Dari tangga curam kamu bisa melihat damnya juga. Sedangkan kalau dari tangga landai tidak bisa karena di dalam ruangan tertutup.
  32. Antri lagi menuju menuju bus …
  33. Setibanya di Ogizawa, silahkan beli tiket lagi bus lokal menuju Nagano ( walau beli tiket all ini Alpin, tiket bus ke nagano tetap exclude )
  34. Datanglah pagi hari … selain menghindari antrian panjang, waktu main juga jadi lebih panjang
  35. Kostume :
    1. Gunakan baju hangat ( bukan cuman tebal yah )
    2. Gunakan pakaian yang kedap air. Tas dan sepatu juga gunakan yang kedap air
    3. Jangan tergoda dengan foto2, karena iklim Indonesia tropis panas, mungkin suhu 10-15 derajat sudah dingin. Jika kamu biasa tinggal di ketinggian seperti Bromo Malang, Berastagi Sumatera Utara, Bukit Tinggi Sumatera Barat Dieng Jawa Tengah cuaca 10 derajat mungkin masih biasa …
  36. Kalau kamu suka kamera … pastikan peralatan kamu sudah full charge. Kalau bisa bawa lebih dari 1 alat dokumentasi. Tapi jangan gunakan secara berbarengan
  37. Jangan bawa barang banyak2, titip di kota saja misal di locker di Shinjuku Stasion ( klik baca blog tentang Shinjuku Stasion )
  38. Bus Ogizawa -> Nagano ada sampai sore hari. Jadwal liat foto dibawah
  39. Di Nagano, kotanya sangat sepih
  40. —> added soon 

MUST  Tips berkunjung ke Tateyama Kurobe Alpine Route ( Dinding Salju )!

Pastikan kamu membuka web alpin route untuk memastikan apakah lokasi wisata ini dibuka atau tidak saat kamu berencana ke Jepang … ( https://www.alpen-route.com/en/ )

 

Jangan lupa baca tentang tateyama selengkapnya dan cerita kami di alpin route ini …. dan juga cerita2 menarik kami lainnya selama berkunjung ke Korea Selatan dan juga Jepang ….

Yippppiieee ….

 




5 Replies to “Survey Korea Jepang : Tips berkunjung ke Tateyama Kurobe Alpine Route ( Dinding Salju )”

  1. Mas, blog nya sangat informatif sekali…
    Saya mau tanya..rencananya saya mau ke alpen route dr kyoto dan sampe tateyama pagi hari lalu titip koper karena akan menuju tokyo.
    Apakah memungkinkan dr ogizawa balik lg ke tateyama? Kalau bisa, pakai apa mas & biayanya brp?
    Makasih sebelumnya 🙂

  2. Makasih Banyak ya Gan atas reviewnya, Golden Week (Tgl 1 & 2 Mei 2016) ini saya berencana ke Sana. Tapi masalahnya bus willer dari Nagoya ( Tempat Tingga saya sekarang) gak ada yang langsung Ke Toyama. Saran Agan Wirawan gimana?

  3. Halo mas, thanks banget buat infonya, mau tanya , kalau dari haneda pagi, langsung ke tateyama apa bisa ya? please advise, thanks

    1. Wah…. Definisi “bisa” apa yah….

      Kalau secara transportasi bisa aja, apalagi kalau naik shinkashen tapi liat jadwal karena kami ju ga ga tau.

      tapi kalau mau menikmati di tateyama yah menurut saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *