Tips trik di Festival Komputer Indonesia 2008 dan Indo Cellular 2008




Dua events dalam satu tempat

Beberapa hari lalu baru saja diadakan Festival Komputer Indonesia 2008 ( FKI ) dan Indo Cellular (ICel ) 2008. Awalnya sih gua malas ke tempat ini, salah satunya karena dompet uwes tipis di tengah bulan. Viuh …. cape deh.

 

Tapi akhirnya gua datang juga. Disana sih gua sempat membeli sebuah MaxtorOneTouch 4 Portable 160 GB seharga Rp.895.000. Secara, my lovely laptop gua sudah kepenuhan. Kasihan kan. Sebenarnya sih gua kurang suka membeli dipameran, karena beberapa alasa. Karena itu gua sharing ajah ya.

 

Kelebihan mendatangi pameran :

  1. Pilihan barang relative lebih banyak . Tidak hanya merek, tapi juga jenisnya

  2. Terpusat di satu lokasi

  3. Tempat pameran biasanya mudah dijangkau

  4. Beberapa barang tersedia fasilitas kredit

  5. Harga selama pameran relative tetap, bahkan pada hari2 terakhir malah turun.

 

Kekurangan :

  1. Tenaga sales biasanya kurang memahami. Karena biasanya sales yang dipakai khusus untuk pameran ( sales dadakan gitu ). Bukan pegawai asli dari toko tersebut.

  2. Kita tidak tahu dimana letak toko aslinya. Bisa ditanya sih.

 

Tips-trik :




  1. Kalau kamu menggunakan angkutan selain kendaraan pribadi / tebengan mobil , siapkan tas / kantong untuk menyimpan brosur2. Dan kalau perlu jas hujan / payung, karena bisa saja ketika di dalam arena kamu tidak sadar kalau sebenarnya di luar arena sedang hujan deras.

  2. Kalau kamu bingung dengan pilihan yang begitu banyak. Sediakan dua hari untuk datang, hari pertama kamu datang untuk survey kemudian malam harinya kamu tentukan barang mana yang akan dibeli. Hari berikutnya membeli deh. Jangan lupa, catat no standnya.

  3. Hapalkan dengan betul barang yang kamu butuhkan ( bukan inginkan ). Karena ketika kamu sampai di pameran, maka pilihan akan sangat banyak. Dan sales akan berusaha sekuat mungkin mendapatkan mangsanya.

  4. Perhatikan dengan benar barang yang dibeli. Kemasaanya, ada yang sudah terbuka / sobek. Prosedur garansinya, berapa lama. Dimana kita bisa klaim garansi. Kartu nama dan jangan lupa bukti pembelian. Beberapa barang diberi stiker tanggal pembelian untuk klaim garansi.

  5. Atur waktu kamu dengan sebaik2-nya, jangan lupa sholat ( untuk yg muslim ) dan makan.Karena bisa saja ketika berada di dalam kita terlupa dengan sholat.Oia, beberapa tempat event besar belum menyediakan tempat ibadah yang memadai. Misalnya tempatnya jauh, kecil atau teralu dekat dengan keramaia. Oia, di Indonesia biasanya harga makanan di lokasi pameran lebih mahal 50% ( bahkan ada yg lebih ) dari harga normalnya. Jadi siap2 aja duit tambahan. Kalau Mau hemat, bisa bawa sendiri.

  6. Siapkan uang / kartu debit / kartu kredit. Kalau bisa cash, memang di beberapa stand menyediakan alat pembayaran elektronik , tapi tidak semuanya loh. Dan ATM biasanya jauh karena lokasi pameran yang besar dan mesin ATM sangat terbatas.

  7. Kalau mau lebih murah, belilah di sore / malam pada hari terakhir pameran. Karena biasanya beberapa barang dijual miring banget untuk menghabiskan stok.

  8. Selain gadget, biasanya ada stand dari penerbit juga. Nah yang unik, dari stand ini biasanya buku2 IT di diskon 20% sedangakan majalahnya lebih murah. Jadi siapakan uang lebih untuk bagian ini.

Jangan mudah tertipu :Salah satu mobile BTS di JCC

  1. Ketika kamu sedang melakukan test sebuah provider internet / jaringan telekomunikasi kamu langsung tergoda dengan kecepatan yang diberikan. Jangan salah, bisa saja itu cepat karena di luar mereka sudah mendirikan mobile bts.   ➡

  2. Harga yang murah tidak selalu benar. Bisa saja itu karena yang dijual adalah produk lama, jadi mereka ( penjual ) menjadikan pameran sebagai arena cuci gudang

  3. Jangan mudah percaya dengan kata2 yang diberikan. Kemarin ketika gua tanya tentang rpm barang yg akan gua beli. Dari tiga orang muncul 2 jawaban berbeda. Jadi usahakan benar2 pastikan produknya tepat.

  4. Barang murah bisa juga karena itu barang seludupan. Gua ga tau sih kebenaran kabar ini, karena gua juga diceritain.

  5. Ketika ada sebuah stand menyatakan bahwa mereka agen resmi, pastikan dulu kalau pernyataan mereka masuk akal. Misal dari ukuran stand, dari kartu nama, dari letak stand. De el el.

  6. Kalau barang yang dibeli ada bonusnya,pastikan kamu mendapatkannya.

 

Point2 diatas juga bisa dimanfaatkan ketika akan membeli hape / barang2 baru lainnya di pameran.

 

Kalau Indo Celluar sih gua ga bisa cerita banyak, karena gua tidak terlalu tertarik. Cuman, gua suka aja melihat barang2 unik dan baru, misalnya Xperia-nya SoNec yang akan dijual pada September 08 yang tipiiiisssss abis dan portable battery yang menggunakan tenaga surya / listrik dari Vertu.

 

wii-bowling.jpgYang kemarin gua nikmatin pas main bowling menggunakan Wii di standnya AXIS. Hehehe, akhirnya bisa juga nyentuh Wii secara langsung. Kapan yah mampu beli … 🙄

 

Oia, ada yg unik di stand ini. Kita bisa membelli perdana AXIS seharga Rp.6.000,- terus mendapatkan makanan dan pijat refleksi. Hohoho . . .

 

Based on true story, ada tips lain ?

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *