Survey Korea Jepang : Horray Tateyama Kurobe Alphine Route




Tateyama Kurobe Alphine Route - Kami Berdua
Tateyama Kurobe Alphine Route – Kami Berdua

SURVEY KOREA JEPANG : HORRAY TATEYAMA KUROBE ALPHINE ROUTE

Melanjutkan cerita sebelumnya tentang TATEYAMA KUROBE ALPHINE ROUTE.  Malam ini, malam kedua kami dan pengalaman kedua kami menikmati paket 10.000 yen Willer Express Bus. Setelah kami mengunjungi Tokyo Goverment Tower, kami menuju Shinjuku Stasion untuk ganti tas lagi karena memang bawarng yang kami bawa berbeda. Kawaguchijo itu daerah lumayan panas, sedangkan Tateyama itu es, dinginn …  Kemudian ami menuju kafe willex exprees kemudian menunggu bus. Ternyata, lokasinya di dalam gedung. Ketika masuk gedung sudah ada petugas willer exprees yang menyambut kita. Kemudian di waiting room seperti ada counter checkin. Dan kami diberi kertas no tempat duduk. Sayayngnya, saat petugas memanggil bus menggunakan bahasa Jepang. Nah pas kelas pelajaran bahasa Jepang topik panggil memanggil gua ga ikut jd bingung ( prett ). Ngeliat layar schedule gua juga bingung akhirnya berapa kali nanya aja ke petugas yg manggil tadi. Biar si petugas hapal muka gua…. Akhirnya kami dipanggil juga diarahkan ke parkiran mobil a.k.a bus. Pastikan no bus, tari tas di bagasi dan naik ke bus. Tempat kami turun besok pagi bukan tujuan akhir bus kami jadi rada takut juga kalau kebablasan. Naik ke bus, makan inogiri tuna (lagi) bobo cantik. Tidak lupa chargin alat2 elektrinik donk. || HORRAY TATEYAMA KUROBE ALPHINE ROUTE

Morning @Toyama STASION , GOES TATEYAMA KUROBE ALPHINE ROUTE

Toyama Stasion ( Toyama ekiJapanese)adalah stasion kereta di Toyama, Japan yang dioperasikan oleh JR West. Ini merupakan terminal stasion terbesar di kota Toyama. Sedangkan Dentetsu-Toyama Stasion ( Dentetsu Toyama Eki – japanese ) merupakan stasiun untuk kereta lokal, Toyama Chiho Railway. Lokasi kedua stasiun ini bersebelahan. ( https://en.wikipedia.org/wiki/Toyama_Station )
Alphine Route | Tetyama to Toyama Train Toyama Stasion
Alphine Route | Tetyama to Toyama Train Toyama Stasion

Sekarang kami Kami diturunkan di Toyama Stasiun pintu selatan. Kemudian kami bersih2 di toilet sekitar situ. Sedangkan pintu ke Dentensu ( kereta lokal ) ada di utara, karena salah nanya kami memutar jauh ke barat aka ujung stasiun. Ternyata di dekat kami turun dari willer express, sebenarnya ada jalan ke bawah, undeerpass ke seberang. Nama keretanya Toyama Dentensu. Tetapi untung juga kami nyasar, bisa ngeliat tenangnya kota ini loh. Sempet ngeliat trem juga, angkutan umum basis rel yang menggunakan listrik. Setelah bercapai ria, kami menemukan pintu loket Toyama Dentensu. Kami masuk kemudian mengantri. Saat sedang mengantri,  ada bapak2 setengah baya sepertinya volunter. Beliau bertanya dengan kami yang sedang mengantri mau kemana, kami bilang mau ke Alphine Route One Way untuk tiga orang. Jadi toyama => ogizawa. Kalau PP bisa balik lagi ke toyama, jadi sore/malam nanti kami kembali ke titik sini. Jadi dari Toyama s/d Kurobe Dam nah balik lagi ke Toyama. Tapi bakal makan waktu lebih lama loh …. . Pertimbangan kami adalah kombinasi toyama => Kurobe Dam => ogizawa => bus ke Nagano , …. Harga tiketnya lebih murah, beda won 1000 – an sih,  dan waktunya jadi lebih. Jadi bisa lebih lama di tempat wisatanya. Sebenarnya di kota Nagano masih ada tujuan sight seing, tapi karena kurang info jadi batal. Ditambahh ini sudah hari ke sekian kami ngetrip.

Alphine Route | Tetyama to Toyama Train
Alphine Route | Tetyama to Toyama Train

Route pertama lokal train dari Toyama => Tateyama, view nya sangat indah. Masih pemandangan alami pedesaan, udara segar, hijau dan sawah sawahnya. Juga ada anak2 sekolah yang bergerombol di pojokan. mereka rata2 berdiri ga mau duduk. Dan ngobrol ga pakai toa…. Gua liat cara bayar tiket mereka ya masukin duitnya aja ke mesin, padahal mereka di belakang ga ada yang ngawas. Naik kereta lokal yang interiornya sangat jadul sekitar satu jam. Yah memang sih pemandangannya mirip dengan kereta jawa yang menyusuri sawah.

Tateyama Kurobe Alphine Route - Tateyama Cable Car
Tateyama Kurobe Alphine Route – Tateyama Cable Car

Setibanya di Tateyama Kemudian di ujung berganti ke transportasi selanjutnya berupa kereta juga tetapi nanjak terus. Kereta ini ada di lantai dua. Dalam sekali naik, kereta ini sangat terbatas kapasitasnya. Mungkin kalau sepenglihatn gua cuman 30-40 orang saja. Jadi kita akan naik berdasarkan no antrian yang ada di tiket, ini satunya2 transportasi di rute ini yang menggunakan no antrian masuk. Sedangkan transportasi selanjutanya setelah ini hanya antrian siapa cepat dia dapat. Kereta ini punya kemiringan mubgkin sekitar 40 derajat. Karena keretanya terus naik ditarik menggunakan tali/sling baja. Di tengah2 perjalanan, kita akan melihat kereta serupa yang jalan berlawanan arah dengan kita, dari atas kebawah ( turun) Setalah 7 menitan perjalaban, kita akan tiba di stasiun atas, Bijodaira. Sampai? Belum, masih ada yg selanjutnya….

Tateyama Kurobe Alphine Route Japan - Tateyama Highland Bus
Tateyama Kurobe Alphine Route Japan – Tateyama Highland Bus

Di Bijodaira, kemudian kita berganti ke bis biasa. Atau mungkin bus listrik yah, bus ini akan menyusuri hutan dan kiri kanan nya sudah putih. Saljooohhh…. Saljunya masih tebel loh, tapi sepertnya di beberapa bagian sudah banyak yang mencair. Bahkan pohon2-nya dapat tumbuh dengan indah ditengah salju tebal. Di kejauhan kita dapat melihat hutan lainnya yg juga putih tertutup salju lohh. Di atas bus ada video presentasi tentang daerah wisata ini dari awal, kemudian di satu titik kita akan ditunjukan Air Terjun Shomyoh, lokasinya sih jauh di seberang sana. Tapi kami tidak melihatnya karena sedang membeku. Sekitar 50 menit, kita akan tiba di Murodo




main saljoohhh di Murodo …..

Di Alphine Route, ada dua lokasi untuk bermain salju. Murodo dan Kurobedaria .. Kedua tempat tidak berurutan, Kurobedaria lokasinya setelah Murodo => Dainkanbo. ini, menggunakan trolley bus. Setibanyanya di Murodo, kita akan keluar kemudian masuk ke dalam gedung dulu … jerrrr….. dinginggiiiiiiinnnn. Eh, orang2 lainnya pada biasa2 aja tuh. Viuhhhh………. Mencari gate menuju dinding salju ternyata belum dibuka. Jadi didalam kami menikmati suasana gedung ini dulu. Tapi ga jauh2 dari pintunya sih.  Dinding es sendiri lokasinya ada di depan bangunan utama gedung ini. Di dalam gedung sendiri, ada restoran, penjual makanan, penjual souvenir, toilet.

Tateyama Kurobe Alphine Route - Kami
Tateyama Kurobe Alphine Route – Kami

Saat gate akan dibuka sesuai jadwal, kami langsung ke antrian depan. Saat pintu dibuka, kami langsung menuju ujung dinding salju agar mendapatkan spot terbaik. Alhamdulillah akhirnya kesampean juga kami memegang es ini. Walau bukan salju yang jatuh dari atas. Selain dinding salju, kita bisa ke bagian lainnya yang tidak jauh dari sini. DIsini kita bisa melihat tebing salju lebih luas. Tebingnya tidak terlalu miring sih, dan masih cukup apa buat kita. Selain itu , ada juga labirin salju … lokasinya agak terpencil, bahkan ga keliatan kalau buat kamu2 yang ga suka lirik kanan kiri atas bawah. b Disini juga ada layanan bebrayar foto dengan frame kelinci. Lupa bayarnua berapa, mungkin sekitar 1000 yen. Lumayan kan, tapi dia juga memperbolehkan kita foto asal awalnya kita foto pakai kamera dia baru pakai kamera kita sendiri. Yah, hajjar aja deh, gratis kan

Tateyama Kurobe Alphine Route - Tunnel Trolley Bus Murodo Daikanbo
Tateyama Kurobe Alphine Route – Tunnel Trolley Bus Murodo Daikanbo
Tateyama Kurobe Alphine Route - Cable Car Daikanbo - Kurobe
Tateyama Kurobe Alphine Route – Cable Car Daikanbo – Kurobe

Selanjutnya ke sisi belakang gedung. Masih sama donk , hamparan salju putih semuanya. Bedanya, kalau dibelakang ini hamparan saljunya lebih rata jadi kalau mau narsis bisa foto tiduran di belakang ini.  Dan ada jalan berbatu. *** Saat gua membuat tulisan ini, gua baru tahu disana dahulu ada onshin/ pemandian air panas namun sekarang sudah ditutup. Dan ternyata disana ada penangkaran satwa burung, lupa namanya burung apa. Burung yang yang sudah langka dan asli dari daerah ini *** Nikmatin segalanya disini sepuas-puasnya , jadi sebaiknya datang pagi2 biar waktu lebih panjang dan tidak capek ngantri. Selanjutnya naik ke point selanjutanya menggunakan bus listrik yang berjalanan di dalam tunnel. Setibanya disini, kita hanya foto di luar. Dari sini kita dapat melihat kebawah .Nah langsung deh turun lagi ke bawah menggunakan kereta gantung turun lagi ke Kurobedaria. Main salju lagi, tapi seluas dan sebanyak di Murode.

Tateyama Kurobe Alphine Route - Kurobe Cable Car
Tateyama Kurobe Alphine Route – Kurobe Cable Car
Tateyama Kurobe Alphine Route - Kurobe Dam
Tateyama Kurobe Alphine Route – Kurobe Dam

Setelah menggunakan kurobe cable car itu baru turun ke kurobe dam nikmatin view dam yang masih membeku dari ketigiian. Disini kami melihat anak2 sekolah yang sedang di dam, kayaknya mereka datang dari arah ogizawa karena mereka hanya menggunakan pakaian seragam tidak membawa jaket apapun. Jangan lupa naik keatas dam, di observatorium deck ini viewnya tidak kalah menarik, sayangnya saat kami datang air dam masih beku jd yang terlihat cuman air beku saja. Kalau melalui tangga besi yang ada di sisi luar observatorium, capai karena jalannya nanjak terus. Apalagi tenaga kami sudah banyak terkuras sejak dari Korea sampai sekarang. Namun apa mau dikata, sudah capai2 kami ke sini, bayar mahal2 untuk dapat menikmati wisata ini. Masa gara2 anak tangga ini kami mundur … hiks aja. Lanjuttttt naik terus sampai keatas …………….. Amazing … wooowwww ….hamparan dam yang sangat luar dan di ujungnya / pintu airnya tidak ada air keluar karena membeku. Dan di kejauhan termasuk di belakang kami, ada dinding2 seperti pintu yang menuju dalam gunung tapi sudah ditutup. Dan ternyata , dari dalam ada tangga yang lebih landai … tangga ini kami pakai turun.

Tateyama Kurobe Alphine Route Jepang - kanden tunnel trolleybus from Kurobe Dam to Ogizawa
Tateyama Kurobe Alphine Route Jepang – kanden tunnel trolleybus from Kurobe Dam to Ogizawa

Kemudian menggunakan Kanden Tunnel Troley Bus, bus listrik ini mengantar kita sampai ke terminal Ogizawa. Bus disini mengantri lebih lama. Karena setiap berjalan, bus berombongan sekitar 6 bus. Di tengah2 perjalanan, kita akan bertemu dengan bus yang baru naik dari Ogizawa. Baru deh bergantian karena jalur sebenarnya hanya cukup untuk satu bus searah. Setibanya di ogizawa, baru cari jadwal menuju Nagano Beli tiket baru deh santai. Krn berarti kami aman untuk naik bus willex exprees menuju Shinjuku tokyo. Hahahahahahahah

Di dalam bus ini, kami bagaikan naik bus VIP. Hanya ada kami dan dua orang penumpang lainnya di belakang. Baru deh setelah perjalanan sekitar 20 menit. Ada dua penumpang lain naik. Dan itu penumpang terakir yang naik. Sampai di kota tidak ada penumpang lainnya. Sebenarnya mau sighteing kota Nagano, tapi apa mau dikata badan sudah mulai minta rehat. Alhasili cuman muter mall yang gabung sama stasiun aja. Sebenarnya ada kereta menuju tokyo, tp uang sudah semakin menipis. Jd dari sore sampai malam kami hanya duduk di depan mall ini. Oia, walau di depan banyak mobik tapi udaranya sejuk. Ga banyak polusi, wong jalannya aja sepih ko. Untuk makan kami membeli secukupnya saja.

Update Februari 2016

Transportasi dari Ogizawa ke beberapa kota ( klik gambar untuk memperbesar )

Tateyama Kurobe Alphine Route Jepang Ekspress Bus Ogizawa - Nagano  ( Highland Express - Alpico Group )
10 – Tateyama Kurobe Alphine Route Jepang Ekspress Bus Ogizawa – Nagano ( Highland Express – Alpico Group )
Tateyama Kurobe Alphine Route Jepang -Ekspress Bus Ogizawa - Nagano
Tateyama Kurobe Alphine Route Jepang -Ekspress Bus Ogizawa – Nagano
Tateyama Kurobe Alphine Route Jepang -Ekspress Bus Ogizawa - Nagano
Tateyama Kurobe Alphine Route Jepang -Ekspress Bus Ogizawa – Nagano
Tateyama Kurobe Alphine Route Jepang -Ekspress Bus Ogizawa - Nagano
Tateyama Kurobe Alphine Route Jepang -Ekspress Bus Ogizawa – Nagano
Tateyama Kurobe Alphine Route Jepang -Ekspress Bus Ogizawa - Nagano
Tateyama Kurobe Alphine Route Jepang -Ekspress Bus Ogizawa – Nagano
Tateyama Kurobe Alphine Route Jepang -Ekspress Bus Ogizawa - Nagano
Tateyama Kurobe Alphine Route Jepang -Ekspress Bus Ogizawa – Nagano

 




25 Replies to “Survey Korea Jepang : Horray Tateyama Kurobe Alphine Route”

  1. Wah keren bgt t4nya..
    Pertanyaanku, koper dikemanain mas?
    Kan gk blk lg tuh ke toyama..
    Trs apakah dstiap cek point kt ada jedah wktunya utk ke cek point berikutnya?
    Atau berhentinya cuman di tempat2 yg mas sebutin diatas?(susah nyebutin namanya hehee..)

    1. Koper … kami ninggalin koper di Shinjuku stasion ( tokyo ). Jadi pas kembali dari Kawaguchiko, ke locker di shinjuku untuk ambil2 barang untuk bus malam ke toyama , nah sisanya di tinggal di shinjuku.

      cek point apa ah ? saya sih taunya cuman tempat2 itu. Nah di setiap tempat itu terserah kita mau berapa lama.

  2. Ooo brarti dr kyoto kmrn lgsg ke shinjuku ya?
    Trs ke kawaguchiko and then ke toyama (alpen) br trakhr lanjut ke shinjuku lg gt?

    Mksd aq mas sewaktu di alpin itu tempat maen saljunya ada brp lokasi??
    Trs terserah mo brp lama gt??
    Gk ditinggal bus nya kan?? Hehehe
    Scara tiketnya terusan toyama-ogizawa

    Itin aq hampir mirip dgn punya mas, makanya byk nanya hahaha..
    *maap yak

    1. Bukan …
      Dari Kyoto Rabu malam hari naik WIller , nyampe shinjuku stasion Kamis pagi hari

      Di shinjuku , ke locker, titip tas dulu baru ke kawaguchiko. Pulang dari kawaguchiko kami ke locker tas lagi. Jadi kamis pagi ke locker, Kamis malam ke locker lagi. Karena ambil jaket untuk ke alphine.

      Setelah ke locker, kamis malam naik willer bus lagi ke toyama. Nyampe toyama jumat pagi, baru deh ke alphine route. Jumat sore udah di ogizawa, malamnya naik willer express ke Shinjuku lagi

      ————-
      Angkutan yang berjadwal itu cuman cable car dari tateyama yang harus sesuai jadwal. SIsanya bebas ko mau berapa lama. Jadi setelah dari tateyama, semuanya terserah kita mau berapa lama. Kita tinggal naik angkutan yang ada saat itu aja.

      Tempat main salju ada 2 pemberhentian mas, di pemberhentian itu barudeh tempatnya gede

      http://blog.wirawanprasetyo.web.id/2015/survey-korea-jepang-sekilas-tateyama-kurobe-alphine-route/

  3. Yap , 3 malam di dalam bus willer , 3 bus berbeda arah. dan semua itu masih yg 10rb

    Pas ke kawaguchiko busnya beda lagi mbak. busnya di seberang kawaguchiko shinjuku stasion

  4. Maap mas td aq cek web nya bus willer tuh rute dr shinjuku ke toyama (mau pergi ke alpin) dan dari ogizawa ke shinjuku (plg dr alpin) gak ada..
    Adanya kan tokyo-osaka. Apa emg ambil rute yg itu ato ada yg laen??

    Trs satu lg mas, kan itu adanya paket 3hr n 5hr gt. Klo kt mau pakek skali (pp)aja kan syg tuh. Bs gk belinya ketengan gt yak??

    1. Shinjuku -> Toyama Stasion, ada ko di webnya dia masuk Hokuriki Perfecture. Toyama bukan tujuan akhir busnya

      Kalau Ogizawa -> Shinjuku , ogizawa juga bukan awal busnya. Gua lupa dia start dari mana. Waktu itu kami juga kirim email ke mereka untuk suggest trayeknya

      Tiket satuan ada ko , tapi semua pembelian lewat web.

  5. Selamat pagi mas, saya berencana ke jepang bulan mei ini, nah itin saya mirip bgt dengan mas.. dan berencana beli willer bus yang untuk 3 hari all day 12.500 yen. saya berencana berkunjung ke osaka, kyoto lalu malamnya ke -tokyo(willer bus) nyampe tokyo pagi langsung naik bus ke kawaguchiko sampe sore, malamnya naik willer lagi dari shinjuku-ke toyama, sampe toyama pagi hari eksplore alpen route sampe ozigawa. nah yang saya bingung willer bus setahu saya adanya dari toyama ke tokyo, kalo dari ozigawa naiknya dari mana ya mas.. boleh minta tolong infonya, dan kira2 willer bus dri ozigawa bernagkat jam berapa ya? sempet nyobaon onsennya juga g mas…makasih infonya

    1. Hallow Mas/Mbak Disa …

      Pas kami kemarin tidak ada relasi dari Ogizawa, jadi kami menggunakan public bus dari Ogizawa ke Nagano. Di Nagano kami menunggu sampai malam menunggu bus Willer Express. Kami menunggu bus malam karena rencananya mau sight seingt kota Nagano namun batal karena kurang prepare dan kecapean main es.

      Wkatu itu kami juga nanya melalui email ke WE , coba ditanya aja lagi ke sana.

  6. Selamat pagi Mas Wirawan, sy rencana dari kyoto ke toyama naik WE , cuma bingung pulangnya mau dari toyama atau nagano karena sy bawa beberapa koper mas. kalo pp dari toyama apa memungkinkan untuk waktu tempuhnya ( pulang dengan WE dari toyama-tokyo). satu lagi mas itu tiket terusan dapat kursi type relax atau yang standart ya? saya bepergian dengan 2 anak ( usia 8 & 11 th ) apakah cukup nyaman untuk tidur mereka karena sy rencana beli paket yg 3 hari untuk WE. Terimakasih sebelumnya.

    1. maap baru balas ….
      Kalau bawa koper sebaiknya ke Toyama lagi mas …. walau sebenarnya memungkinkan juga sih ke Nagano bawa koper. Memang mas/mbak jadwalnya Kyoto-toyama-trus kemana ? Kalau kami kan Shinjuku STasion ( tokyo ) – Toyama – Alpen – Nagano – Shinjuku lagi … jadi tas kami taro di shinjuku.
      Masalah sempat atau tidak sangat relatif , kalau tiba sangat pagi dan kembali malam sangat memungkinkan … karena antrian di lokasi wisata belum padat.

      kalau busnya lupa kelas apa … tapi cukup nyaman ko http://www.wirawanprasetyo.com/2015/survey-korea-jepang-willer-express-3-malam-10000yen/

      1. Rencananya dari toyama mau ke shinjuku naik willer lg mas. Apa memungkinkan tiba pagi di toyama malamnya balik lagi dari toyama untuk naik willer ke shinjuku? Rencana mau sampai kurobe dam balik lagi ke toyama mas. Transportasi terakhir dari murodo jam berapa ya mas yg ke arah tateyama. Trims

  7. Mas, saya ingin mengikuti itin yg mas buat untuk ke alpine, nah yg saya mau tanya mandinya dimana ya? Kayanya di bus mulu itu hehe. Terima kasih

    1. Wakakakakka… Ditanya Beginian…..

      Kami ga mandi selama kurang lebih 54 jam. Saya yang sangat mudah berkeringat, alhamdulillah selama disana tidak berkeringat. Tapi tetap cuci muka aja mas/mbak nugraha.

  8. Halo, saya ingin mengikuti itin yg mas buat, namun saya ingin menanyakan beberapa hal, itu 3 hari di bus mandinya gmana ya? Hehe, terima kasih

    1. Wakakakakka… Ditanya Beginian…..

      Kami ga mandi selama kurang lebih 54 jam. Saya yang sangat mudah berkeringat, alhamdulillah selama disana tidak berkeringat. Tapi tetap cuci muka aja mas/mbak nugraha.

  9. Hahah maaf yah double post, kemaren pas kirim pertama error kirain ga ke kirim. Oh gitu, iya penasaran mas. Ga keringetan yaa, mantablah kalo gitu, jd tetep bisa kece selama perjalanan. Thanks infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *