Siapakah program, programming dan programmer




Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh ….

Tidak terasa sudah 3 1/2 bulan gua tidak mengisi si blog ini, yah pastinya ada alasan yang sama sekali tidak bisa dipertanggung-jawabkan apalagi kalau kata teman gua “tidak logis … ” kadang gua pingin ketawa kalau sudah berdebat trus dia bilang ” ga logis … ” lah gua malah ga mudeng akhirnya di tutup dengan “o” trus dia kesel ….

Wakakakakakak ….. lah ini ngelantur kemana yah ….

Berhubung gua bingung mencari topik untuk artikel kali ini, gua ceritain aja dah tentang mainan gua selama ini ….

Yap, mainan adalah kata yang gua gunakan sebagai pengganti istilah kerja/perkerjaan. Kenapa ?? Karena main ( kata dasar mainan – kl ga salah ) biasanya berkonotasi santai, ga tegang. Kalau kerja buat gua malah menjadi beban sendiri. Apalagi kalau gua bilang “ tiap hari main2 komputer trus akhir bulan dapat transferan. Nikmat bener kan idup gua ….




Oia, beban dan tanggung jawab beda yagh. Dan gua hanya menggunakan kata mainan pada orang2 tertentu, walhasil teman pernah nyindir gua yang kurang lebih…. tumben ga pakai kata main padahal waktu itu lagi ada garis mati ( dead line ). Dan mainan yang akan gua tulis adalah perkerjaan gua sebagai programmer.


Program – Programming – Progammer

Sebagai pembuka, gua akan menggunakan sebuah analogi yaitu : Novel – Menulis – Penulis.  Layaknya sebuah novel, program adalah sebuah produk akhir yang ( seharusnya ) bisa dinikmati secara mudah oleh pengguna-nya. Jadi bagi para pembaca novel ataupun seorang pengguna program mereka bisa menggunakan / membaca buah karya si pembuat.

Sedangkan proses menulis novel jika dalam membuat program disebut programming. Jika anda melihat seorang yang sedang membuat atau menulis program mereka akan berhadapan dengan baris2 program yang aneh njelimet . Mirip dengan membuat novel yang biasanya ada coretan2 kan …. Mau bukti, coba cari teks Proklamasi …. kan ada coretan njelimet ( tapi ini bukan novel yagh 🙂 )


Kenapa aneh dan njelimet ????

Alasan lain ini sama seperti dengan ketika anda membaca sebuah novel dari bahasa yang belum anda pahami, cobalah melihat  novel dari Rusia ataupun Mandarin …. ah yg satu ASEAN saja deh, Tagalog-nya Filipina. Pasti aneh kan. Samalah dengan mainan yang saya buat, bedanya saya membuat tulisan menggunakan bahasa pemrograman yang akan diolah oleh otak komputer bukan otak manusia.

alertJika ada bahasa Inggris, Indonesia, Rusia dll … begitu juga dengan dengan bahasa program ( lebih sering disebut bahasa pemrograman ). Ada  PHP, ASP , JSP dll. Ini bahasa-bahasa yang biasanya digunakan untuk pemrograman website / situs ( web based programming language ). Ada lagi desktop lang. prog., seperti VB, Java.  Bahasa ini biasanya digunakan untuk mengembangkan program / aplikasi desktop.


Kenapa banyak bahasa pemrograman ?

Berbeda seperti bahasa manusia, banyak bahasa karena daerah yang berbeda. Salah satu alasan banyak bahasa pemrograman karena memang kebutuhannya juga berbeda.  Karena komputer juga memiliki batas kemampuan maksimal seperti manusia, sehingga untuk menjaga performance program yang dikembangkan, juga diperlukan bahasa yang mendukung.

Ada juga bahasa yang berbeda karena memang pabriknya berbeda. Yagh ada Microsoft dengan ASP , VB, .NET Cs-nya dan Sun Microsystem dengan andalannya Java Cs.

Hmm … mungkin juga ada bahasa yang dibuat sebagai sebuah identitas pribadi maupun improvisasi diri kali yagh mirip bahasa gaul anak2 ABG geto gan mas bro coker ceker …


Programmer …

Yagh sudah jelas lah, inilah si pembuatnya. Dan kami menyatakan walaupun kami setiap hari berhadapan dengan komputer tetapi kami 100% manusia.

Uda ah …. kalau kebanyakan buka dapur, bisa2 lahan gua lu ambil pula …. wakakakaka prikitiew weleh weleh.


Keterangan gambar :

Gambar kotak besar di kiri atas adalah server rak yang ada di IDC Duren Tiga. Lucu kan gambarnya.

Kalau gambar di kanan …. itu bahasa nyeleneh yg belum dimengerti komputer termasuk gua 🙂  **ngasal.com**


Wassalamualaikum Warahamatullahi Wabarakatuh …




One Reply to “Siapakah program, programming dan programmer”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *