Traveller ( mencoba ) belajar tentang lingkungan




Ini adalah cerita tentang 3 orang yang mengarungi jalur selatan Jawa .
Pembuka – BandungGarut

KENAPA SAYA IKUT ?

Tim Selatan foto dulu. Tian
Tim Selatan foto dulu. Tian

Pada awalnya, konsep acara yang dipublikasi hanya “hitching” yang diadakan oleh Greenpeace ( GP ) Indonesia dengan keterangan semua biaya di tanggung pihak GP. Kita hanya disuruh mendaftar saja. Bahkan … konsep perjalanan secara keseluruhan seperti kemana saja, apa saja yang harus dilakukan tidak diberi tahu. Saya hanya diberitahu kata “ trasnsporting “ oleh Bule a.ka. Farhry melalui sms, 2 hari sebelum technical meeting.

 

 

Buat saya sebagai traveller , hal ini bagi saya menjadi sebuah tanda tanya sekaligus tantangan.

Ternyata pada saat technical meeting di kantor pusat GP Indonesia konsep ini diubah jadi perjalananan murah. Kita akan berkunjung ke beberapa tempat untuk mencari data2.

 

Jadi kami 4 peserta akan dibagi dalam 2 team , 1 ke Pantura dan kami ke Selatan. Untuk keamanan, setiap tim akan didampingi oleh volunteer dari GP.




 

KONSEP PERJALANAN

 

Walau dibilang murah , perjalanan yang kami gunakan saat itu bisa dikatakan cukup aman nyaman ?  Kenapa ?? Karena semua kendaraan umum yang kami gunakan memang yang nyaman2 termasuk akomodasi penginapan. Kalau mau dibilang sih unjung2-nya ini wisata mahal buat gua J

 

Konsep ini sengaja gua pilih agar bisa dicontoh oleh orang lain.

 

Yang berbeda ….

 

Di perjalanan ini kami menggabungkan perjalanan , sejarah dan lingkungan hidup. Tanpa kemampuan penelitian, namun dengan pengamatan visual sebagai traveller kita tetap bisa mengetahui dan menilai bagaimana keadaan alam kita dahulu, sekarang dan akan datang.

 

TOPIK PERJALANAN DAN TULISAN

 

Karena kami mendapat jalur jalur Selatan, kami mengunjungi 1 seniman di Bandung dan 3 objek wisata di Garut, Cilacap dan Yogjakarta. Tulisan ini bukanlah penelitian mendalam, hanya pengamatan sekilas dari mendalam saja. Topik penulisan adalah kaitan objek wisata dan lingkungan sekitarnya.

 

Namun …  untuk saat ini hanya kunjuhngan ke Bandung dan Garut saja yang akan di upload otreh




4 Replies to “Traveller ( mencoba ) belajar tentang lingkungan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *