Lebaran kedua @ Taman Safari Bogor




Liburan lebaran kedua 1430 H , Senin 210909 minggu lalu gua bersilaturahmi ke Taman Safari Indonesia Bogor. Seingat gua ini yang ke empat kalinya gua kesana. Buat gua, jalan2 ke sana melihat tingkah laku para hewan teetap mengasyikan ….

Sayang kemarin kami berangkat kesiangan sehingga terkena macet yg lumayan di daerah Ciawi dan pasar Cisarua. Di dalam TSIB, ketika melihat satwa juga tidak bisa seenak jidat karena antrian mobil di belakang kita cukup panjang.

Jadi secara singkat keadaan TSIB sendiri seperti ini …

Area Satwa

Tempat kita melihat satwa memang sudah banyak berubah, namun sayang di beberapa tempat papan keterangan satwa tidak ada dan brosur yang diberikan juga kurang membantu jadi siap2 bermain tebak-tebakan deh. Udah gitu, kemarin cuaca memang agak panas. Gua sih ga tau ini panas karena cuaca atau gara2 pembukaan lahan baru di sana jadi pohon2-nya berkurang.




Oia, mungkin yang baru ada atraksi gajah yang jalan2 dan tentunya pakai pawai. Gajah ini ada dua fungsi, yang membawa wisatawan dan ada juga yang sebagai “ petugas kebersihan”. Yang petugas kebersihan ini unik, dia mengambil sampah di jalan2 lalu diletakan di tong sampah yang dia bawa. Jika kita memberikan makanan ke dia .. makananannya langsung masuk perut gajah, kalau kita kasih yang lain missal duit sama si belalai gajah diberikan ke si pawing.

Oia lagi …. senengnya kemarin bisa melihat si singa dan harimau dalam keadaan aktif. Yap tidak tidur …. jadi kemarin dia muter2 gitu … untungnya si dia ga jalan2 ke tengah2 kita … hahahah

Tempat Parkir

Tempat parkir …. kemarin kami parkir di area G. Yap, ini area baru. Letaknya jauh di bawah dekat pintu masuk …. namun kalau mau keluar harus lewat atas juga. Walhasil, kemarin ketika kami mau pulang, merupakan perjuangan sendiri +- 30 menit sampai gading di pintu keluar karena banyaknya mobil yang mau keluar ….

Oia …. di parkir G ada bangunan permanen yang belum jadi. Kemarin sih yang baru buka hanya toko snack, mungkin menyusul yang lain. Oia musholla sendiri ada. Tapi sayang, air di toilet mati sedangkan di musholla cukup kecil …. Sedangkan kalau kita mau ke area permainan tersedia shuttle bus dari parkiran G ke parkiran A. Tapi pas pulang, kami terpaksa jalan karena bus terkena macet kendaraan yang akan pulang.

Tempat Sholat dan Toilet

Saat ini tempat sholat ada dua masjid. Satu di lokasi permainan belakang perahu luncur satunya lagi masjid di area parkir G.

Sedangkat toiletnya sudah cukup banyak … ga perlu jauh2 ko’

Tempat makan

Alhamdulillah …. ini yg paling banyak berubah. Saat ini tempat makan cukup banyak, jadi kamu tidak perlu khawatir mencari makanan. Antrian juga tidak terlihat karena kita dapat memilih tempat2 yang kosong. Kami sendiri kemarin makan di foodcourt samping sepeda layang. Disini harganya ga sampai 1 ½ kali harga normal …. jadi masuk diakal kan. Juga ada toilet gratis ?

Permainan

Kemarin jumlah permainan sudah banyak bertambah …. dan ada juga konsep tiket terusan yang berbentuk tiket gelang dengan harga Rp. 40.000,- dan kita bisa bermain 10 permaianan. Dan juga ada kolam renang di area permainan …. kami sih ga berenang.

Selain itu, kereta yang mengantar kita dari satu posisi ke posisi lain jumlahnya juga banyak dan tidak kondisinya bagus2. Karena mobil2 banyak yang dilarang naik / masuk ke area parkir permainan, walhasil kereta ini tidak banyak terganggu.

Anak kecil ( TK ) sudah ada permaianan …. mungkin yg urang kolam bola aja sama balon2 besar yang dibuat seperti istanan gitu trus ada perosotannya ….

Area Kandang burung dan Baby zoo

Area burung juga sekarang lebih bagus …. burungnya lebih anteng2 dan sudah tidak takut dengan manusia jadi kita melihatnya dalam jarak kurang dari 30 cm. Sebenarnya kalau mau nyentuh juga bisa, tp karena alasan kesehatan gua tidak melakukannya.

Di pintu masuk sih kita disediakan wastafel untuk cuci tangan dan karpet disinfektan. Tapi sayang, di pintu keluar hanya ada air sedangkan sabun cairnya habis ?

Kemarin yang gua lihat jumlah baby zoo sudah banyak …. orang utan, harimau putih, tutul dan ular …. banyak dengan pokoke.

Tiket masuk

Dewasa : Rp.75Rb, Anak2 : Rp.60Rb, Motor:Rp.5Rb, Roda 4:Rp.15Rb, Roda6:Rp.20Rb. Ini untuk harga wisatawan local …. yang untuk orang asing lupa.

Free Show

Hmmm … u/ wild wild shownya sih sepertinya tidak banyak berubah dengan cerita pas tahun 2007. Agak sedih juga sih … tp tetap saja mengasyikan melihat pertunjukan ini. Sesuatu yang tidak ada di tempat lain. Tips aja nih : buwat kamu yg ga mau dengan sesuatu yang “ berbeda “ disarankan tidak duduk di baris2 depan apalagi duduk di kolom paling tengah ….

Yang baru sepertinya globe death. Di kandang besi berbentuk lingkaran 360 derajat ini 4 motor berunjuk gigi menampilkan keberanian mereka. It’s amazing and great show man ….. mereka tidak berputar 180 derajat tapi benar2 360 derajat bro.

situs resmi taman safari




2 Replies to “Lebaran kedua @ Taman Safari Bogor”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *