Islamic Book Fair dan Trubus Expo




Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Untuk yang ketujuh kalinya, Islamic Book Fair diadalan di Indonesia. Kali ini diadakan di Istora Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta. Kalau dilihat dari jumlah pesertanya sih, sepertinya berkurang. Gua ingat karena tahun lalu pada acara yang sama di tempat yg sama, ada stand yang dibuka di luar ( menggunakan tenda ). Namun kali ini tidak ada.

Namun , yang buwat gua sedih. Tahun ini dan tahun lalu tempat sholat khususnya yang ikhwan ( tetap ) kurang mendukung. terletak di lantai atas, di pelataran penonton gitu. Memang sih dipasang tenda , tapi itu hanya tenda untuk sholat saja. Sedangkan tempat wudhu yang terletak di lantai bawah tidak dipasang tenda. begitu juga jalan dari tempat wudhu ke tempat sholat minus tenda.

Itu baru tempat sholat, di dalam sendiri. Hugh menyedihkan …. manusia seperti pepes ikan. Standnya dikiri kanan sedangkan tempat jalan hanya skitar 2 meter …. untungnya saat ini cuaca di Jakarta tidak terlalu panas lebih tepatnya masih musim hujan …. jadi agak sejuk juga di dalam.

Seperti pada bazar, sering-seringlah menawar. Setelah gua perhatikan, untuk barang yang identik pada beberapa stand bisa dijual dengan harga yang bebeda. Jadi …. selamat menjelah ……




Disana gua juga mendapatkan suatu trik baru dari kaka’ teman gua. Misalnya pada suatu stand kita menemukan suatu buku, jika mau mendapatkan buku tersebut dengan harga lebih miring ( kebanyakan stand memang memasang harga miring ) … hapalkan penerbit buku tersebut kemudian cari stand penerbitnya … jadilah dapat harga penerbit. Ini sih gua belum menyoba, tapi melihat study case gua diatas tentang menawar… ini masuk akal juga.

Cape memutari Islamic Book Fair, kemudian gua ke Trubus Expo. Jujur sih, gua ga terlalu mengerti tentang tanaman apalagi berkebun. Tapi lumayan juga teduh melihat tumbuhan-tumbuhan hijau nan menyejukkan mata. Alhamdulillah.

…. Maha Besar Allah dengan Sgala Ciptaanya…. 😉

Wassalamualaikum Waramatullahi Wabarakatuh




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *