8 cara menghemat biaya penginapan




puncak petite france .jpg
puncak petite france .jpg

Work hard, stay positive, and get up early. It’s the best part of the day.

Menjelang akhir tahun biasanya banyak nih orang yang mulai mempersiapkan rencana liburan. 12 bulan banting tulang, waktunya recharge spirit nih, semingguan lah … WOW. Tapi, jangan sampai liburan menjadi masalah dikemudian misalnya gara2 pengeluaran yang over bujet. Berdasarkan pengalaman selama ini, salah satu komponen yang cukup menguras pengeluaran selama ngetrip yaitu penginapan. Tapi, selain menguras pengeluaran cukup besar, penginapan juga berperan penting menjaga stamina kita untuk esok hari. Jangan sampai gara2 salah istirahat besoknya malah sakit. Nah, karena itu kita perlu mensiasatinya agar penginapan selain nyaman di badan tapi juga nyaman di dompet. Ada 8 cara menghemat biaya penginapan yang biasanya saya gunakan untuk mensiasati masalah ini : 

1. Reward kartu kredit dan provider hp

Sebagian besar kartu kredit dan provider handphone pasti mempunya reward kepada para pelanggan setianya. Dan mereka juga melaksanakan kerja sama dengan beberapa hotel seperti tukar reward / poin maupun potongan harga menginap. Uniknya, mereka bekerja sama dengan hotel2 yang sudah terkenal. Selain itu, terkadang kartu kredit menyediakan bonus tambahan berupa cicilan dengan bunga 0% persen.

2. Patungan

Patungan dengan orang lain bisa sodara dan teman memang cara termudah mengurangi bujet penginapan. Apalagi buat kamar2 hotel yang punya fasilitas bisa diisi 2 -3 orang. Kalau penginapan model dorm, memang sih lebih murah karena bayarnya memang per orang.

3. Travel agent

Travel agent biasanya mempunyai harga sendiri untuk hotel. Sayang, mereka memiliki limitasi jumlah pilihan penginapan yang ditawarkan

4. Online travel agent

Nah ini yang lagi booming banget, online travel agent. Mirip dengan travel agent pada umumnya, tapi mereka menggunakan website untuk berjualan. Dan hampir semuanya diselesaikan secara online. Mereka menawarkan paketnya dan keuntungan masing-masing.





Klikhotel.com - Mobile Friendly banget tampilannya. Salah satu cara menghemat biaya penginapan
Klikhotel.com – Mobile Friendly banget tampilannya. Salah satu cara menghemat biaya penginapan

Klikhotel.com

Salah satu online travel agen yang ada di Indonesia yaitu klikhotel.com produk asli Indonesia ini menawarkan tarif murah ratusan hotel seantero Indonesia. Penggunaannya sangat mudah dan user friendly buat mereka yang baru pertama kali menggunakan website ini. Tampilan situsnya menggunakan bahasa Indonesia bukan bahasa Asing yang di terjemahkan. Masuk ke situsnya klikhotel.com , kemudian kita pilih nama hotel atau nama daerahnya, masukkan tanggal menginap dan jumlah orang yang akan menginap.

Masih mau memilih lebih, gunakan fasilitas filter. Dengan filter ini kita bisa memilih penginapan berdasarkan kebutuhan kita. Misalnya dana yang kita sediakan, tipe penginapan atau yang paling unik kita memilih penginapan berdasarkan review orang. Jadi kita bisa meng-filter hanya penginapan yang mendapatkan review sempurna dari orang yang sudah menginap sebelum ini. Jadi walau kita tidak tau dimana lokasi hotelnya, paling engga kita ga beli kucing dalam karung kan ….

Dan karena made in Indonesia, maka metode pembayaran juga menyesuaikan dengan kebiasaan orang Indonesia. Bisa transfer loh. Ga harus pakai credit card. Jadi sangat nyaman kan buat kita yang belum memiliki kartu ini.

Masih mau mendapatkan harga yang lebih hemat, coba deh mendaftarkan email kita untuk mendapatkan Newsletter secara rutin. Maka kita akan mendapatkan informasi yang lebih berharga. Mereka menawarkan ” hot promo” untuk berbagai kelas kamar.


5. Unpublished rate / corporate price

Harga ini biasanya harus kita minta langsung ke bagian marketing. Harga ini sebenarnya untuk pembelian dalam jumlah banyak. Namun berbagai alasan bisa digunakan, yah bisa memang kita membawa nama kantor dan akan sering menginap disana. Atau bilang saja sedang survey jadi harus menginap disana. Harga yang ditawarkan bisa jadi hanya 70-80% dari harga yang di tampilkan di web.

6. Sodara

Menginap di rumah keluarga Nah yang ini memang enak, selain menghemat pengeluaran tetapi juga menyambung tali silaturahmi. Lumayan kan   . .. . sekali mendayung, dua tiga pulau tercapai.

7. Komunitas Lokal

Interaksi dengan komunitas lokal sebelum berangkat, kita bisa mencari2 dulu komunitas lokal, misalnya teman2 sesama backpacker. Biasanya mereka mempunya rekomendasi penginapan maupun rumah singgah murah. Yah kalau beruntung dapat gratisan juga….

8. Dimana saja

Terakhir tidur dimana saja kita tiba. Tapi cara ini kurang di rekomendasikan buat kamu yang kurang modal nekatnya.

Have a nice trip…




2 Replies to “8 cara menghemat biaya penginapan”

  1. Klo untuk sekedar tidur, sebenarnya banyak kok hotel kelas melati dengan tarif < 200.000 / malam yang layak untuk disinggahi. Klo untuk urusan makan, bisa lah 2 kali sehari. Transpor kalau mau ngirit bisa nyewa motor atau naik angkutan umum disambung jalan kaki.

    Klo menurut saya malah yang bikin boros itu daftar oleh-olehnya…

    1. wah iya yah …. bener juga tuh mas. Kenapa gua lupa yah tentang hotel melati …. . Tapi hotel melati memang ada yang cukup bisa dinikmati ko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *