Sekilas Buniayu ….




Caving Kit
Caving Kit

Kamu yang suka tantangan berbeda bisalah mendatangi wana wisata ini sekali dua kali tiga kali juga gpp. Kegiatan utama yang ada di sini adalah masuk goa. Ada dua pilihan goa … goa yang masuknya horizontal dan gua yang masuknya vertical.

Sebenarnya gua ini hanya satu, tapi di satu titik ada bagian dari goa yang sepertinya sudah rusak / runtuh. Jadi ada beberapa pintu masuk goa , pintu 1 itu untuk horizontal …. Pintu dua secara vertical , pintu 3 anak tangga dan pintu 4 air terjun ….

Sehingga untuk menikmati lebih dalam bagian ini bisa dari bagian verticalnya.




Wana wisata buniayu ini letaknya sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Sukabumi Jawa Barat, +- 20 km lah kea rah selatan. Jalurnya Kota Sukabumi – Baros – Jubleg – Nyalindung , ini satu jalan aja jadi sebetulnya mudah di jangkau. Nanti di sebelah kana nada gapuranya.

Caving Buni Ayu???

Kata Buniayu merupakan  bahasa sunda yang Buni artinya tersembunyi , dan ayu keindahan. Jadi sekilas artinya keindahan yang tersembunyi.  Bagi yang menyukai keindahan ( hayyah ) memang tempat ini banyak stalagnit stalakmit yang bagus2 dan masih hidup loh. Sedangkan yang suka tantangan , tempat ini cukup buat test adrenalin …  Caving sendiri masuk ke dalam goa. Jadi kita akan menikmati keindahan di dalam sana.

 

Minat umum Vs Minat khusus ….

Untuk caving minat umum tidak terlalu sulit karena memang siapa saja bisa mencobanya dan dengan tantangan yang tidak terlalu rumit. Sedangkan minat khusus karena memang ada tantangan tersendiri dan membutuhkan tenaga dan semangat.

 

Oksigen …

Berdasarkan info dari guide disana ( Noi, bukan guide pas masuk ) goa ini cukup aman karena ada aliran sungai bawah tanah yang membawa oksigennya .

 

Lumpur vs bot ….

Di satu titik ada kalanya kita harus membuka sepatu bot kita karena lumpur yang cukup tebal dan cair. Tapi jika tidak mau membukanya ada tipsnya nih …..  usahakan ketika berjalan di daerah lumpur yang tebal sekitar 30cm dan siap menelan spatu bot yang kita pakai jangan sampai berhenti karena kalau berhenti lumpur langsung kayak mengunci bot kita ….

Jika ternyata sepatu nyangkut di lumpur saat digunakan …. Jangan panic dan jangan langsung membuka sepatu bot karena kamu bisa kehilangan titik koordinat …. Hayyah … intinya sepatu jangan dilepas dolo.

Langkah2 mengambil spatu dari lumpur ( satu persatu di sisi yang akan ditarik ) :

  1. Letakan tangan di bagian depan sepatu yang akan diangkat , ini sebagai cara agar kamu ga kehilangan jejak bot
  2. Jika sudah , keluarka kaki dari sepatu yang akan di angkat
  3. Tarik sepatu di bagian depan saja ke atas yooo ….
  4. Bisa dibantu teman kalau memang lumpurnya susah.
  5. Kalau perlu dibantu , ada teman yang kayak **maap** anjing / kucing menggaruk tanah sampai bagian sepatu. Not recomended jika pny kuku panjang.

 

Keluar goa – Air terjun –  Saung

Ada uang ada barang, pepatah ini yang cukup bagus untuk menerangkan keadaan ini. Keluar dari goa kita bisa berjalan sekitar 15-20 menit menuju air terjun. Menyusuri perkebunan warga loh … Di air terjun ini kita membersihkan caving kit kita yah , Nah kelar dari air terjun kembali jalan menuju saung. Nah jalan yang sekarang sekitar 1.5 km ( info guidenya ) …

Jadi sebaikanya di persiapkan dari awal2 yah , mau tetap jalan kaki atau kalian mau disiapin kendaraan disana untuk kembali ke saung. Oia , kendaraan juga bisa dipersiapkan dari kedatangan kalian di Sukabumi loh … yah tapi siapin dana yang lebih aja ( bukan sekedar cukup ) …

Karena goa ini cukup panjang jadi perhatikan hal2 yang terkait dengan keselamatan yah seperti kesehatan harus fit , jangan sampai keram , asma juga kudu hati2.

Oke sekian aja … kalau mau tau harga dan lain2 … cari aja di gugle …
Jangan lupa baca cerita selanjutnya yah ….

 




About

Anak ini katanya nih suka jalan2 sebagai bagian dari kehidupan sehari2 untuk mensyukuri dan dunia dengan mata sendiri . . . Padahal dompet kembang kempis ... hoplah ...

View all posts by

3 thoughts on “Sekilas Buniayu ….

  1. ahahahahhhaaaaa…

    nyangkut ye kawan kakinye ehh boots nyaaaaa…
    mangkanya jgn belakang banget dirinyaaa 😛

    *untung udah minta do’a ngga mau ala sawarna subuh nya. tengs kawan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *