Uang bukanlah segalanya




zn_kopaja2.gifDi bis jurusan Kp. Rambutan –Depok Timur malam hari, gua duduk di barisan tengah. Di kanan dan kiri ada seorang bapak. Bapak yang disebelah kanan kemudian bertanya berapa ongkosnya, jam berapa dan tanggal berapa. Gua sempat takut .. mungkin ini jebakan.

Setelah beberapa saat, dia menceritakan kalau dia dulu Nasrani kemudian sekarang Mualaf. Dia bercerita , ketika beliau masuk. Beliau di usir oleh keluarganya, sampai ketika kedua orang tuanya meninggal. Beliau sedih karena mereka meninggal dalam keadaan Nasrani dan beliau tidak sempat melihat jenazahnya.

Kemudian dia bercerita, beliau dulu tinggal di Kwitang kemudian tanahnya dijual dan membeli / membangun rumah di Citayam. Dengan uang yang secukupnya , dia berusaha yang terbaik. Dan Alhamdulillah, saat ini ketika akan dilakukan pembagian harta gono gini. Adik dan kakak2nya menerima dia sehingga juga mendapat jatah warisan.

Dia bercerita, beberapa hari lalu bertemu dengan seorang pelawak yang sedang naik daun ( nama gua sembunyikan ). Bahkan si pelawak sempat “mengejek” beliau, namun beliau tidak marah.. Beliau malah membalas ejekannya … untung si pelawak ga marah.

Walhasil … ketika akan pulang. Tu pelawak memanggil dia, dan menyelipkan sebuah amplop berisi uang untuk berobat. Oia, dia sudah terkena stroke bagian kanan, jadi tangan kirinya sudah lumpuh. Namun tidak semua dana digunakan, 30% dia sumbangkan untuk Masjid dan 10% untuk Tujuh-Belasan. Subhanallah …




Dan kini anaknya sudah kuliah di Fakultas Sastra Perancis di UI. Sayank … pembicaraan harus dihentikan. Karena seorang ibu naik ke bis, dan tidak ada yg mau memberikan duduk. Jadi gua mengalah …. berdiri deh.

Disini gua bersyukur sekali, masih ada orang tua yg bisa membimbing gua untuk kepentingan dunia dan akirat. Gua tidak dikucilkan ….

Kadang gua untuk berinfak saja tidak sampai 10% sulitnya minta ampun deh … eh bapak itu bisa 30%.

Padahal gua sudah Muslim sejak bayi …. tetapi iabdahku masih segini2 saja ….

Sumber gambar




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *