KADO – Karya Anak Indonesia




KADO shift pagi

Hari ini kembali bersilaturahmi ke museum bank mandiri.  Bukan dengan teman2 , apalagi mengantar teman. Tapi bersama adik2 dari GUBUG IPPA , Rawamalang Cilincing. Yayasan Sahabat Anak mengadakan briefing sebagai rangkaian acara Karya Anak Indonesia (Kado). Eng ing eng , saya datang telat karena salah perhitungan waktu, dan juga malas2an hari minggu.

Sampai disana acara sudah dimulai. Yah , sejak pertama ikut briefing acara jambore 2012 aku memang salut dengan tepat waktu mereka. Kita semuanya sudah diajarkan tepat waktu sebagai sebuah kebiasaan bukan hanya teori belaka. Dan ketika diberi tahu tidak boleh masuk , yah siap2 aja pasrah ( tapi bukan saya yah 🙂 ) .

Ketika tiba , mc sedang menjelaskan tentang Kado. Aturan ,main , dll. Dan kemudian ditutup dengan mengajukan pertanyaan ke adik2. Dan mereka antusias berebutan untuk beranya dan mendapat reward buku gambar dan pinsil warna.

Surat mereka

Acara kemudian adalah olahraga. Bernyanyi untuk (kembali) membangkitkan semangat mereka donk. Kemudian dilanjutkan dengan gambar bersambung. Tiap anggota tim mendapat waktu 1 menit di kertas yang sama dan melanjutkan gambar teman sebelumnya. Kemudian hasil akhirnya dikumpulkan untuk diberikan penilaian dan reward. Disini setiap tim harus bisa menghargai hasil karya temannya.

Ide2 dari mereka

Kemudian dilanjutkan dengan memberi kertas sudah bermotif kereta dan senyum dan ada beberapa kolom tulisan iden dan nama mereka. Mereka boleh menulis dan mewarnaik kertasnya sesuai ide masing. Setelah itu ada survey sederhana dari panitia. Dan kemudian adik2 membuat surat cinta dan kknya membuat surat cinta sejumlah adiknya. Gedebruk dah




Setelah itu pulang . Eh tapi karena bus yang mengantar dan menjemput adik2 telat jadinya kita makan dulu nasi box yang diberikan oleh panitia di Masjid Museum Bank Indonesia. Yah kan letaknya bersebelahan. Sekalian juga mau ngomongin rencana selanjutnya yang kemudian kesimpulannya , nihil. Hehehhe

Pulangnya gua lanjut ke Fatahillah lagi dan melihat si patung Hermes. Ternyata tulisan harmoni ada di plakat di bawah patung tersebut. (

 

Sekilas :

Dalam rangkain kegiatan KADO. Ini merupakan kegiatan kedua. Kegiatan pertama adalah briefing kakak’ pendampingnya dua minggu lalu.

 

Apa itu Karya Anak Indonesia – Kado

Pohon Impian di Jambore Anak 2012. Dok. Titin

KADO adalah kegiatan dalam rangka Hari Anak 2013 , kegiatan ini sebagai kelanjutan dari survey dalam bentuk pohon impian yang dibuat oleh 1000 anak dari kaum marginal di Jambore sahabat anak 2012. (http://www.sahabatanak.org/index.php/in/aksi-sahabat/jambore-sahabat-anak/236-jambore-sahabat-anak-xvii.html

Nah sebagai kelanjutannya , sekitar 46 tim dengan setiap tim 10 orang adik dan dibimbing oleh 5 kk tahun ini mengikuti KADO untuk pertama kalinya. Tema yang diambil kali ini adalah yang berbau entrepreneur. Yagh maklum saja , buat mereka yang marginal sedini mungkin mereka pasti sudah memikirkan mencari uang untuk membeli makanan.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *