Karimun Jawa, Jawa Tengah




Karimun Jawa ….

Karimun yang banyak dikenal Karimun yang ada di Kepulauan Riau dan Karimun Jawa yang terletak di Kab. Jepara Provinsi Jawa Tengah. Nah yang sekarang sudah jelas yang akan ditulis yang ada di Jepara. Dan biar lebih singkat, ntar nulisnya Karimun Jawa ( KarJaw ).

 

Dimana dan bagaimana menuju pulau KarJaw ??

Karimun Jawa adalah kepulauan yang berada di sebelah baratttttt Jepara. T-nya banyak karena memang kalau Jepara itu terletak di Pulau Jawa sedangkan KarJaw itu kepulauan sendiri. Sedangkan Jepara sendiri sekitar +- 40 menit perjalanan dari Kota Semarang, jadi udah kebayang kan perjuangan menuju daerah ini.

 

Dari Semarang




Jika melalui Semarang, dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang bisa menggunakan kapal cepat KMC Kartini I yang akan memakan waktu +- 3 jam perjalanan atau menggunakan pesawat charter. Atau bisa melanjutkan dulu perjalanan menuju Jepara.

 

Dari Jepara

Jika dari Jepara, dari terminal bus harus menuju dermaga Jepara dengan berjalan kaki +- 15 menit atau menggunakan becak . Dari dermaga bisa menggunakan kapal cepat juga ataupun menggunakan kapal ferry dengan durasi 6 jam perjalanan.

 

@Dermaga Jepara

 

KMP Muria

Dermaga ini terhubung langsung dengan semacam area bermain di Jepara, namun sayang ada pagar yang memisahkan mereka dan kadang ditutup dan hanya menyisakan rongga +- 50 cm. Kalau yang badan kecil bisa lewat, kalau yang ga bisa harus memutar dari depan. Di area main ini ada masjid yang cukup besar dan nyaman .

Sedangkan di dermaga ada rumah makan cukup sederhana. Sebaiknya teman2 mempersiapkan sarapan sendiri jika datang pada saat peak time. Harap dimaklumi, warung kecil ini hanya menyediakan stok secukupya. Jadi ada baiknya membelu makanan sebelum ke dermaga ini.

 

@Ferry

 

Dek Ekonomi

Ferry disini berbeda dengan ferry yang dari merak – lampung. KMP Muria, Ferry KarJaw hanya mampu membawa 250 orang dan beberapa kendaraan. Jadi sangat sedikit kendaraan wisatawan yang boleh ikut kesana. Dek baling bawah untuk kendaaraan, dek pertama untuk kelas ekonomi dan bisnis AC dan dek atas dengan beratapkan plastic terpal.

Jika duduk di dek ekonomi, ada baiknya kamu perlu mempersiapkan fisik untuk bertahan selama 6 jam perjalanan laut. Dengan alas duduk bangku plastik khas metromini Jakarta jadi ada baiknya kamu siap2 dari awal. Ada juga dek bisnis AC dengan tiket tambahan yang dibayar di atas kapal ketika sudah berangkat.

Sedangkan dek atap hanyalah atap dan ada terpal dengan ukuran yang sangat terbatas. Jadi siap2-lah ketika perjlanan long weakend pasti ramai sekali dan semoga mendapatkan posisi yang sangat nyaman. Ada baiknya membawa alas duduk sendiri.

Mau yg berbeda …. bisa menggunakan kamar ABK. Yap benar, ABK = Anak Buah Kapal. Caranya …. gua juga ga tau, hihihi.

Kapal ferry ini tidak berangkat setiap saat, jadi sebaiknya memastikan waktu keberankatan terlebih dahulu. Perjalanan kapal akan ditempuh +- 6 jam perjalanan. Pada saat peak time seperti long weak end ada kemungkinan kapal langusng berangkat ketika penumpang sudah penuh.

 

Fasilitas di ferry :

  • Kantin juga ada, namun dengan stok yang terbatas juga.
  • Tempat sholat ada di lantai atas

 

@Karimun ….

Karimun Jawa adalah sebuah pulau yang cukup besar. Disana ada pusat pemerintahan dan didepannya ada alun-alun yang menjadi pusat kuliner. Ada dermaga untuk ferry dan kapal cepat, ada juga dermaga nelayan. Letak dermaga ferry dan nelayan berjauhan +- 1 ½ km jadi jangan sampai salah turun.

 

Tips di karimun Jawa :

  • Di homestay listrik pada siang hari hanya untuk kebutuhan tertentu sedangakan malam hari listrik lebih banyak tersedia lebih banyak
  • Tersedia berbagai jenis penginapan di KarJaw, ada homestay , hotel maupun wisma. Jadi tinggal menyesuaikan keinginan
  • Alun-alun merupakan tempat yang tepat untuk bercanda ria, berbagai makanan ringan dan berat juga berbagai jenis minuman dijual.
  • Jika mau homestay yang agak sepih bisa mencari di sebelah timur masjid raya. Namun disini warung makanan juga rumit.
  • Sedangkan di selatan menuju dermaga ferry, banyak penginanap, rumah makan dan jual suvernir.

 

Hopping island

Kegiatan utama disana sebagai kepulauan adalah hopping island dengan menyewa kapal nelayan dengan kapasitas 10 / 20 orang. Hopping island di sebelah barat ada beberapa pulau, seperti : menjangan besar dan kecil , pulau glean ( makan siang ). Sedangkan di sebelah itu ada pulau tengah ( sekalian makan siang dan ada wc, juga tersedia villa yang bisa disewa), pulau cilik yang mantap.

Oia, setiap kapal wajib menggunakan guide. Baik sebagai keamanan saat snorkeling terutama bagi yang pertama ataupun takut dengan air. guide juga akan menunjukan spot-spot yang bagus untuk snorkeling.

 

Tips :

  • Bawalah pakaian hangat, cadangan makanan berat, air hangat, kelapa ataupun minuman hangat lainnya. Karena kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di tengan laun
  • Nikmatilah bakar ikan di pulau gleam maupun tengah. Ikannya yang besar2 dan masih segar menaikan selera makan. Di pulau gleam tidak ada fasilitas MCK sama seklai.
  • Foto underwater adalah moment yang sangat menarik tuh
  • Bawalah roti lembut / biskutir sebagai umpan agar ikan-ikan datang

 

 

@Penangkaran hiu jinak

Pengakaran ini terletak di seberang dermaga nelayan, paling +- 10 menit naik kapal. Di pengakaran ini kita bisa berenang bersama hiu2 jinak.

 

Tips :

  • Agar mendapatkan objek foto yang bagus, minta tolonglah kepada penjaga penangkaran ataupun guide kita untuk melemparkan umpan ke depan kita lalu difoto. Umpan ini akan diberikan tali.
  • Ssebaiknya kita tidak berdarah sama sekali, you know what I mean lah ….
  • Gunakan slr
  • Ga perlu pakai wangi-wangian ,,, bisa2 ikannya mabok ….

 

situs :

– http://www.facebook.com/karimunjawa.backpacker




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *