Trip Ke Bandung




Assalamualaikum Wr. Wb.

Awal ceritanya, gua ke Bandung dengan tujuan reuni dengan teman-teman SMA yg sejak 2002 ga ketemu. Padahal jarak Bandung dan Depok deket kan. Nah, satu alasan gua ga mau ke Bandung karena memang gua ga mau terjebak macet di Bandung.

H-1

Gua mendaaptkan kepastian besok ( Sabtu, 18/04/09 ) ketemuan di CiWalk. Aji gile, ini sebelah mananya Bandung yagh …. Gua juga ga berniat membawa kendaraan pribadi, capek cui PP 250 km. Sayank duit pula tuh , tenaga juga capai. Alhasil, gua mencari trapel aja.
Akhirnya sampai di rumah, gua cari trapel2 aja. Dari yg paling murah sampai yg paling mahal, dimana saja pool mereka dan jam berapa.

H




Pagi2 masih melanjutkan gugling untuk menentukan trapel mana yg beruntung gua pilih. Hahaha.
bangun pagi … sholat tidur lg. Hahahah … alhasil, yg rencananya gua brangkat jam 9 malah jam segitu baru bangun. Setelah selesai sarapan dan sempat menelpon beberapa trapel untuk memastikan jam mereka.

Di angkot, gua masih sempat nelpon2 karena gua sudah nge-print no2 trapel yg masuk kualifikasi. Gua juga mempersiapkan untuk trapel pulang. Akhirnya gua sampai di CIpaganti Lenteng Agung jam 11.11 menit. Hiks, padahal 11.00 ada Cipaganti yg brangkat.

Ketika gua beli, dari kapasitas mobil 8 orang hanya tersisa 3 kursi. Namun, saat berangkat jam 12.00 yg berangkat cuman 3 orang. Lah … yg lainnya pada kemana ? mana mobilnya gede banget …. sepertinya elf modifikasi . Oia, gua naik yg ke Pasteur depan BTC.

Ketika turun, gua mendapat sms. Namun tidak langsung gua baca. Pas sudah mau nyari angkot, gua baru sadar .. gua ga tau arah gua kemana. Hahahaha ….. mana lupa bawa peta pula tuh. Akhirnya, gua buka sms karena memang teman gua td ngasih tau ancer2 ke CiWalk.

Ada SMS baru …. intinya teman gua bilang, nanti diceritain pas ketemu. Trus di SMS lain, cari angkot ke CIpaganti trus cari jalan kecil ke CiWalk. Viuhhhh …. setelah jalan, gua nanya angkot “Pak lewat Cipaganti ” “ Travel ” “Bukan Jalan, mau ke CiWalk” “Lewat2”.

Setelah jalan, gua liat petunjuk jalan “Ciwalk ke kiri”. Nah lo, ko gua ga diturunin … wah gua dibawa lari disiang hari. Hahaha …. rupanya. ” Mas situ Cihampelas sebelah kiri, Ciwalk tinggal jalan aja … ga jauh.” Hohoho … rupanya gua diturunin di perempatan CIhampelas – Pasteur.

Ketika jalan, gua melihat beberapa trapel. Ya sudah silaturahim aja sekalian ngambil brosur mereka. Pokoke gua sudah serasa backpacker dah ?. Pas sudah jalan, ko ga ketemu2 yagh … bertanyalah pada bapak polisi. “ Itu mas di depan . . . ” oalah, rupanya 100 meter lg.

Setelah bersapa dengan temen gua dan ditanya gua bisa nebak ga apa yg mau diceritain. Yagh gua da bisa nebak, pasti teman gua satu lg ga bisa datang. Hahahaha … yap benar.

Setelah itu …. ga usah diceritain dah. Untuk mengisi waktu, kami main ke PVJ dah. Ini sih request gua aja, secara gua belum pernah ke sini juga. Dan tidak lupa di CiWalk kami bertanya pada pak satpam, kl mau ke PVJ naik paan …. di PVJ sampai sholat isya.

Karena teman gua yg batal datang ga bisa memberikan kepastian bisa ke Bandung / tidak, akhirnya gua putusin aja balik ke Jakarta. Abis isya gua dan teman gua kembali ke CiWalk. Karena memang gua mau naik Xtrans.

Di perjalanan, gw telp XTrans …. dan katanya sudah full book. Damnssss …. gua telp Kangaroo, malah ga ada perjalanan malam. Lah td pg sudah gua confirm ada jam 9, piye to iki. Telp Cipaganti ga diangkat …. udah maming kale yagh.

[ panic mode on ]

Akhirnya, yah nekat aja ke Xtrans …. dan setelah nyampe disana sekitar 19.35, Alhamdulillah dapet tiket terakhir ke Jakarta. Sekitar 19.45 saya kembali ke Jakarta. Jam 22.03 saya tiba di pool XTrans Pancoran dan melanjutkan ke rumah sampai jam 23.15.

Bwat gua, ini pertama kali naik trapel. Ke Bandung dengan modal duit doank. Gua juga sengaja naik trapel yg berbeda karena ingin merasakan perbedaan. Padahal, ada trapel yg deket dengan rumah … hahaha kurang kerjaan dah.

Hal2 yg perlu disiapkan kl mau naik trapel :
1.Pastinya uang
2.Poll berangkat dan tiba di tujuan
3.Jam2 keberangkatan
4.Siapkan catatan tentang trapel2 yg ada. Kalau elu model beli cepat yagh ga perlu, kl model beli dadakan ini penting banget. Sapa tau abis di trapel kesangan elu, bisa segera ke trapel lain.
5.Kalau beramai2 sebaiknya beli tiket lebih cepat deh
6.Selalu siap dengan “ the worst case ” yaitu tidak bisa pulang hari ini.

Trapel Cipaganti ( www.cipaganti.co.id ):
1.Cara nyetir cukup berbahaya, di tol sempat menyalip dari bahu tol terutama di daerah perbaikan km 40 – 55 arah Bandung.
2.Kendaraan sekelas elf dibawa sampai > 100 … gelo dah
3.Berhenti di Km 57 arah Bandung untuk isi solar dan check point sekitar 10 menit. Yang parah tu supir pas turun ga pake ngasih tau , jadi ngibrit seenaknya. Pas mau brangkat juga ga pake re-cek penumpang. Pantas gua baca di inet, ada penumpang yg hampir tertinggal
4.Disediakan air mineral gelas di kendaraan

Trapel Xtrans ( www.xtrans.co.id ):
1.Cara menyetir cukup baik, gua perhatiian tidak pernah melewati bahu tol
2.Tidak boleh melewati 110 km/jam. Karena disitu ada stiker peringatan, kalau melebihi tinggal laporin saja.
3.DI SPBU, dikasih tau yg mau ke toilet boleh turun. Pas mau berangkat juga di re-cek penumpangnya.
4.Gua naik elf standar diisi 3 orang / baris. Sempit cui

Cititrans ( www.cititrans.co.id ):
Pas balik naik Xtrans, gua nguping si si supir yg ngobrol dengan penumpang di sampingnya. Cititrans hanya mengizinkan penumpang naik dan turun di pool. Dan setiap sopir di tagiih harus tiba tepat waktu, jadi tau kan kira2 seperti apa nyetirna. Tapi katana elf modifikasi mereka bagus … bolehlah dicoba

Trapel lain yg ada : Kangaroo ( www.kangaroo.co.id ), Baraya Travel ( 021-724999 )

** Seluruh penilaian tentang trapel bersifat subjetif gua sendiri **

Tq bwat AS yg sudah menjadi local guide tour. Gua ga ikutan masalah hadiah yagh.

Wassalamualaikum




3 Replies to “Trip Ke Bandung”

  1. Saya sih biasanya naek X-Trans atas saran sesorang yg sudah berpengalaman dalam hal ber-travel PP Bandung-Jakarta (ket: ini bukan iklan lho..)
    Hmm.. yg lainnya… boleh lah kapan2 dicoba..
    Kalo travel Bandung-Semarang sih saya bisa rekomendasi hehehe… 😆

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *