Wirawan Prasetyo

[[ me :: mi :: emi ]]

> T Notes

1001Buku




logo_1001buku.jpg 1001Buku adalah organisasi nirlaba yang mewadahi relawan dan taman bacaan anak yang dikelola komunitas. 1001buku bertujuan untuk menyediakan akses pada bacaan berkualitas bagi anak-anak yang kurang beruntung.

1001buku didirikan pada bulan Mei 2002 dan diperkenalkan secara resmi kepada publik pada tanggal 10 Januari 2003. Hingga saat ini, Komunitas 1001buku telah mengumpulkan dan mendistribusikan lebih dari 40.000 buku, ribuan relawan dan simpatisan, puluhan Book Drop Box (tempat pengumpulan buku), dan mendukung ratusan perpustakaan/taman bacaan anak yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Visi
Penyetaraan akses pada bahan bacaan berkualitas bagi seluruh anak Indonesia

Misi
1. Meningkatkan minat dan budaya baca anak Indonesia dengan mengusahakan akses pada bahan bacaan berkualitas melalui kegiatan-kegiatan yang dimotori oleh relawan dengan melibatkan komunitas-komunitas setempat.
2. Menggalang minat kerja sukarela di kalangan masyarakat, khususnya dalam penyetaraan akses terhadap bacaan berkualitas bagi anak-anak Indonesia
3. Menjadi wadah berjaringan bagi relawan & pengurus taman bacaan anak, untuk berbagi dan saling membantu dalam pengelolaan taman bacaan anak

Sejak tahun 2007, 1001buku secara resmi telah menjadi Yayasan 1001Buku melakukan sejumlah kegiatan untuk mendukung perpustakaan anak terutama melalui:




Memfasilitasi dan Mengembangkan Kapasitas Taman Bacaan Anak. 1001Buku mendukung perpustakaan dan taman bacaan anak yang dikelola secara mandiri oleh komunitas dengan cara mengusahakan pengumpulan buku-buku untuk memperluas koleksi mereka, menyediakan kesempatan berbagi pengetahuan dan pengalaman antar pengelola perpustakaan melalui workshop, diskusi, serta event-event tahunan seperti Olimpiade Taman Bacaan Anak.

Mengelola dan Memfasilitasi Pengelolaan Book Drop Box. Book Drop Box (BDB) adalah kotak-kotak yang diletakkan di berbagai lokasi strategis di Jakarta dan Bandung (dan segera di kota-kota lainnya). Tujuan BDB adalah untuk memudahkan masyarakat, pendukung inisiatif ini, untuk menyumbangkan buku, majalah dan bacaan lain ­ baru maupun bekas ­ untuk perpustakaan anak. Setiap BDB dikelola oleh seorang atau lebih relawan yang bekerja atau berdiam di sekitar BDB itu berada. Seluruh BDB dikelola sepenuhnya oleh para relawan 1001Buku.

Mengelola Pencatatan, Pemilahan dan Pendistribusian Buku. Pada minggu terakhir setiap bulan, para relawan 1001Buku berkumpul untuk mendata semua buku sumbangan yang terkumpul dari BDB untuk bulan tersebut. Buku-buku tersebut kemudian dipilah dan dikirim ke perpustakaan anak sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Pertemuan Berkala. Untuk menguatkan kekerabatan, kerjasama dan mengevaluasi hasil kerja, 1001Buku mengadakan pertemuan berkala setiap 2-3 bulan sekali. Pertemuan ini sepenuhnya didukung oleh para relawan 1001Buku dan diadakan di ruang-ruang publik yang dapat dipinjam tanpa biaya.

Menyelenggarakan Kampanye Publik untuk Menggalang Partisipasi Aktif Masyarakat. Guna menyebarkan rasa peduli dan partisipasi masyarakat, 1001buku secara aktif mengadakan dan berpartisipasi pada event-event yang relevan dengan misi 1001buku. Peningkatan akses baca untuk anak Indonesia adalah tanggung jawab bersama, dan selayaknya diperjuangkan bersama.

Membangun Kemitraan. Untuk mempermudah kerja 1001buku, 1001buku beberapa kali menjalin kemitraan antara lain dengan Pertamina (2007), MGK (2007) Gran Melia (2006), Starbucks (2005 & 2006), Solidaritas Istri-istri Kabinet Indonesia Bersatu (2006), Femina Group (2004), Aliansi Logistik Indonesia (2005, 2006), RPX/FEDEX (2004), British Council (2003), SLTP Labschool Kebayoran (2003).

http://1001buku.org/ 




2 COMMENTS

    • Yagh jujur aja Mba’ ( smoga tidak salah ), saya bukan pengurus 1001 buku. Dulu kebetulan mau ngadain buka puasa dan pingin nyumbang buku … jadilah mencari mereka untuk mendapatkan donasi buku.

      Coba aja langsung kontak ke mereka Mbak …. insyaAllah mereka siap membantu

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anak ini katanya nih suka jalan2 sebagai bagian dari kehidupan sehari2 untuk mensyukuri dan dunia dengan mata sendiri . . . Padahal dompet kembang kempis ... hoplah ...
Read previous post:
Plat cantik mobil di iklan Puri Botanical Residence

Assalamualaikum Wr. Wb. Mulanya sih iseng aja gua memperhatikan ikaln ini. Tapi sebenarnya gua tertarik dengan konsep perumahan ini, dengan...

how deep is your love

I know your eyes in the morning sun I feel you touch me in the pouring rain And the moment...

Perubahan Data Domain berhasil

Request gua untuk merubah data domain gua yg dulu menggunakan email kampus sekarang menggunakan email yahoo sudah berhasil. Walhasil, berita...

Close