suntik meningitis




Gedung TeknikBerdasarkan info yang gua dapat. Suntik meningitis di Halim buka hari Sabtu. Jadilah hari Sabtu itu nyoba. Ternyata info yang gua dapat salah. Tetapi dari info tambahan dari lapangan, calon pasien sudah ada yang mengantri sejak Subuh. OMGGGGGGG ……

Lokasi

Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Soekarno Hatta , Poliklinik Wilayah Kerja Bandara Halim Perdana Kusum. Poli ini terletak di gedung Teknik bagian belakang. Detailnya, setelah mengambil tiket parkir maka langsung ketemu putaran. Belok ke kiri,  sekitar 40mtr langsung keliatan dah gedung tekniknya. Di lobi depan itu, kalau masih pagi dan belum ada petugas kita menulis antrian di kertas. Nah kalau sudah ada petugas,  kita masuk dari gerbang kecil di sebelah kanan ( Bukan dari tengah yah).

Waktu pendaftaran pukul 7 pagi sampai jam 12.00 , Senin – Kamis. Kalau Jumat cuman sampai jam 11.30. Nah waktu vaksinasi jam 8.30 – 15.00. Senin – Kamis istirahat jam 12-13. Jumat istirahat jam 11.30 – 13.00. Nah selain di sini , bisa juga di Tj. Priuk , Bandara Soekarno Hatta dan Salemba.




Apa yang perlu dibawa

– Foto 4*6 berwarna ( bukan warna hitam putih yah ) satu buah

– foto kopi paspor 1 buah

– Alat tulis

– Paper klik ataupun staples

– Uang sesuai keperluan ( untuk paket meningitis,  vaksi 260rb, admin 5rb, buku kuning 25rb, dokter 15rb. Total 305rb. Di dalam dokter juga akan menawarkan  suntik influenza ,lupa harganyas tp tdk wajib).

 

Masa aktif dan daya tahan 

Vaksin akan aktif 10-14 hari setelah disuntik. Dan daya tahannya 2 tahun ( ada di buku kuning ).

 

Buku Kuning
Buku Kuning http://gharra.files.wordpress.com/

Buku kuning ( International Certificate of Vaccination / ICV )

Buku ini layaknya buku vaksinasi untuk anak kecil. Di buku ini ada cap jenis vaksin kita, masa tahan dan lokasi suntik. Nah kalau  bukunya hilang, kita bisa minta buku penggantinyan asal kita ingat no buku dan data2 suntik kita. Mintanya di tempat kita suntik yah.

 

Cerita kami

Kami memilih hari Selasa, menghindari macetnya Senin. Tiba di gedung teknik jam 6 kurang, nyampe sana sudah ada kertas antrian, jadi kami isi nama. Kalau belum ada kertas,  mending inisiatif bawa kertas sendiri. Jgn lupa diberi pemberat agar tidak terbang kertasnya. Setelah isi karena masih lama , kami nyari sarapan. Kami kembali jam 1/2 7. Dan sudah  ada keranjang dari petugas. Disitulah kopi paspor ditaro,  ditulis juga no antrian kita yg tadi kita tulis di kertas.

## jangan sampai kelupaan yah

PriceJika pagar di kanan gedung sudah dibuka, kemudian antrian pindah ke belakang yg panas aja. Jam 7 petugas menyalakan sistem antri elektronik, Nah disinilah absensi yang tadi pagi kita tulis di cari copi paspornya trus di klip dengan no sistem antrian elektronik milik mereka dan di steples dengan form untuk diisi. Kemudian nama kita dipanggil untuk nunggu antrian masuk sekalian mengisi form yang diberikan. Isi formnya dan sekalian mengklip foto kita.

jangan harap nyaman menunggu di dalam. Untuk yang lapar dan ga bawa alat tulis ada kantinnya. Asal ada duit… Jadi antrian kami naik 4 nomor, ternyata ada pendaftar yang datang subuh tapi tidak tahu harus meletakkan foto kopi paspor juga. Jadilah tidak dianggap. Kasihan sih ….

 

Menunggu ( Jam 7 vs jam 8 )Setelah menunggu puluhan ribu detik…

Jam 8.30 baru panggilan masuk poli, per 10 org. Masuk 10 orang, kemudian menunggu untuk suntik. Dokter akan menanya  ada gatal karena telor ga. Dan kalau ce umur subur di test pack. Saat kami datang , di dalam ada 3 dokter. Semua ditanya mau unutuk apa, kapan brangkat dan ditawarin suntik flue.  Selesai suntik , kita ke ruangan sebelahnya untuk pembayaran kemudian pembuatan kartu kuning. Jadi di dalam ruangan ini paling hanya 10 menit saja.

 

 

FormTips :

– Lebih baik datang pagi setelah isi antrian baru deh keluar nyari sarapan. Nah nyarap juga kelamaan apalagi kejauhan , kan harus nyerahin fotokopi paspor tuh.

– Pas ngantri di belakang ( di depan pintu poli ) suasanya sangat panas ( at least, saat itu yah ) jadi pakaiannya disesuaikan.

– Sesuaikan juga pakaian untuk suntik , dan mau di lengan yang mana.

– Di dalam ada cici yang jualan nasi kuning,  risol, klip kertas, pulpen dan foto kopi. Kalau harga…..

 

Efek samping

Gua pribadi tidak tau pasti apa efek samping dari suntikan ini. Kalau suntik secara umum, biasanya tangan akan terasa pegal2 untuk beberapa jam. Nah dapat info juga vaksin meningitis juga bisa menyebabkan badan panas. Jgn menjelang haid, simplenya efek sakitnya dua sekaligus. Dan usahakan dalam keadaan fit yah , untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

Oke sekian … Wassalamualaikum




About

Anak ini katanya nih suka jalan2 sebagai bagian dari kehidupan sehari2 untuk mensyukuri dan dunia dengan mata sendiri . . . Padahal dompet kembang kempis ... hoplah ...

View all posts by

One thought on “suntik meningitis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *