survey korea jepang : anti nyasar di Subway Seoul




Korea Subway Navigation
Korea Subway Navigation

Saat ini di kota Seoul, Korea Selatan sudah memiliki 8 jalur subway yang menghubungkan berbagai tempat di kota Seoul dan sekitarnya. Subway di kota Seoul sendiri bukanlah sebuah barang baru, mereka sudah memiliki subway sejak tahun 1974  dan beberapa tahun kemudian Indonesia baru ( sekedar) mewacakan kereta bawah tanah. Tapi saat itu Indonesia sudah membangun MRT versi darat. Subway yang ada di kota Seoul sama seperti Commuter line ( kereta rel listrik)  yang melayani Jabodetabek. Bedanya, subway itu di bawah tanah ( paling tidak sebagian besar).

Tulisan ini sebenarnya melengkapi tulisan sebelumnya dengan topik serupa aja ( disini). Untuk menggunakan subway pastinya kita harus memiliki tiket donk. Kita bisa menggunakan tiket satuan maupun (kartu) uang elektronik-t-money. Sebagai traveller, gua menyarankan menggunakan t-money saja karena kita tidak perlu ke vending machine setiap mau masuk subway. Oia, kalau di Tentang t-money sudah gua tulis di bagian lain di blog ini…. survey korea jepang : anti nyasar di Subway kota Seoul.

Nah, biar kita tidak salah naik dan turun stasiun. Gua menyarakan menggunakan applikasi….

1. Subway navigation ( https://play.google.com/store/apps/details?id=net.orizinal.subway )

Download, install gunakan. Aplikasi ini gratis. Setelah di install bisa langsung digunakan. Tinggal pilih tempat berangkat, stasiun tujuan. Kemudian langsung muncul kombinasi subway menuju stasiun tujuan. Juga muncul tarif ( tarif yg tertera jika menggunakan tiket satuan).  Juga estimasi waktunya. Mapnya bisa di zoom out.  Kamu juga bisa melihat details stasiunnya, seperti jadwal kereta di stasiun itu, posisi pintu, fasilitas restroom, lift.

2. Subway  https://play.google.com/store/apps/details?id=com.imagedrome.jihachul )

Featurenya mirip dengan aplikasi no 1 tapi sayang mapnya tidak bisa di zoom out.
Klik di nama satsiun untuk mengurai menentukan stasiun berangankat dan stasiun tujuan.
Setelah kita memilih stasiun berangkat dan stasiun tujuan,maka di map akan muncul jalur kereta yang akan dilewati. Dibagia atas ada estimasi waktu dan dibawah ada tarif jika menggunakan tiket satuan. Berbrda dengan aplikasi diatas, kalau mau details stasiun yang dilewati, kita harus menekan menu ” transfer info”. Jadi kita ada dua pilihan melihat stasiunnya.




#wawan2016




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *