Night Hitching Race …..

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh …

Ini adalah cerita 16 orang yang akhirnya berhasil membuktikan bahwa Night Hitching Race adalah sesuatu yang mungkin.

Bermula dari ajakan teman kampus untuk mengikuti acara ini beberapa minggu sebelum acara. Sebenarnya sih memang sudah pingin ikut, tapi belum sempat mendaftarkan diri. Acara serupa pernah diadakan di Jakarta beberapa bulan lalu di Jakarta, tapi sayangnya di hari kerja.

Setelah sedikit berdiskusi dengan teman yang mengajak, akhirnya kami setuju mendaftar. Ternyata,,, gua salah informasi … dikira diadakan sabtu pagi ternyata memang benar2 pagi buta jam 3 hahahahha lalu anggota team kita di acak . Hahahah …. as ussual lah, salah informasi. Namun tekad sudah kuat …. daftar secepatnya biar ga mundur.

Jadi acara apa acara ini ???

 

Yang gua tau, acara ini pada awalnya adalah gathering komunitas Kaskus Travel Indonesia. Waktu itu diadakan pooling sederhana. Dan kawan2 setuju untuk memilih menginap di villa. Tapii …. ada bonusnya yaitu Night Hitching Race

 

Apa itu Hitching ….

 

Sebenarnya kata yang lebih tepat digunakan adalah HitchHiking. Kata mudahnya adalah menumpang. Yap ,,,, ketika kita sedang berada di suatu tempat kita mencari tumpang menuju tujuan kita.

Idenya adalah ketika kita akan menuju tempat lain kita menumpang dengan orang lain untuk mencapai tujuan kita. Kita menumpang bisa karena menghemat pengeluaran ataupun memang disana tidak ada kendaraan lain. Tumpangan ini bukan dalam arti angkutan umum atau angkot atau bus. Namun tumpangan yang gratis lah.

 

Gratis …

 

Mungkin sebagai orang timur apalagi Jawa, kata gratis sangat sensitif. Tapi inilah faktanya. Sebagian besar peserta yang ikut acara ini berhasil mencapai lokasi tanpa biaya, bahkan sampe pulang pun begitu.

Apakah keuntungan yang didapat di pemberi tumpangan : yang pasti si pemberi tumpangan mendapat teman mengobrol selama di perjalanan. Bahkan ada teman yang di ajak berkunjung ke rumah si pemberi tumpangan setelah acara.

 

Timbal balik dari kita ….

 

Sebagai timbal balik kita bisa berbagi. Bisa makanan / minuman ataupun tenaga. Namun , untuk makanan / minuman kita harus berpikir dua kali. Maklum banyak kejahatan dengan modus bius dari makanan.

 

Jadi … Night Hitching Race ….

 

Acara ini adalah suatu lomba di mana setiap peserta yang ikut wajib mencari tumpangan untuk menuju lokasi yang sudah ditentukan. Selain itu peserta juga membuat dokumentasi bersama si pemberi tumpangan.

 

2 Maret 2012

 

Karena acara ini ini akan dimulai pagi 3 Maret pagi buta, maka meeting point ditentukan malam ini. Karena setiap anggota team akan diacak dengan mungkin orang2 yang belum kita kenal, malam ini juga digunakan sebagai apa yang gua sebut “ belajar gila ” …. kita berbaur dengan teman2 lain yang belum gua kenal.

Eh beneran loh, sebagian dari kita memang belum kenal jadi dengan makan dan berkarauke kami berbaur satu sama lain.

 

3 Maret 2012

 

Setelah berkaroke … anggota team dibagi. Setelah ini kami masih menuju convenience store 24 jam di kelapa gading untuk menyiapkan peralatan tempur masing2. Maklum, sebagian besar juga ga pernah hitchhike loh…

Pada saat pembagian team , panitia sempat menawarkan sewa kendaraan saja. Pada akhir acara, baru diketahui bahwa mereka sempat ragu juga.

Jam 4 kurang barulah kami memulai perjalanan mencari tumpangan pertama … @Kelapa Gading

Target pertama adalah pintu tol Cempaka Putih … dan tumpangan pertama adalah mobil innova dengan supir bule …. bahasa Indonesia si bule sangat lancar dan kami malah disuruh menggunakan bahasa Indonesia karena dia bilang bahasa Inggris kami payah.

Disini kami ditanya dengan berbagai pertanyaan : orang mana, mau kemana, tau Jakarta , kenapa pakai kertas dll … disinilah julukan yg gua sebut “ bule gila “ … kami sebagai penumpang lebih banyak menjawab ….

Jam 4 @ pintu tol cempaka putih ….

Disini perjuangan kami lebih berat, menunggu kendaraan yang mau mengangkut kami menuju destinasi kami. Setelah meminta ijin petugas jaga tol, kami diijinkan menunggu tepat di pintu masuk tol. Kami berhasil menjadi bahan perhatian setiap kendaraan yang akan masuk pintu tol. Hahaha … pagi2 buta bawa tulisan di kertas … sesuatu yang aneh bukan.

 

Tumpangan kedua …


Dari sedan menuju Bandung, APV menuju Depok bahkan truk ke Merak akhirnya setelah berusaha mencari tumpangan ½ jam lebih kami mendapatkan tumpangan seorang tante dengan kendaraan peugeut yang menuju sentul city. Disini kami mendapat berbagai cerita dari usaha beliau dan keluarganya.

“” sebenarnya was-was juga dengan tante2 pagi buta nyetir, jadi diusahakan selama menumpang tetap bersuara dan waspada. ””

Entah karena miss komunikasi atau karena alasan lain, kami diturunkan di pedalaman Sentul City. Hahahaha …. karena sudah waktu subuh, gua melaksanakan sholat subuh di pos jaga deket situ. Ga tau deh apa perasaan di pejaga ketika pagi2 buta ada yang numpang sholat dan nanya2 jalan.

 

Tumpangan ketiga …

 

Karena untuk kembali ke arah jalur yang sudah kami tentukan cukup jauh, kami memutuskan menumpang lagi. Kali ini seorang bapak yang sedang mengantarkan anaknya ke sekolah menjadi tumpangan kami sampai pintu tol sentul city arah bogor.

Tumpangan terakhir ….

Walaupun semua kendaraan menuju bogor, namun disini tetap sulit mendapatkan tumpangan. Sebuah truk akhirnya berhenti memberikan kami tumpangan sanpai ke lokasi kami.

Alhamdulillah dah …. kami tiba di lokasi jam 7 pagi …

 

TIPS HITCH HIKING

– gunakan media sign hitching yang mudah di baca pengendara
– tulisankan tujuan anda pada sign hitching dengan kata-kata yang singkat, contohnya : BOGOR atau SENTUL, jangan terlalu panjang yang sulit di baca pengendara.
– cari lokasi hitching yg startegis misalnya : pom bensin, mall, rumah sakit, sekolah,
– berdiri lah di pinggir jalan dengan benar, sehingga pengendara bisa berhenti dengan aman, jangan berdiri di tikungan, rambul tanda dilarang berhenti, jelas pengemudi gak akan berhenti.
– gunakan trik negosiasi yang baik kepada pengendara, jika pengendara tidak mau mengantar sampe lokasi anda bisa estafet ke lokasi yang bisa mengantar anda ke lokasi terdekat, dan anda bisa sambung hitching kembali.
– saat di kendaraan mungkin anda bisa berbagi sesuatu, makanan atau sekedar ajak ngobrol, atau anda menawarkan menyetir gantian, jika anda bisa mengemudi dengan baik. pasti pengendara yg memberi tumpangan jadi senang.

Tips lain :

1. Waspadalah ketika akan menumpang , karena kita tau dengan niat si pemberi tumpangan
2. Hati2 dengan tawaran gratis kendaraan umum. Mungkin saja di awal gratis, di tengah perjalanan dia meminta uang pengganti.
3. Keep contact …
4. jika baru awal2, ada baiknya kamu mengajak teman. Untuk keamanan saja sih.

Menumpang ada kegiatan berisiko … ya bisa resiko positif maupun negatif/

Sumber :

1. Fb Kaskus Indonesia Traveller
2. Events

 

About

Anak ini katanya nih suka jalan2 sebagai bagian dari kehidupan sehari2 untuk mensyukuri dan dunia dengan mata sendiri . . . Padahal dompet kembang kempis ... hoplah ...

View all posts by

One thought on “Night Hitching Race …..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *